10+ Pilihan Ucapan Berangkat Haji Serta Doa Untuk Orang Haji

10+ Pilihan Ucapan Berangkat Haji Serta Doa Untuk Orang Haji

Ucapan berangkat haji?

Banyak orang yang ingin sekali menunaikan rukun Islam yang ke lima ini. Sayangnya memang kewajiban tersebut hanya diperuntukkan kepada orang-orang yang mampu.

Mampu dalam hal ini bisa materi juga non-materi. Materi berarti biaya untuk melaksanakan ibadah haji haruslah terpenuhi.

Seperti yang kita tahu biaya untuk melaksanakan ibadah haji bukanlah sesuatu yang murah yang bisa didapatkan oleh semua orang, sehingga catatannya disini wajib bagi yang mampu. Sedangkan untuk non-materi berarti setidaknya tubuh kita sanggup melaksanakan ibadah haji.

Artinya bahwa sebenarnya kita tidak perlu memaksakan apa yang tidak kita bisa. Kalau memang tidak mampu ya sudah masih banyak ibadah yang mampu kita lakukan.

Tetapi sekali lagi bagi yang mampu hendaknya melaksanakan ibadah tersebut. Nah biasanya ada kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan sebelum seseorang berangkat haji.

Salah satunya yaitu semacam syukuran yang mengundang orang-orang di sekitar kita. Hal ini selain untuk mempererat silaturrahim, juga sebagai tempat untuk doa bersama agar seseorang yang berangkat haji tersebut bisa menjadi haji yang mabruk.

Selain kebiasaan itu, ada juga yang kebiasaan yang dilakukan orang lain kepada seseorang yang akan berangkat haji yaitu memebrikan sebuah ucapan.

Untuk itu di bawah ini mimin juga sudah menyiapkan beberapa ucapan berangkat haji yang dirangkum dari brbagai sumber:

Ucapan Selamat Untuk Yang Berangkat Haji

10+ Pilihan Ucapan Berangkat Haji Serta Doa Untuk Orang Haji
ayatdoaislam.com

Nah jika kamu sedang membutuhkan ucapan selamat untuk kamu berikan kepada teman, sahabat, keluarga, atau tetanggamu yang akan berangkat haji.

Barangkali contoh ucapan selamat berikut ini bisa membantumu menemukan ispirasi dalam membuat sebuah ucapan selamat untuk orang yang berangkat haji. Yuk langsung saja kita simak ucapan tersebut:

  • “Selamat menunaikan ibadah haji. Selamat hingga tempat tujuan dan kembali ke tanah air dengan selamat pula. Semoga amal ibadah diterima oleh Allah dan menjadi haji yang mabrur.”

  • “Selamat menunaikan ibadah haji, diijabah semua doa-doanya, dan pulang kembali dengan selamat pula.”

  • “Selamat Menunaikan Ibadah Umroh ya bpk/ibu/sobat.. semoga perjalanan menuju ke tanah suci, senantiasa dilimpahkan kemudahan oleh Allah, mendapatkan ibadah yang sempurna dan makbul. Aamiiin Ya Rabbal Alamin. Jangan lupa bawa namaku dalam do’a bpk/ibu ketika berada di tanah suci”

  • ” Selamat menunaikan ibadah haji ya, semoga bisa mendapatkan ibadah haji yang mabrur dan selalu mendapatkan limpahan rahmat dari ALLAh SWT”

  • ” Selamat atas keberangkatan umrohnya ya, insyaallah bisa mendapatkan umroh yang mambrur dan mendapatkan ridho ALLAH dunia dan akhirat”

  • ” Selamat pak/ ibu, ALLAH telah mengundang anda untuk melaksanakan ibadah yang sangat mulia, semoga ibadah haji/ umrohnya bisa di terima disisi ALLAH SWT”

Doa Untuk Orang Pergi Haji

10+ Pilihan Ucapan Berangkat Haji Serta Doa Untuk Orang Haji
nusagates.com

Tentu karena ibadah ini bukanlah ibadah yang bisa semua orang mampu melaksanakannya, walaupun hampir setiap muslim menginginkannya.

Maka kita punya banyak pengharapan atas ibadah tersebut. Bahwa semoga ibadah tersebut akan menjadi ibadah yang sebenar-benarnya.

Juga semoga setelah ibadah haji dilaksanakan seseorang tersebut bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Dan sebaliknya seseorang yang berangkat haji juga sebaiknya berdoa bahwa semoga orang yang saat ini belum mampu melaksanakan ibadah tersebut, di lain waktu akan mampu melaksanakan ibadah haji.

Di bawah ini akan disajikan doa yang dianjurkan untuk orang yang akan pergi haji atau orang yang ditinggalkan:

Doa untuk orang yang ditinggalkan dari orang yang berangkat haji

Nah kalau kamu penasaran doa apa yang dianjurkan untuk dipanjatkan seseorang yang akan berangkat haji kepada orang yang ditinggalkan haji, yuk simak doa di bawah ini:

“Astawdi’ukallaha alladzi laa tadhi’u wa daa-i’uhu”

Yang artimya, “Aku menitipkan kalian pada Allah yang tidak mungkin menyianyiakan titipannya”

Doa untuk orang yang berangkat haji dari orang yang ditinggalkan

Sedangkan kita sebagai orang yang ditinggalkan tentu juga harus mendokan sahabat, atau kerabat yang akan berangkat haji. Seperti apa doa yang dianjurkan tersebut, yuk langsung saja simak do berikut ini:

“Astawdi’ullaha diinika, wa amaanataka, wa khowaatiima’amalik”

Yang artinya, “Aku menitipkan agamamu, amanahmu, dan perbuatan terakhirmu kepada Allah”

Contoh Kata-Kata Untuk Orang Yang Berangkat Haji

Ketika ada kerabat, sahabat, atau keluargamu yang akan berangkat haji sudah sepatutnya kamu memberikan sebuah ucapan yang baik kepadanya.

Meskipun diri sendiri belum mampu melaksanakan ibadah haji, tetapi tidak ada salahnya bukan kalau kita memberikan ucapan.

Di bawah ini terdapat beberapa kata-kata yang bisa dijadikan sebagai ucapan untuk orang yang berangkat haji:

  • “Bismillahirahmanirrahim, semoga Bapak dan Ibu sekalian menjadi Haji yang mabrur”

  • “Bismillahirahmanirrahim, selamat menunaikan ibadah haji, semoga Allah senantiasa memudahkan langkah sehingga dapat menjalankan ibadah ke tanah suci dengan khusyuk dan tiada halangan apapun”

  • “Selamat Menunaikan Ibadah Umroh ya bpk/ibu/sobat.. semoga perjalanan menuju ke tanah suci, senantiasa dilimpahkan kemudahan oleh Allah, mendapatkan ibadah yang sempurna dan makbul. Aamiiin Ya Rabbal Alamin. Jangan lupa bawa namaku dalam do’a bpk/ibu ketika berada di tanah suci”.

  • “Semoga menjadi haji mabrur dan hajinya di terima oleh allah”

  • “Selamat beribadah haji, semoga sehat selalu saat di tanah suci, kembali ke tanah air dengan selamat dan menjadi haji mabrur”.

PENUTUP

Demikianlah beberapa ucapan berangkat haji yang bisa mimin sajikan. Semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman sekalian.

Mari berdoa untuk sesorang yang berhaji, barangkali dengan kita mendoakan orang lain doa tersebut bisa kembali juga kepada kita.

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *