Kumpulan Ucapan Hari Kemerdekaan 17 Agustus Yang Menarik

Kumpulan Ucapan Hari Kemerdekaan 17 Agustus Yang Menarik

Ucapan 17 agustus?

Tentu hampir seluruh bangsa Indonesia setuju bahwa tanggal 17 agustus adalah hari yang sakral. Hari dimana bangsa indonesia mengingat dan mengenang kembali bahwa dirinya pernah ditindas dan harus berjuang untuk melawan penindasan itu meski harus membayarnya dengan nyawa.

Ya tidak ada perdamaian yang gratis. Perdamaian harus dibayar dengan segala cara meski lewat peperangan sekalipun. Untuk itu kita mengenang rakyat indonesia yang berjuang meraih perdamaian dan kemerdekaan negara indonesia tercinta ini.

Meski belum sepenuhnya damai. Tetapi setidaknya kita telah melakukan perjuangan, yang berarti kita telah memulai perdamaian tersebut.

Pada tanggal 17 agustus kita mengucap rasa syukur atas segala hal baik yang bisa kita raih hari ini. Jadi mari ingatkan banyak orang untuk memaknai dalamnya tanggal 17 agustus.

Kita bisa mengingatkannya lewat hal kecil misalnya ucapan 17 agustus yang bisa kamu share di berbagai media sosialmu. Di bawah ini terdapat beberapa contoh ucapan 17 agustus yang dirangkum dari berbagai sumber:

Ucapan 17 Agustus Berupa Puisi

Kumpulan Ucapan Hari Kemerdekaan 17 Agustus Yang Menarik

ceritaihsan.com

Sebuah ucapan tentang kemerdekaan Indonesia berupa puisi bisa menjadi pilihan yang bagus loh. Karena sekali lagi lewat sastra atau khususnya puisi kita bisa menyampaikan apapun di dalamnya kritik, pujian, atau bahkan makian juga dalam kalimat-kalimat indah.

Begitu juga dengan ucapan tentang 17 Agustus, barangkali lewat puisi kita bisa memaknai hari kemerdekaan dengan lebih dalam.

Berikut adalah salah satu contoh puisi tentang 17 agustus yang bisa kamu jadikan sebagai ucapan selamat hari kemerdekaan indonesia:

Perjuangan Panjang

Malam-malam penuh pertarungan

Kemana siang kami, tak kembali

Malam menjadi semakin pekat, dan semakin keruh permasalahannya

Diskusi yang tidak kunjung berakhir

Penat, lelah, kami terus beradu mulut

Memaki, tanpa ada benci dalam hati

Hanya untuk satu kata sepakat yang begitu alot

Untuk kalimat yang tertahan

Kesepakatan yang tidak kunjung usai

Untuk tanah air yang kian lelah akan penjajah

Merdeka adalah harga mati yang harus segera di bayar sah

Perdebatan Tanpa Henti

Aku

Kamu

Dan kalian

Berada dalam satu meja yang sama sepanjang senja hingga pagi tiba

Berhenti

Bernafas dalam sunyi

Sumpah serapah

Tekat yang semakin kian pasti

Merdeka atau mati, kami sudah banyak yang mati

Lalu

Kapan merdeka bisa kami ambil sebagai alat tukar atas bangkai manusia yang tidak dihargai

Merdeka, atau mati, kami telah banyak yang mati

Lalu mari segerakan

Merdeka dengan proklamasi

Hampir Kalah

Dalam kendi air terakhir

Berbagi satu dua tetes kepada seluruh jiwa

perdebatan menjadikan musuh yang terlahir dari saudara

Untuk suatu persatuan yang satu menjadi perdebatan

Tidak hanya untuk menang kami mau bergandengan

Mengukir cerita damai

Tanpa pernah ingin saling terberai

Kami hampir kalah

Ketika pintu yang penuh cahaya memberikan jawabnya

Menahan Diri

Sudah cukup

Kami telah lelah

Beradu pandang, melempar penolakan

Bila kau tak mau

Biar aku saja yang maju

Berdarah, lebih membahagiakan dari pada kalah

Untuk ini kami tidak pernah mau mengharapkan keberuntungan

Tangan buntung lebih mulia dari judi melempar anak panah

Kesakralan tidak meredup meskipun satu pejaman mata

Negeri impian telah kami temukan celah merobeknya dari mimpi yang mengunci

Kata-Kata Mutiara 17 Agustus

Kumpulan Ucapan Hari Kemerdekaan 17 Agustus Yang Menarik

bersamatekno.com

Tentu banyak sekali kata-kata mutiara tentang hari kemerdekaan Indonesia. Dan kata-kata tersebut juga bisa menjadi inspirasi kita dalam memaknai ulang arti dari tanggal 17 Agustus.

Jadi tidak ada salahnya jika kamu membuat sebuah ucapan di hari kemerdekaan yang berisi kata-kata mutiara seperti di bawah ini:

  • “NEGARA REPUBLIK INDONESIA INI BUKANLAH MILIK SESUATU GOLONGAN, SESUATU AGAMA, BUKAN MILIK SESUATU SUKU, BUKAN MILIK SESUATU GOLONGAN ADAT-ISTIADAT, TETAPI MILIK KITA SEMUA DARI SABANG SAMPAI MERAUKE” (SOEKARNO)

  • “MASIH BANYAK PEKERJAAN DAN TANTANGAN DI DEPAN KITA. MARI KITA BERSAMA MEMBANGUN HARI YANG LEBIH BAIK”. (SBY)

  • “WALAUPUN INDONESIA SUDAH MERDEKA, BUKAN BERARTI PERJUANGAN BANGSA SELESAI. JUSTRU SEBALIKNYA, PERJUANGAN BARU DIMULAI. ADA BANYAK TANTANGAN BARU YANG HARUS DISELESAIKAN SEBAGAI BENTUK MEMPERJUANGKAN KEMERDEKAAN”. (SBY)

  • “TIDAK TERHITUNG BERAPA BANYAK NYAWA DAN TETES DARAH YANG SUDAH DIBABAT HABIS OLEH PARA PAHLAWAN UNTUK MEMBELA BANGSA. TIDAK TERHITUNG PULA BERAPA BANYAK HARAPAN DAN DOA YANG MEREKA LONTARKAN BAGI MASA DEPAN INDONESIA. JIKA BUKAN AKU DAN KAMU YANG MELANJUTKAN PERJUANGAN MEREKA, MAKA HARUS SIAPA LAGI?. JIKA BUKAN AKU DAN KAMU YANG MEWUJUDKAN HARAPAN DAN DOA MEREKA, LALU HARUS SIAPA LAGI?. INDONESIA MILIK KITA. INDONESIA RUMAH KITA. DIRGAHAYU INDONESIA. MARI KITA MEMERDEKAKAN INDONESIA DENGAN AKSI NYATA!”

  • “MENANG BUKAN BERARTI BERHASIL MENDUDUKI SEBUAH KURSI KEKUASAAN. MENANG BUKAN BERARTI BERHASIL MENUMBANGKAN BANYAK LAWAN. MENANG ADALAH KETIKA KITA BISA MERANGKUL SEGALA PERBEDAAN. MENANG ADALAH KETIKA KITA BISA MEMBANGKITKAN KEMBALI SEMANGAT JUANG. MENANG ADALAH KETIKA KITA BISA MELAKUKAN PERUBAHAN. SELAMAT ULANG TAHUN INDONESIA, SEMOGA KITA SEMUA TERMASUK KE DALAM PARA PEMENANG YANG TERUS SIAP MENGHADAPI TANTANGAN”.

Ucapan 17 Agustus Yang Menginspirasi

Membuat sebuah ucapan hari kemerdekaan indonesia hendaknya yang bisa menginspirasi banyak orang. Sehingga dengan kata lain seseorang merasakan virus positif, atau juga semangat positif lewat ucapan tersebut.

Apalagi di era media sosial, seseorang bisa membagikan ucapan tersebut dengan mudah. Dan begitu pula dengan orang-orang yang membacanya.

Oleh karena itu mimin sudah menyiapkan beberapa ucapan 17 agustus yang menginspirasi dan bisa kamu bagikan di status media sosialmu:

  • “Kebahagiaan kita bukan karena berkoalisi dengan kekuasaan, tetapi kebahagiaan itu akan datang ketika kita bisa menangis dan tertawa bersama.” – Megawati Soekarno Putri.

  • “Suara-suara itu tak bisa dipenjarakan, disana bersemayam kemerdekaan, apabila engkau memaksa diam, aku siapkan untukmu pemberontakan!.”- Wiji Thukul.

  • 17 Agustus itu Bukan hanya sekedar Balap Karung saja Main Petasan, Atau Konvoi berkeliling kota. Tetapi, 17 agustus itu Persatuan bangsa, mengenang para pahlawan Bendera merah putih harus terus berkibar di tanah pertiwi.

  • Jayalah Indonesiaku, merdeka ke 74, Berkibarlah sang saka merah putih, Gema seabad silam bangsa Inggris datang meredah Pahang dengan peluru bersama senapan membunuh menangkap setiap pejuang, sekarang Indonesia bebas lepas dari penjajah, Merdeka.

  • Menang bukan berarti berhasil menduduki sebuah kursi kekuasaan. Menang bukan berarti berhasil menumbangkan banyak lawan. Menang adalah ketika kita bisa merangkul segala perbedaan. Menang adalah ketika kita bisa membangkitkan kembali semangat juang. Menang adalah ketika kita bisa melakukan perubahan.

Kata-Kata Selamat Hari Kemerdekaan 17 Agustus 1945

Kumpulan Ucapan Hari Kemerdekaan 17 Agustus Yang Menarik

ruangbelajarbahasainggris.com

Sebenarnya untuk apa sih ucapan hari kemerdekaan itu? Apakah penting?. Ya barangkali bagi sebagian orang ucapan hari kemerdekaan tersebut tidak terlalu penting.

Tetapi bukan berarti memberikan ucapan hari kemerdekaan adalah hal yang sia-sia. Dengan ucapan tersebut seseorang bisa saling mengingatkan untuk menjaga api juang sampai kapanpun.

Bahwa hari ini perjuangan itu masih tetap harus dilanjutkan untuk melawan segala bentuk penjajahan baru di Indonesia.

Atau juga kita bisa berdoa dan benar-benar mengheningkan cipta untuk rakyat yang telah berjuang demi kemerdekaan indonesia.

Untuk itu mimin akan menyajikan kata-kata yang bisa digunakan sebagai ucapan hari kemerdekaan 17 Agustus 1945:

  • Kini kita dapat tertawa puas. Menggapai mimpi dengan bebas. Asal rajin dan tak malas. Melanjutkan kemerdekaan dengan tegas

  • Merdeka adalah sesuatu makna terindah, bagi setiap bangsa dan manusia. Merdeka adalah sesuatu yang dinanti, bagi semua yang terjajah. Selamat Ulang Tahun Indonesia.

  • As we celebrate on this day, remember that no nation is perfect. It needs to be made perfect. Happy Independence Day! Proud to be an Indonesian. Artinya: Sebagaimana kita rayakan hari ini, ingatlah bahwa tidak ada bangsa yang sempurna. Ia perlu dibuat sempurna, Selamat Hari Kemerdekaan! Bangga jadi orang Indonesia.

  • Hari kemerdekaan ini bukan hadiah dari Belanda, tapi ini adalah perjuangan dan darah para pahlawan. Selamat hari kemerdekaan.

  • Perjuangan masa lalu lebih mudah karena kalian saat ini berjuang bukan melawan para penjajah tapi susahnya karena kalian berjuang melawan diri kalian sendiri. Selamat hari kemerdekaan.

  • Kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang, tapi tanda untuk berjuang dengan lebih keras, Selamat hari kemerdekaan RI yang ke-74 untuk rakyat Indonesia.

PENUTUP

sekian dulu ya pembahasan tentang ucapan 17 agustus ini. Semoga kita bisa benar-benar memaknai momentum yang tidak bisa dilupakan oleh ibu pertiwi ini.

Selain itu jangan lupa sebarkan dan ingatkan bahwa 17 agustus bukanlah sekedar perayaan tapi ia peringatan yang menjadi alarm untuk tidak berhenti berjuang melawan ketidakadilan, melawan penguasa yang tiran, atau juga bahkan melawan diri sendiri.

Selamat Hari Kemerdekaan Untuk semua Rakyat Indonesia!! Semangat selalu!!!

Leave a Reply