15+ Ucapan Innalillahi Untuk Mengungkapkan Turut Berduka Cita

15+ Ucapan Innalillahi Untuk Mengungkapkan Turut Berduka Cita

Ucapan Innalillahi?

Tentu umat Islam sangat familiar dengan kalimat tersebut. Ya kita sering mendengarnya dari pengeras suara masjid yang mengabarkan berita kematian.

Kita juga sering mendengarnya dari orang yang bersimpati atas orang lain yang tertimpa bencana dan musibah lainnya.

Bahkan kita juga mendengarkan dari teriakan para demonstran yang telah berduka karena keadilan telah mati. ya kita mendengarnya dimana-mana.

Ucapan Innalillahi sendiri jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti “sesungguhnya semua hanya milik Allah”.

Atau jika secara lengkap kalimat yang kita sering dengar tersebut berbunyi Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun. Kalimat tersebut berasal dari potongan ayat Al-quran surat Albaqarah ayat 156 yang memilki arti “sesungguhnya semua hanya milik Allah, dan semua akan kembali kepada-Nya.

Dalam ayat tersebut juga telah jelas disebutkan bahwa ucapaan inna lillahi wa inna ilaihi rojiun dianjurkan untuk diucapkan ketika seseorang tertimpa musibah.

Jadi jangan lupa ketika diri kita atau orang lain tertimpa musibah kita mengucapkan innalillahi. Nah kalau kamu ingin memberikan sebuah ucapan innalillahai kepada orang lain yang tertimpa musibah mimin punya beberapa contoh yang dirangkum dari berbagai sumber nih. Semoga bisa membantu teman-teman sekalian ya:

Ucapan Innalillahi Singkat

15+ Ucapan Innalillahi Untuk Mengungkapkan Turut Berduka Cita
initu.id

Membuat ucapan belasungkawa tidak harus yang panjang lebar kok. Kita bisa membuat semampu kita. Meskipun ucapan tersebut singkat saja.

Yang terpenting adalah bahwa ucapan belasungkawa dibuat dari hati yang tulus, berdasarkan empati yang kita rasakan, dan mengandung kebaikan untuk yang diberi ucapan.

Tapi kalau kamu masih bingung dalam membuat sebuah ucapan belasungkawa atau innalillahi yang singkat, di bawah ini mimin telah menyiapkan beberapa ucapan yang bisa dijadikan referensi:

  • Innalillahi wainailaihi roji’un saya ikut bersedih atas meninggalnya almarhum. Semoga keluarga yang ditinggalkan di berikan ketabahan

  • Innalillahi wainnailaihi roji’un. Telah meninggal saudara Fulan (nama) di Rumah Sakit Ameida (tempat meninggal) pada pukul 18.00. Saat ini jenazah disemayamkan di rumahnya.

  • Aku turut berduka cita atas meninggalnya orangtuamu. Semoga kamu dan keluarga diberi ketabahan dari peristiwa ini.

  • Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Aku turut berduka cita atas kehilangan yang telah menimpamu hari ini.

  • Aku sangat sedih dan berduka cita sedalam-dalamnya. Sungguh, tak ada yang bisa aku katakan saat ini.

  • Semua ini adalah rencana baik dari Allah. Kita harus menerima kepergiannya dengan ketabahan dan hati lapang.

  • Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Kini yang bisa kita lakukan sekarang adalah mendoakan dia yang telah pergi meninggalkan kita selamanya.

Doa Saat Mendengar Kematian

15+ Ucapan Innalillahi Untuk Mengungkapkan Turut Berduka Cita
stapico.com

Islam menjadi pedoman hidup bagi penganutnya, karena memang segala hal di kehidupan ini telah diatur dalam Islam. Mulai dari permasalahan pribadi, sosial, bahkan bernegara.

Tujuan Islam adalah rahmatan lil aalamiin. Rahmat bagi alam semesta. Artinya bahwa kehidupan ini diatur agar tercipta kasih sayang di antara manusi, sehingga sebuah perdamaian bisa terwujud.

Nah salah satu hal yang diatur dalam Islam adalah terkait dengan kematian. Islam mengajarkan bahwa kita sesama manusia harus berdoa ketika mendengar seseorang meninggal dunia. Bagaimana doa tersebut, yuk simak doa berikut ini:

إِنَّا لِلهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ، وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ، اللهم اكْتُبْهُ عِنْدَكَ فِي المُحْسِنِيْنَ، وَاجْعَلْ كِتَابَه فِي عِلِّيِّيْنَ، وَاخْلُفْهُ فِي أَهْلِهِ فِي الغَابِرِيْنَ، وَلاَتَحْرِمنَا أَجْرَهُ وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهُ

Innalillahi wa inna ilaihi raaji’un, wa inna ilaa rabbina lamunqalibuun, allahummaktubhu ‘indaka fiil muhsinin, waj’al kitaabahu fii ‘illiyyiin, wakhlufhu fii ahlihi fil ghaabirin, wa laa tahrimnaa ajrohu walaa taftinnaa ba’dahu.

Artinya:

Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali. Dan sesungguhnya kepada tuhan kamilah kami kembali. Ya Allah, tuliskanlah ia di sisi-Mu termasuk golongan orang-orang yang baik. Jadikanlah catatannya di ‘illiyyin. Gantilah ia di keluarganya dari orang-orang yang menginggalkan. Janganlah engkau haramkan bagi kami pahalanya dan janganlah Engkau beri fitnah kepada kami sesudahnya.

Doa ini seperti yang dituliskan Imam an-Nawawi dalam kitabnya al-adzkaar. Kematian merupakan pengingat bahwa kehidupan di dunia hanyalah sementara dan kita tidak boleh berlarut-larut dalam kesenangan dunia.

Abu Darda RA berkata “Barangsiapa yang banyak mengingat kematian, maka hasadnya akan semakin sedikit dan kesenangannya akan semakin sedikit”

Ucapan Innalillahi Untuk Keluarga/Kerabat

Jika seseorang yang dikenal berpulang kepada yang kuasa, tentu ada kesedihan yang menyelimuti hati kita. Tetapi kita tidak bisa terhanyut dalam kesedihan tersebut, karena sebagai seorang yang dikenal kita punya tugas untuk menghibur keluarga yang ditinggalkan tersebut.

Salah satu hal kecil yang bisa dilakukan untuk menghibur keluarga yang ditinggalkan tersebut adalah dengan memberikan sebuah ucapan belasungkawa atau innalillahi. Di bawah ini terdapat beberapa ucapan innalillahi untuk keluarga duka yang ditinggalkan:

  • Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka cita. Segala sesuatu yang bernyawa sudah Allah tetapkan batas waktunya. Maka bersabarlah atas kejadian yang menimpamu ini. Percayalah pasti ada hikmah di balik semua ini.

  • Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga almarhum diampuni segala kesalahan serta diterima segala amal ibadahnya oleh Allah. Dan semoga keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan kekuatan iman lahir batin.

  • Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka atas yang telah terjadi, berharap yang terbaik dan semoga engkau kuat untuk menjalani ini semua. Kami sekeluarga besar turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya.

  • Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Dari hati yang paling dalam, kami dan keluarga turut berduka cita atas meninggalnya almarhum. Semoga Allah menempatkannya di tempat yang paling indah bersama orang-orang beriman, dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dalam menerima cobaan ini. Aamiin.

  • Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Saya dan keluarga turut berduka cita. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Percayalah pasti Allah akan mempertemukan kalian kembali di surga kelak.

Ucapan Innalillahi Untuk Sahabat

Seorang sahabat adalah orang yang sangat dekat dengan kita, kita selalu berharap sahabat akan menemani kita selamanya.

Sayangnya batas usia manusia telah diatur oleh Tuhan. Jika ternyata sahabat kita harus mendahului kita, maka kita harus mengucapkan belasungkawa seperti contoh ucapan di bawah ini:

  • Tak terasa air mataku menetes di hari kepergianmu. Sungguh aku sangat kehilanganmu, engkaulah sahabat terbaikku. Selamat jalan sahabat, semoga amal baikmu menjadi penerang di alam kuburmu.

  • Selamat jalan wahai kawanku, aku sebagai sahabat hanya bisa mendoakan dari sini. Semoga segala doa-doa terbaik yang kupanjatkan dikabulkan oleh Allah. Hanya satu yang bisa aku lakukan saat ini, yakni mengenang dan mendoakanmu.

  • Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Sahabat kecilku, engkau meninggalkanku begitu cepat. Semua kebersamaan yang pernah kita lewati kini telah menjadi sebuah kenangan. Semoga segala amal ibadahmu diterima di sisi Allah.

  • Wahai sahabat terbaikku, meski usiamu masih muda, semangatmu masih membara, cita-citamu begitu tinggi, tetapi Allah lebih sayang kepadamu, Allah rindu denganmu. Selamat jalan sahabatku tersayang. Semoga engkau diberi tempat terbaik di surga-Nya.

  • Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Kepulanganmu begitu cepat kepada Sang Khalik. Semua kenangan tentangmu akan selalu aku ingat hingga habis usiaku. Di sini aku hanya dapat mendoakanmu agar segala amal baikmu diterima dan semua kesalahanmu diampuni oleh Allah.

Kata-Kata Ucapan Innalillahi

15+ Ucapan Innalillahi Untuk Mengungkapkan Turut Berduka Cita
muhammadiyah.or.id
  • “Innalillahi wainailaihi roji’un. Selamat jalan sahabat, kisahmu tak akan pernah kami lupakan. Semoga Alloh menghapus segala dosa dan kesalahan serta menempatkan mu dalam surgaNya. Aamiin

  • “Innalillahi wainailaihi roji’un. Kami keluarga besar….turut berduka atas meninggalnya ….. Sesungguhnya Alloh tidak akan menguji hambanya melebihi kemampuannya.

  • “Innalillahi wainna ilaihiraji’un. Saya beserta keluarga mengucapkan turut berduka cinta yang sebesar-besarnya, atas meninggalnya sahabat dan saudara kami. Semoga seluruh amal ibadahnya di dunia diterima oleh Allah SWT. Serta seluruh keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran atas cobaan yang menimpa ini.

  • “Innalillahi wainna ilaihiraji’un. Tak kusangka waktu kepergianmu datang begitu cepat, selamat jalan wahai saudaraku tercinta. Aku selalu berdoa semoga Allah SWT selalu menerima seluruh amal kebaikanmu, dan semoga Allah SWT memilihkan tempat yang paling indah dan menyenangkan. Yaitu surgaMu, Amin Ya Rabbal Alamin.

  • Innalillahi wainna ilaihiraji’un. Untuk segala sesuatu yang bernyawa, telah Allah berikan batas waktu kepadanya. Bersabarlah atas musibah yang menimpamu ini, karena apa yang Allah tetapkan pasti menjadi ketetapan terbaikNya. Allah juga pasti akan memberi hikmah atas semua kejadian yang melanda.

  • Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Aku turut berduka cita atas kehilangan yang telah menimpamu hari ini. Aku sangat sedih dan berduka cita sedalam-dalamnya. Sungguh, tak ada yang bisa aku katakan saat ini. Semua ini adalah rencana baik dari Allah. Kita harus menerima kepergiannya dengan ketabahan dan hati lapang.

  • Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Kini yang bisa kita lakukan sekarang adalah mendoakan dia yang telah pergi meninggalkan kita selamanya.

PENUTUP

Demikianlah beberapa contoh ucapan innalillahi yang bisa mimin sajikan. Smeoga bisa bermanfaat untuk teman-teman sekalian.

Dan juga semoga bisa mengingatkan kepada kita semua untuk selalu mengucapkan dan memaknai kalimat innalillahi dengan sebenar-benarnya.

Oiya mimin juga mohon maaf ya jika ada salah kata dan salah pemahaman. Dan terima kasih telah membaca sampai tuntas.

 

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *