Ucapan Aqiqah Beserta Doa yang Dianjurkan Ketika Aqiqah

Ucapan Aqiqah Beserta Doa yang Dianjurkan Ketika Aqiqah

Ucapan Aqiqah?

Bagi yang beragama Islam tentu sangat fimiliar dengan aqiqah. Ya aqiqah berasal dari bahasa arab yang berarti pemotongan atau penyembelihan, atau lebih khususnya diartikan dengan pengorbanan hewan.

Secara istilah aqiqah ini diartikan dengan menyembelih kambing atas kelahiran seorang anak atau bayi yang dilaksanakan pada hari ke tujuh dari waktu kelahirannya. Nah aqiqah ini merupakan bentuk rasa syukur umat islam kepada Allah SWT atas bayi yang dilahirkan.

Menurut jumhur ulama, aqiqah ini hukumnya sunnah muakkad atau sunnah yang sangat dianjurkan. Bahkan memang bagi yang mampu aqiqah ini bisa menjadi hal yang wajib dilakukan.

Ngomong-ngomong soal aqiqah, biasanya tidak hanya sekedar menyembelih hewan saja tetapi diikuti oleh acara perayaan atau syukuran sederhana.

Dan perayaan atas aqiqah itu sebenarnya boleh-boleh saja asal tidak berlebihan. Perayaan ini sebagai bentuk berbagi kebahagiaan kepada para tetangga, kerabat, sahabat, dan orang-orang sekitar.

Untuk itu jika kita diundang untuk menghadiri sebuah acara aqiqah, bisa lah hadir untuk menunjukkan rasa bahagia atas kelahiran anaknya.

Atau kalau memang tidak bisa hadir berilah sebuah ucapan aqiqah. Berikut mimin sudah menyiapkan contoh ucapan aqiqah yang dirangkum dari berbagai sumber:

Ucapan Aqiqah Berupa Doa

Ucapan Aqiqah Beserta Doa yang Dianjurkan Ketika Aqiqah
aqiqahberkah.com

Seperti yang telah dijelaskan di atas, memberi sebuah ucapan aqiqah atas kelahiran seorang bayi ini bisa menjadi bentuk etika baik kita terhadap sesama muslim atau bahkan sesama manusia.

Apalagi kalau yang mengadakan acara aqiqah tersebut adalah teman, sahabat, kerabat, keluarga, atau orang terdekat kita. Maka kita harus memberikan ucapan aqiqah, ucapan tersebut bisa berupa doa yang dianjurkan oleh Islam.

Doa-doa ini diambil dari atsat dan juga ucapan langsung para sahabat terdahulu. Tentu saja doa tersebut mengandung kebaikan dan harapan yang baik untuk sang bayi dan keluarganya. Bagaimana doa tersebut? yuk langsung saja kita lihat contoh doa berikut ini:

Doa 1

Dari Hasan Al-Bashri rahimahullah, bahwasanya ada seseorang yang bertanya kepadanya, “Bagaimana cara saya mengucapkan ucapan selamat (kelahiran)?” Beliau menjawab, “Ucapkanlah olehmu,

جَعَلَ اللهُ مُبَارَكًا عَلَيْكَ وَ عَلَى أُمَّةِ مُحَمَّدٍ

“Ja’alallahu mubaarokan ‘alaika wa ‘ala ummati Muhammadin”

Artinya, “Semoga Allah menjadikannya anak yang diberkahi atasmu dan atas umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam”.

Doa 2

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي الْمَوْهُوْبِ لَكَ، وَشَكَرْتَ الْوَاهِبَ، وَبَلَغَ أَشُدَّهُ، وَرُزِقْتَ بِرَّهُ. وَيَرُدُّ عَلَيْهِ الْمُهَنَّأُ فَيَقُوْلُ: بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ، وَجَزَاكَ اللهُ خَيْرًا، وَرَزَقَكَ اللهُ مِثْلَهُ، وَأَجْزَلَ ثَوَابَكَ

‘Baarokallohu laka fil mauhuubi laka wa sayakartal Waahib wa balagho asyuddahu wa ruziqta birrohu’.”

“Semoga Allah memberkahimu dalam anak yang diberikan kepadamu. Kamu pun bersyukur kepada Sang Pemberi, dan dia dapat mencapai dewasa, serta kamu dikaruniai kebaikannya.”

Sedang orang yang diberi ucapan selamat membalas dengan mengucapkan:

“Baarokallohu laka wa baaroka ‘alaika wa jazaakallohu khoiron wa rozaqokallohu mitslahu aw ajzalallohu tsawaabak.

“Semoga Allah juga memberkahimu dan melimpahkan kebahagiaan untukmu. Semoga Allah membalasmu dengan sebaik-baik balasan, mengaruniakan kepadamu sepertinya dan melipat gandakan pahalamu.”

Ucapan Aqiqah Singkat

Ucapan Aqiqah Beserta Doa yang Dianjurkan Ketika Aqiqah
bp-guide.id

Kalau misalkan kamu tidak hafal doa-doa di atas, kamu boleh loh memberi ucapan yang biasa saja, dan yang singkat saja.

Yang terpenting adalah bahwa ucapan tersebut haruslah berisi sebuah harapan dan doa yang baik untuk sang anak, dan orang tua. Di bawah ini mimin sudah menyiapkan contoh ucapan aqiqah yang singkat:

  • Selamat ya sahabat, akhirnya kamu telah melaksanakan syariat islam. Sekarang anakmu telah diaqiqah. Semoga dengan aqiqah ini anakmu bisa menjadi manusia yang bebas tetapi tetap mengenal batas.

  • Selamat ya telah melaksanakan aqiqah untuk anakmu yang kedua ini. Semoga anakmu tumbuh menjadi anak yang sholeh dan bisa berbakti kepada orang tua.

  • Ini menjadi hal yang sangat membahagiakan sahabat, meskipun bagi sebagian orang melaksanakan aqiqah adalah hal biasa. Tetapi karena aku menyaksikan bagaimana perjuanganmu dulu, maka hal ini adalah nikmat yang luar biasa. Pokoknya selamat ya anakmu sudah diaqiqah, semoga si kecil bisa tumbuh dengan sehat dan bahagia.

  • Selamat telah melaksanakan aqiqah untuk anakmu yaa, maaf aku tidak bisa hadir di acara aqiqahan.

  • Tiada kata yang bisa terucap selain rasa syukur karena dirimu telah melaksanakan aqiqah untuk si kecil. Sekali lagi selamat ya.

Hikmah Aqiqah

Segala sesuatu memang diciptakan dengan suatu pelajaran di baliknya. Bahkan hewan yang dianggap menjijikkan seperti lalat atau kecoa pasti ada hikmah kenapa diciptakan kedua makhluk tersebut.

Juga syariat-syariat yang diperintahkan dalam Islam pasti terdapat pelajaran yang bisa diambil, seperti syariat melaksanakan aqiqah. Berikut adalah manfaat aqiqah menurut Drs. Zaki Ahmad dalam bukunya Kiat Membina Anak Sholeh:

  • Aqiqah dapat membebaskan anak dari ketergadaian

  • Selain itu juga bisa menjadi pembelaan orang tua pada hari kemudian

  • Yang ketiga, dapat menghindarkan anak dari musibah seperti pengorbanan Nabi Ibrahim dan Ismail

  • Kemudian, aqiqah juga bisa dianggap sebagai pembayaran hutang orang tua kepada anaknya

  • Yang kelima, dapat memperkuat silaturrahim di antara anggota masyarakat dalam menyambut kelahiran seorang bayi

PENUTUP

Demikianlah beberapa contoh ucapan aqiqah yang bisa mimin sajikan. Semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. Dan mari berdoa atas kelahiran dimana saja dan kapan saja. Semoga bayi tersebut diberi keberkahan hidup. Aaamiiinn.

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *