15+ Ucapan Pernikahan Islami Untuk Sahabat Atau Teman

15+ Ucapan Pernikahan Islami Untuk Sahabat Atau Teman

Ucapan Pernikahan Islami?

Sebuah pernikahan merupakan salah anugerah terindah yang Tuhan berikan kepada dua insan yang diikat oleh cinta.

Tetapi pernikahan adalah hari yang membahagiakan tidak hanya bagi dua orang saja tapi juga orang-orang di sekitarnya atau bahkan orang di luaran sana yang hanya mengetahui lewat media sosial.

Meskipun terkadang memang ada satu atau dua orang yang tersakiti juga, misalkan mantan yang gagal move on, atau para pecinta yang bisa memendam dalam hati hehe.

Bagaimanapun itu sudah menjadi sebuah etika kalau kita mengungkapkan kebahagiaan kita lewat ucapan pernikahan kepada sang mempelai.

Hal ini supaya sang pengantin tahu bahwa banyak orang yang turut berbahagia atas pernikahannya. Ini juga sebaiknya dilakukan untuk orang yang patah hatinya loh hehe. Kalau tidak kuat menghadiri pernikahannya paling tidak kirimka sebuah ucapan pernikahan.

Di dalam Islam sendiri pernikahan adalah hal sakral yang membahagiakan sehingga harus dikabarkan kepada banyak orang agar turut merasakan kebahagian kedua mempelai.

Berikut ini mimin akan menyajikan beberapa ucapan pernikahan islami yang dirangkum dari berbagai sumber, siapa tahu bisa kamu jadikan referensi:

Ucapan Pernikahan Islami Berdasarkan Hadits dan Ucapan langsung Sahabat Terdahulu

15+ Ucapan Pernikahan Islami Untuk Sahabat Atau Teman

abiummi.com

Seperti yang sedikit disunggung di atas bahwa dalam islam telah mengatur segala seuatu tentang hidup, salah satunya adalah menyoal pernikahan.

Bahkan terdapat doa yang dianjurkan yang bisa juga bisa dijadikan sebagai ucapan selamat menikah untuk siapapun yang menikah. Berikut langsung saja kita simak bagaimana ucapan dari sebuah hadits tersebut:

Ucapan Pernikahan 1

“Ucapkanlah, ‘Barakallahu lakum wa baraka alaikum’ (mudah-mudahan Allah memberi kalian keberkahan dan melimpahkan atas kalian keberkahan). Demikianlah ucapan yang diperintahkan Rasulullah saw,”(Hadis sahih riwayat Ibnu Abi Syaibah, Darimi, Nasa’i, Ibnu Majah, Ahmad, dan lain-lain).

Ucapan Pernikahan 2

Doa Rasulullah saw. kala pernikahan Ali Bin Ali Thalib dan Fatimah.

Doa lainnya sebagai ucapan yang biasa Rasulullah katakan kepada seorang mempelai, yaitu Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir.

Doa ini berdasarkan berasal dari hadis sahih yang udah diriwayatkan Abu Hurairah.

Ucapan Pernikahan 3

Doa Rasulullah yang udah diriwayatkan oleh Abu Hurairah.

Jika 3 ucapan selamat menikah islami di atas masih dirasa panjang, terdapat doa Rasulullah yang diberikan dikala menambahkan doa kebaikan kepada Abdurrahman bin Auf. Saat itu, Rasulullah saw. berdoa, “Baarakallahu laka (semoga Allah menambahkan keberkahan).”

Ucapan Pernikahan 4

Ucapan yang diperintahkan Rasulullah saw.

Doa Rasulullah saw. kala pernikahan Ali Bin Ali Thalib dan Fatimah, “Semoga Allah Swt. menghimpun yang terserak berasal dari keduanya, memberkati mereka berdua, kiranya Allah meningkatkan kualitas keturunan mereka. Menjadikan sebagai pembuka pintu rahmat, sumber ilmu, sumber hikmah, serta pemberi manfaat bagi umat.”

Ucapan Pernikahan Islami Bijak

15+ Ucapan Pernikahan Islami Untuk Sahabat Atau Teman

speakerq.com

Meskipun kita patah hati, kita tetap harus memberikan ucapan pernikahan yang bijak ya. Jangan marah-marah apalagi memaki. Yuk coba kita simak ucapan pernikahan yang bijak tersebut, siapa tahu kamu jadi ketularan bijak juga hehe:

“Pernikahan ini adalah awal kehidupan baru kalian, semoga membawa berkah hingga akhir hayat dan kalian akan selalu memperoleh rahmat-Nya. Selamat menempuh kehidupan yang baru.”

“Semoga jadi pasangan sejati sampai maut memisahkan. Semoga dikaruniai keturunan yang sholih dan sholikhah”.

“Tiada ibadah yang lebih indah dari pernikahan. Di mana duduk berdua adalah ibadah, menghabiskan waktu bersama adalah ibadah, bahkan menyuapkan makanan juga ibadah. Semoga kebahagiaan dan keberkahan selalu membersamai kalian. Aamin.”

“Semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warohmah.”

“Dengan pernikahan ini, maka sempurnalah kehidupan kalian. Warnailah pernikahan dengan saling menghormati, menyayangi, dan saling menolong dalam ketaatan satu sama lain.Semoga Allah selalu melimpahkan petunjuk, rahmat, dan berkah kehidupan, serta rezeki yang halal dan keturunan yang saleh dan salehah.”

Ucapan Pernikahan Islami Untuk Sahabat

Sudah tentu jika ada sahabat yang menikah, kita akan bahagia sebanyak apa yang dirasakan sahabat kita. Dan jangan lupa ungkapkan kebahgiaan itu lewat ucapan pernikahan yang menyentuh supaya sahabatmu memahami seberapa besar kebahagiaanmu yang menyertai pernikahannya.

Tetapi terkadang karena sahabat orang yang terdekat malah bingung gak sih ucapan seperti apa ya yang harus dibuat. Untuk itu mimin akan mencoba memberi rekomendasi beberapa ucapan pernikahan islami untuk sahabat:

“Sahabatku, selamat atas pernikahan kalian yang berjalan dengan sempurna. Semoga kelak kalian menjadi pasangan yang harmonis, pasangan yang akan dikaruniai keberkahan yang berlapis-lapis. Dan semoga dikaruniai anak-anak yang saleh dan salehah sehingga menyempurnakan kebahagiaan kalian. Amin.”

“Selamat menempuh hidup baru Saudaraku. Mudah-mudahan engkau dapat menjadi imam yang baik bagi istrimu, serta menjadi ayah yang terbaik bagi anak-anakmu. Semoga keluargamu menjadi tempat pulang yang paling nyaman dari pengembaraanmu.”

“Pahit getir dan gembira ketika masa-masa kalian belum menikah, sesungguhnya bukanlah apa-apa. Namun, setelah ijab qobul, seutuhnya rasa gembira dan duka akan menjadikan kalian semakin kuat dan dewasa. Selamat menikmati kejutan-kejutan dalam pernikahan kalian.”

“Selamat menikah, semoga Allah menyempurnakan kebahagiaan kalian dan menyempurnakan ibadah kalian, serta memberikan petunjuk dalam setiap keputusan.”

Kata-Kata Pernikahan Islami

15+ Ucapan Pernikahan Islami Untuk Sahabat Atau Teman

themoondoggiesmusic.com

Adam Dan Hawa

Melalui adam dan hawa sepasang kekasih bisa merasakan betapa bahagianya menikah. Jadi coba deh buat kata-kata ucapan pernikahan untuk sahabat atau siapapun yang juga berhubungan dengan adam dan hawa:

“Pertemuanmu dengan pasangan telah dituliskan oleh Allah sebelum diciptakan oleh-Nya langit dan bumi. Lima puluh ribu tahun yang lalu, Allah sudah menentukan bahwa ia adalah pasanganmu. Seperti halnya Adam dan Hawa. Hari ini kalian telah dipertemukan dalam suatu kebaikan. Semoga Allah memberkahi dan melimpahkan kebahagiaan bagi kalian.”

Berkah Pernikahan

Pernikahan memang membawa berkah tidak hanya kepada sang mempelai tapi juga orang-orang yang menyertainya.

“Menikah bukanlah untuk mencari bahagia, melainkan ibadah. Bahagia hanyalah sebagian dari berkah pernikahan. Jika kalian memasuki pernikahan dengan iman, artinya kalian sedang melepas jangkar untuk mengarungi samudera pernikahan dan siap untuk berlabuh di surga. Barakallahu laka.”

Indahnya Pernikahan

Kamu juga bisa memberikan gambaran indahnya pernikahan dalam ucapan mu loh. Hal ini tentu saja akan membuat sang mempelai menjadi sangat bersyukur karena telah menikah

“Pernikahan memang tidak seindah dalam bayangan atau yang diceritakan dalam film-film. Namun, dengan adanya lika-liku dan riak ombak dalam pernikahan akan menjadikan kalian sebagai pribadi yang kuat dan percaya diri. Serta pribadi yang sabar dalam usaha meraih kebahagiaan dan kemuliaan.”

Lengkapnya Kebahagiaan

Kebahagiaan memang tidak hanya didapat dari sebuah pernikahan. Tetapi dnegan menikah banyak orang yang merasa kebahagiannya menjadi lengkap.

Untuk itu coba deh kamu membuat ucapan yang menunjukkan bahwa dengan menikah kebahagiaanmu jadi lengkap:

“Kini kebahagiaanmu telah lengkap. Telah kamu temukan tulang rusukmu yang hilang.

Sebagai sahabat, aku ikut bersuka cita melihat kalian yang bersanding dengan bahagia.

Selamat menikah, semoga kehidupan kalian selalu dipenuhi oleh cinta dan keberkahan Allah.”

PENUTUP

Kita harus bahagia di atas kebahagiaan orang lain, dan bukan malah bahagia di atas penderitaan orang lain. Maka mari berbahagia dengan adanya pernikahan orang-orang terlebih orang terdekat kita.

Mari beri ucapan pernikahan yang menyentuh. Ekspresikan kebahagiaan kita lewat kata-kata dalam ucapan tersebut.

Bagi yang belum move on juga dari mantannya yang akan atau sedang menikah. Ayukk sadar bahwa dia bukan milik kita dan mari rayakan kesedihan dengan hal-hal positif hehe. Selamat move on!

Leave a Reply