13 Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan [update]

Contoh Surat Pengunduran Diri?

Seseorang yang bekerja di sebuah perusahaan terkadang mengalami suatu masa dimana ia dihadapkan pada pilihan untuk mengundurkan diri dari perusahaan tempat ia bekerja.

Dengan berbagai alasan untuk mundur dari pekerjaan ini anda tentunya harus mencari contoh surat pengunduran diri dari perusahaan untuk kemudian membuatnya.

Memang berat harus berhenti dari pekerjaan yang disukai dan telah banyak memberikan kontribusi kepada anda terlebih dari segi finansial.

Apalagi kenyamanan dan sahabat seperjuangan yang menemani dalam suka maupun duka di tempat kerja yang baik membuat ada berat melepaskan pekerjaan anda dengan mencari contoh surat pengunduran diri dari perusahaan.

Tidak semua orang mengambil sikap yang sama dalam memilih untuk bertahan maupun mengajukan contoh surat pengunduran diri dari perusahaan.

Namun untuk yang memilih mundur, ada beberapa hal yang membuat seorang karyawan memilih resain dan mencari contoh surat pengunduran diri dari perusahaan.


Pengertian Surat Pengunduran Diri


Berdasarkan keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa surat pengunduran diri adalah surat pernyataan yang dibuat oleh seorang yang bekerja dengan tujuan untuk berhenti bekerja. Surat ini pada umumnya ditujukan kepada atasan di suatu perusahaan.


Alasan Pengunduran Diri


Image Source: indiafilings.com

Alasan pengunduran diri dari perusahaan tersebut diantaranya:

  1. Mengalami kejenuhan di tempat kerja
  2. Gaji yang diterima kurang memuaskan
  3. Gaji yang diterima tidak sesuai dengan kinerja
  4. Mengalami masalah dengan teman kerja maupun atasan
  5. Kenaikan gaji tidak kunjung datang setelah bekerja dalam waktu lama
  6. Mendapat pekerjaan dari perusahaan lain yang lebih menjanjikan

Ketika melihat contoh surat pengunduran diri dari perusahaan, terlebih dahulu anda harus melihat dan mempelajarinya dengan baik.

Isi dari surat tersebut harus anda buat dengan semaksimal mungkin supaya tepat sasaran, mengena dan tidak bertele-tele. Hal ini penting anda lakukan supaya atasan anda di kantor bisa memahami isi surat pengunduran diri anda.

Anda harus membuat surat pengunduran diri yang baik dan sopan untuk menghindarkan anda dari salah paham terhadap atasan maupun bos anda.

Terkadang perasaan benci dan kecewa dengan perusahaan tersebut selalu mengusik hati anda. Tetapi sebaiknya anda tidak mengungkapkan perasaan tersebut dalam surat pengunduran diri tersebut.

Dari contoh surat pengunduran diri dari perusahaan yang anda pelajari, sebaiknya anda tidak menjelek-jelekkan perusahaan tempat anda bekerja pada surat pengunduran diri anda.

Anda bisa mencari contoh surat pengunduran diri dari perusahaan dengan bahasa yang sopan dan baik, karena bagaimanapun perusahaan tersebut telah banyak memberikan jasa kepada anda.


Tips Mencari Referensi Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan


Image Source: amazonaws.com

Untuk membuat surat pengunduran diri pada dasarnya tidak sulit sebagaimana menulis surat lamaran pekerjaan. Hanya saja dari contoh surat pengunduran diri dari perusahaan yang anda pilih terdapat hal-hal yang perlu anda perhatikan, supaya tidak ada kesalahpahaman dengan atasan anda atau orang yang menerima surat pengunduran diri anda.

Dalam membuat menulis pernyataan contoh surat pengunduran diri dari perusahaan, anda sebaiknya memperhatikan tata cara penulisan yang tepat yakni:

  1. Buat surat pengunduran diri harus singkat, padat, jelas dan tidak berbelit-belit
  2. Pilihlah kata-kata dengan bahasa yang sopan dan manis
  3. Dalam membuat surat pengunduran diri isinya harus jelas dan singkat
  4. Haturkan ucapan terimakasih, pujian serta rasa bangga terhadap perusahaan, entah pimpinan, atasan, atau karyawan lain sebagai ungkapan terimakasih karena anda pernah menjalin kerja sama dengan perusahaan tersebut
  5. Ucapkan juga permintaan maaf terhadap pimpinan perusahaan serta karyawan lainnya
  6. Sebaiknya anda tidak mendeskripsikan secara detail dalam lisan atau tulisan dan merahasiakan alasan anda memilih untuk mengundurkan diri dari perusahaan
  7. Jika diperlukan anda bisa memberikan sebuah benda yang mempunyai makna tersendiri supaya memberikan kesan yang bagus pada perusahaan yang nantinya anda tinggalkan

Contoh Surat Pengunduran Diri


Supaya teman-teman lebih memahami penjelasan tentang surat pengunduran diri di atas, setelah ini mimin akan memberikan contoh surat pengunduran diri yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Barangkali nanti bisa jadi referensi kamu ketika membutuhkan. Yuk langsung saja kita simak contoh-contoh di bawah ini:

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan Yang Baik Dan Benar

Dalam menjalankan sebuah profesi pekerjaan, tentunya ada banyak hal yang kita peroleh. Baik itu, suka, duka, rintangan, hambatan serta pengalaman kerja yang bisa jadi belum pernah anda dapatkan di tempat kerja sebelumnya. Pemutusan kerja dari pemimpin perusahaan memang menjadi salah satu momok menakutkan dari para karyawan.

Namun tidak jarang seorang karyawan begitu disenangi oleh pimpinan perusahaan, justru memutuskan membuat contoh surat pengunduran diri dari perusahaan dengan adanya hal-hal yang menjadi pertimbangan.

Untuk membuat surat pengunduran diri yang sopan dan baik anda bisa menyimak contoh surat pengunduran diri dari perusahaan berikut.


Jakarta, 28 Agustus 2016

Kepada
Yth. HRD Management
PT. Maju Sejahtera (Nama perusahaan)
Jalan Letjen S. Parman 30 Bekasi (Alamat dari perusahaan (tempat anda bekerja)
Jakarta Barat (Nama kota tempat bekerja anda)

Dengan hormat,

Bersama surat ini, saya Putra Wasesa (nama lengkap anda) berniat untuk mengajukan pengunduran diri dari PT. Maju Sejahtera (nama perusahaan tempat kerja anda) sebagai karyawan (posisi atau jabatan anda pada perusahaan terkait), terhitung semenjak tanggal 28 Agustus 2016 (tanggal saat anda mengundurkan diri dari perusahaan).

Saya menghaturkan banyak terimakasih atas kesempatan serta seluruh hal yang pernah saya peroleh di PT. Maju Sejahtera (nama perusahaan terkait). Selain itu, saya juga meminta maaf kepada semua manajemen dan karyawan PT. Maju Sejahtera (nama perusahaan terkait) apabila terdapat kekeliruan atau kesalahan yang pernah saya lakukan selama bekerja.

Saya senantiasa mengharapkan PT Maju Sejahtera (nama perusahaan terkait) bisa terus menjadi yang terbaik dan berkembang secara terus menerus.

Hormat saya,

(Putra Wasesa) (nama lengkap anda)


Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Sakit

Sehat adalah nikmat yang paling berharga. Ia adalah salah satu kunci untuk kita menjalani hidup dengan sejahtera.

Oleh karenanya banyak orang yang saat ini mengkampanyekan untuk pola hidup sehat. Namun terlepas dari itu, sakit juga bisa datang kapan saja kepada siapa saja.

Barangkali dengan pola hidup sehat kita bisa meminimalisir kemungkinan kita untuk sakit. Tapi sekali lagi kemungkinan itu tetap ada.

Jadi tentu kita tidak bisa mengelak dari suatu penyakit. Yang hanya bisa kita lakukan adalah berusaha untuk mengusirnya jauh-jauh dari tubuh kita.

Usaha untuk menyembuhkan sakit itu pun terkadang membutuhkan waktu yang sangat lama sehingga tak heran jika beberapa orang sampai harus mengundurkan diri dari pekerjaan karena suatu penyakit tersebut.

Bagaimana surat pengunduran diri karena sakit? Berikut terdapat salah satu contohnya:


Tasikmalaya, 4 Januari 2015

Kepada Yth.

Bapak Direktur CV. Sembrani Kerupuk

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                         : Kholik Sujudi

Jabatan                      : Operator Frying

Bekerja sejak             : 7 Januari 2014

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari CV. Sembrani Kerupuk. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena menderita sakit diabetes (bisa disebutkan sakitnya, bisa juga tidak). Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak dan rekan kerja di CV. Sembrani Kerupuk. Semoga CV. Sembrani Kerupuk segera menemukan pengganti yang lebih baik.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Hormat saya,

Kholik Sujudi


Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Menikah

Menikah adalah hal yang didambakan oleh hampir semua orang. Tak heran jika banyak orang yang merelakan apa saja ketika sudah menikah, seperti karir pekerjaan yang cemerlang. Ya termasuk pekerjaan kita.

Karena memang beberapa perusahaan membuat peraturan yang melarang karyawannya untuk menikah dan memang tidak menerima seorang yang sudah menikah.

Sehingga mau tidak mau ketika memutuskan menikah seseorang tersebut harus mengundurkan diri. Tetapi alasan untuk mengundurkan diri karena menikah tentu tidak hanya itu.

Bisa jadi karena kamu tidak diizinkan suami untuk bekerja, atau alasan lainnya. Pada intinya ketika kamu berada pada titik itu kamu harus membuat surat pengunduran diri karena menikah, salah satunya seperti contoh di bawah ini:


Medan, 10 November 2018

Kepada Yth.

Direktur PT. BTI Finance

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Nora Siahaan

Tempat, tgl. lahir      : Malang, 31 Juli 1993

No. Register               : T3005

Jabatan                       : Teller

Bekerja sejak             : 2016

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Sejahtera Bersama Marsindo. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena akan menikah. Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak, serta segenap direksi dan karyawan PT. BTI Finance.

Demikian pengunduran diri dari saya. Apabila ada kurang lebihnya, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

Nora Siahaan


Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Pensiun

Pensiun menandakan bahwa umur seseorang sudah tidak muda lagi, meskipun setiap perusahaan memiliki kriteria batas usia bekerja yang berbeda-beda.

Namun berapapun itu pada umumnya memasuki masa pensiun dapat diartikan bahwa seseorang tersebut sudah tidak mudah lagi, sehingga kinerjanya bisa berkurang.

Atau dengan kata halus sudah banyak kontribusi seseorang tersebut dalam pekerjaan sehingga sudah waktunya untuk beristirahat di rumah.

Ya mau tidak mau kita memang tidak bisa melawan usia, yang harus dilawan adalah tempat kerja yang membuat batas usia pensiun masih terlalu muda.

Tetapi kalau masa pensiun itu tiba, seseorang harus membuat surat pengunduran diri seperti contoh di bawah ini:


Semarang, 20 Juli 2017

Yth. Bapak Direktur PT. Dua Harimau

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                          : Kusnaedi

Tempat, tgl. lahir     : Trenggalek, 3 Juni 1954

Jabatan                      : Operator Kebersihan

Departemen             : Inventory

Bekerja sejak            : 1982

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Dua Harimua. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena pensiun. Selama ini, PT. Dua Harimau telah memberi saya ilmu dan pengalaman kerja yang berharga. Maka dari itu, saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak beserta semua rekan kerja PT. Dua Harimau. Semoga PT. Dua Harimau semakin maju dan bisa menghasilkan inovasi yang lebih baik.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan dan khilaf, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

Kusnaedi


Contoh Surat Pengunduran Diri di Instansi Pemerintah

Bekerja pada instansi pemerintahan biasanya memiliki prosedur yang ketat ketika akan mendaftar bekerja atau akan berhenti bekerja.

Mulai dari persyaratan administrasi ketika mendaftar pun sudah harus sangat lengkap. Nah ketika kita ingin mengundurkan diri juga terdapat syarat yang harus dipenuhi salah satunya adalah membuat surat pengunduran diri.

Surat ini berisi pernyataan bahwa dirinya ingin mengundurkan diri karena suatu hal. Nantinya surat ini akan menjadi bukti tertulis atau juga arsip daftar periode karyawan-karyawan di perusahaan tersebut bekerja.

Kalau kamu ingin tahu bagaimana surat pegunduran diri tersebut yuk simak contoh di bawah ini:


Bandung, 3 November 2018

Kepada Yth.

Bapak Direktur PT. Kereta Api Indonesia (PT.KAI)

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Hendro Sulistio

Tempat, tgl. lahir      : Bandung, 7 Maret 1994

Jabatan                       : Masinis

Bekerja sejak             : 2015

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. KAI. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena sakit. Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada pemerintah serta segenap direksi PT. KAI.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Hormat saya,

Hendro Sulistio


Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Mitra Kerja

Ketika kita memiliki usaha sendiri terutama yang sudah skala besar seperti sebuah perusahaan tentu kita akan membutuhkan mitra kerja.

Mitra kerja tersebut boleh berbentuk apa saja baik perorangan atau instansi/perusahaan juga. Dengan adanya mitra kerja ini setiap masing-masing pihak akan mendapat keuntungan sesuai dengan yang disepakati di awal.

Nah jika kemudian ternyata pada suatu saat mitra kerja tersebut ingin mengundurkan diri maka dirinya tetap harus membuat surat pengunduran diri sebagai mitra kerja.

Ya meskipun mitra kerja tersebut adalah teman dekat kita atau seorang yang secara personal kita kenal. Namun dalam hubungan perbisnisan hal tersebut pun harus dilakukan dengan cara yang profesional juga. Berikut adalah salah satu contoh surat pengunduran diri tersebut:


Palu, 1 April 2016

Kepada Yth.

Dewan Direksi PT. Bahagia Steel

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Agung Mulyana

Jabatan                       : Pemilik PT. Maju Kontraktor

Bermaksud mengundurkan diri sebagai mitra dari PT. Maju Kontraktor. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena PT. Bahagia Steel tidak menepati kesepakatan yang telah ditandatangani di atas MoU. Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak, serta segenap direksi PT. Bahagia Steel. Semoga selanjutnya, PT. Bahagia Steel dapat melakukan perbaikan di masa depan.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

Agung Mulyana


Surat Pengunduran Diri Sebagai Karyawan Kontrak (Belum Habis Masa Kontrak)

Pada setiap perusahaan memiliki perjanjian atau kesepakatan atau kontrak kerja dengan calon pegawainya. Salah satu kesepakatan kontrak kerja tersebut menyatakan waktu atau masa kontrak kerja tersebut, atau juga peraturan untuk tidak mengundurkan diri sebelum tiga bulan bekerja.

Nah untuk seseorang yang misalkan dikontrak selama dua tahun untuk bekerja di suatu perusahaan, namun kemudian dirinya merasa harus berhenti bekerja sebelum masa kontrak habis maka biasanya terdapat sanksi yang berlaku.

Selain itu seseorang tersebut juga tetap harus membuat surat pengunduran diri kepada perusahaan. Berikut adalah contoh surat pengunduran diri sebagai karyawan kontrak yang masa kontraknya belum habis:


Jakarta, 30 September 2015

Kepada Yth.

Kepala Bagian SDM dan Umum

PT. Malasindo Semen

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Daffa Aziz Ghiffari

Tempat, tgl. lahir      : Malang, 22 Juli 1990

Jabatan                       : Staf SDM dan Umum

Departemen               : SDM dan Umum

Bekerja sejak             : 2013

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Malasindo Semen. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena harus pindah rumah ke Semarang. Terkait dengan keluarnya saya sebelum habis masa kontrak, saya serahkan sepenuhnya pada kebijakan perusahaan. Saya siap menerima konsekuensi apapun yang ditetapkan perusahaan atas diri saya.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Hormat saya,

Daffa Aziz Ghiffari


Surat Pengunduran Diri Karena Kehamilan

Salah satu faktor yang menyebabkan seorang perempuan berhenti dari pekerjaannya adalah karena dirinya hamil atau ingin fokus mengasuh anak.

Kehamilan adalah kodrat bagi perempuan untuk mendapatkan keturunan. Oleh karenanya mau tidak mau perempuan harus menerimanya meskipun dirinya harus mengorbankan pekerjaannya atau bahkan nyawanya.

Meskipun kemudian tidak semua perempuan yang hamil memutuskan untuk mengundurkan diri sih. Karena memang kondisi dan prinsip hidup seseorang berbeda-beda.

Kalau dirinya merasa baik-baik saja hamil dan bekerja serta tidak merasa terganggu suatu apapun, atau juga karena kondisi ekonomi yang mengharuskan dirinya bekerja,  tentu perempuan itu tidak akan memutuskan untuk berhenti bekerja.

Tetapi kalau seseorang merasa kondisi ekonomi sudah tercukupi, dan kehamilannya mengganggu kesehatannya sehingga harus sangat hati-hati dalam menjaganya, mengundurkan diri menjadi suatu yang bisa dibilang sudah seharusnya untuk dilakukan.

Ketika kamu juga mengalami hal yang sama ingin mengundurkan diri karena kehamilanmu, kamu diharuskan membuat surat pengunduran diri. Adapun salah satu contohnya dapat dilihat di bawah ini:


Batam, 15 Juni 2018

Yth. Kepala Bagian SDM PT. Batam Steel Utama

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Meiliana Fang

Tempat, tgl. lahir      : Jakarta, 3 April 1985

Jabatan                       : Staf Keuangan

Departemen               : Keuangan dan Investasi

Bekerja sejak             : 2005

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Batam Steel Utama. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena saya hamil. Saya mohon maaf atas segala kekhilafan yang telah saya lakukan. Saya juga menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak beserta semua rekan kerja PT. Batam Steel Utama. Semoga PT. Batam Steel Utama semakin maju dan berjaya di Indonesia dan dunia.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangannya, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Hormat saya,

Meiliana Fang


Surat Pengunduran Diri Secara Terperinci dan Pribadi

Tips-Tips dalam membuat surat pengunduran diri telah sedikit di jelaskan di atas. Hal-hal apa saja yang harus dicantumkan atau yang seharusnya tidak boleh dicantumkan juga telah dijelaskan – seperti tidak menjelaskan secara detail alasan seseorang mengundurkan diri.

Namun dalam beberapa hal hal kita juga bisa loh membuat surat pengunduran diri yang terperinci dan pribadi seperti contoh di bawah ini:


Surabaya, 16 Maret 2017

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Sukses Sejahtera
Jl. Cipanas, No. 15
Surabaya

 Dengan Hormat,

Kemarin saya ditawari kadet jurnalisme di PT. Keluarga Mandiri. Ini adalah kesempatan besar bagi saya, karena saya ingin bekerja di industri surat kabar dan membangun kualifikasi jurnalis saya. Ini adalah posisi penuh waktu, jadi saya tidak akan dapat terus bekerja di Publishing Inc.

Saya akan memulai mengundurkan diri saya pada tanggal 6 April. Menurut kontrak saya dengan PT. Sukses Sejahtera, saya berkewajiban memberikan pemberitahuan satu minggu, yang berarti saya harus menyelesaikannya pada tanggal 3 April. Saya memperkirakan bahwa saya akan dapat menyelesaikan pekerjaan yang ditetapkan untuk saya di minggu depan. Namun, saya siap untuk mendiskusikan pertanyaan tentang pekerjaan yang telah saya lakukan.

Terimakasih atas kesempatan untuk bekerja dengan sekelompok orang yang antusias dan produktif. Saya sangat menikmati waktuku di sini, belajar banyak tentang menulis untuk pasar buku dan semoga berhasil memberikan kontribusi dalam bisnis ini.

Saya akan selalu memiliki kenangan terindah dari waktuku di PT. Sukses Sejahtera.

    Hormat Saya

   [Tanda Tangan]

Muhammad Fahmi


Surat Pengunduran Diri karena Pindah Tempat Tinggal

Pernah gak sih waktu kecil punya teman yang suka pindah-pindah sekolah. Nah kalau iya, berarti barangkali dia memiliki orang tua yang harus pindah-pindah kerja.

Pindah pekerjaan tersebut bisa mempengaruhi tempat tinggal. Dan sebaliknya ketika kamu harus berpindah tempat tinggal terkadang kamu juga harus berpindah tempat kerja.

Nah ketika kamu memtuskan ingin berpindah rumah dan berganti pekerjaan maka dirimu harus membuat surat pengunduran diri secara baik dan benar.

Ini adalah etika ketika seseorang masuk kerja dengan baik-baik maka ia juga harus keluar dengan baik-baik kecuali kalau tempat kerja itu memang bermasalah dan melanggar hukum ya, kamu boleh tuh keluar seenaknya.

Tetapi pada instansi dan perusahaan yang tidak bermasalah diharuskan untuk membuat surat pengunduran diri. Kalau kamu masih asing dengan surat tersebut dan merasa kebingungan dalam membuatnya, yuk simak contoh surat pengunduran diri di bawah ini:


Malang, 28 Agustus 2016

Kepada Yth.

Direktur PT. Nanda Kreasi Utama

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Chandra Rukmana

Tempat, tgl. lahir      : Malang, 28 Agustus 1994

Jabatan                       : Admin

Departemen              : Personalia

Bekerja sejak             : 2015

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Nanda Kreasi Utama. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena akan pindah tempat tinggal ke Palembang, Sumatera Selatan. Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada segenap bagian PT. Nanda Kreasi Utama atas pengalaman yang telah diberikan.

Sekian surat pengunduran diri saya. Kurang lebihnya saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Hormat saya,

Chandra Rukmana


Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Tidak Cocok Dengan Lingkungan Kerja

Tidak cocok dengan lingkungan pekerjaan bisa menjadi salah satu alasan yang membuat seseorang berhenti dari pekerjaannya.

Hal ini wajar saja karena setiap orang memiliki pandangan hidup dan karakter yang berbeda-beda. Sehingga seseorang mau tidak mau diwajibkan untuk memahami setiap lingkungan baru dan berusaha beradaptasi dengannya.

Nah kemampuan seseorang untuk beradaptasi itu berbeda-beda. Bagi yang mudah menerima dan bergaul dengan siapapun mungkin permasalahan tidak cocok dengan lingkungan hampir jarang terjadi kecuali yang menurutnya telah bertentangan dengan prinsip hidup yang diyakininya.

Tetapi bagi orang yang cenderung pendiam dan tertutup dirinya akan lebih memilih keluar dari ketidaknyaman tersebut.

Nah kalau kamu juga sedang menghadapi masalah yang sama dan ingin berhenti bekerja, boleh deh simak contoh surat pengunduran diri di bawah ini. Barangkali bisa menjadi referensi kamu:


Semarang, 20 Juli 2017

Yth. Bapak Direktur PT. Narata Games

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Aoi Citra Abigail

Tempat, tgl. lahir      : Jepang, 3 April 1992

Jabatan                       : Programmer

Departemen               : Back-End Development

Bekerja sejak             : 2012

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Narata Games. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin mencari pengalaman baru di tempat lain. Selama ini, PT. Narata Games telah memberi saya ilmu dan pengalaman kerja yang berharga. Maka dari itu, saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak beserta semua rekan kerja PT. Narata Games. Semoga PT. Narata Games semakin maju dan bisa menghasilkan inovasi yang lebih baik.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan dan khilaf, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Hormat saya,

Aoi Citra Abigail


Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Direktur

Bahkan sekelas direktur pengunduran diri adalah hal yang wajar terjadi. Jabatan direktur merupakan jabatan yang banyak orang menginginkannya.

Lalu setelah menjadi direktur apakah harus mengundurkan diri kalau bukan karena pensiun?. Barangkali pertanyaan ini akan dilontarkan sebagian orang yang memimpikan jabatan tersebut.

Sekali lagi banyak hal-hal tak terduga yang terjadi di dalam hidup seseorang. Sehingga seorang direktur pun bisa saja ingin berhenti menjadi direktur karena beberapa alasan.

Untuk alasan yang normal bisa jadi karena memang dirinya ditawari jabatan yang lebih menjanjikan di tempat lain, atau dirinya harus pindah rumah.

Sedangkan ada juga alasan yang tidak lazim, misalkan sebenarnya dirinya sudah melakukan kesalahan di perusahaan sehingga supaya lebih terhormat dirinya akan diminta untuk mengundurkan diri.

Adapun surat pengunduran diri sebagai direktur dapat dilihat di bawah ini:


Surabaya, 30 Mei 2016

Kepada Yth.

Direksi PT. Sejahtera Bersama Marsindo

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Gunawan Tri Mahendra

Tempat, tgl. lahir      : Papua, 2 Maret 1969

No. Pegawai               : D021

Jabatan                       : Chief Security Officer (CSO)

Bekerja sejak             : 1990

Bermaksud mengundurkan diri sebagai Chief Security Officer (CSO) PT. Sejahtera Bersama Marsindo. Adapun mengenai tugas dan tanggungjawab saya sebagai CSO, saya limpahkan sepenuhnya kepada dewan direksi. Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada segenap dewan direksi dan karyawan PT. Sejahtera Bersama Marsindo.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kurang dan khilaf, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Hormat saya,

Gunawan Tri Mahendra


Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Karyawan Tetap

Meskipun mendapat status sebagai karyawan tetap tidak menutup kemungkinan seorang karyawan di suatu instansi atau perusahaan menginginkan untuk berhenti bekerja.

Faktor yang mempengaruhi seseorang untuk mengundurkan diri dari pekerjaan tentu beragam, ada yang berasal dari dalam dirinya dan di luar dirinya.

Faktor dari dalam dirinya misal saja seperti ketidaktertarikan minat seseorang terhadap pekerjaan tersebut, meskipun sudah bekerja bertahun-tahun.

Artinya bahwa passion seseorang tersebut bukanlah disitu. Dan kalau faktor di luar dirinya misalnya seperti lingkungan pekerjaan yang tidak sehat, tuntutan keluarga, pindah tempat tinggal, atau lain sebagainya.

Namun apapun alasannya sebagai karyawan tetap sangat mungkin mengundurkan diri dari pekerjaan dan diwajibkan untuk membuat sebuah surat pengunduran diri seperti contoh di bawah ini:


Surabaya, 30 Mei 2016

Kepada Yth.

Bapak Direktur PT. Akuavatica

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Nanang Kurniawan

No. Pegawai               : 7546TT

Jabatan                       : Teknisi

Departemen               : Maintenance

Bekerja sejak              : 2005

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Akuavatica. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin melakukan pensiun dini. Terkait pengurusan administratif pengunduran diri, saya serahkan sepenuhnya kepada perusahaan. Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak, serta segenap direksi dan karyawan PT. Akuavatica.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Hormat saya,

Nanang Kurniawan


PENUTUP

Demikianlah contoh surat pengunduran diri yang bisa mimin sajikan. Semoga bermanfaat. Semoga dengan contoh surat pengunduran diri dari perusahaan anda bisa mengajukan resain kepada atasan dengan bahasa yang tepat, singkat dan sopan.

Selain itu, dengan surat pengunduran diri yang baik kedepannya anda tidak akan sungkan ketika berjumpa dengan atasan atau karyawan lain, karena anda berhenti secara baik-baik dari perusahaan.

Keyword: Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan

Leave a Reply