10+ Ucapan Ulang Tahun Bahasa Arab Beserta Doa Ulang Tahun

PENDAHULUAN

Ucapan ulang tahun bahasa arab?

Ulang tahun memang menjadi salah satu momen penting bagi setiap orang. Itulah hari peringatan dimana seorang manusia dilahirkan ke dunia dan memulai perjalanan hidupnya. Hari itu mempunyai makna yang dalam bagi seseorang.

Meskipun ada yang menganggapnya biasa saja karena memang sudah selayaknya setiap tahun bertambah dan usia tentu saja berkurang. Tetapi sekali lagi ulang tahun adalah momen untuk mengingatkan banyak hal tentang perjalanan hidup seseorang.

Harapan dan doa tidak henti-hentinya dipanjatkan. Memang begitulah seharusnya. Bahkan dalam Al-quran surat Maryam Ayat 33, Isa putra Maryam berdoa untuk dirinya sendiri atas kelahirannya.

Doa-doa tersebut bisa dijadikan sebagai ucapan selamat ulang tahun loh ternyata. Ucapan ulang tahun tidak selalu diucapkan dalam bahasa Indonesia tetapi juga Bahasa Arab yang biasanya berisi tentang doa-doa atau permohonan ketika ulang tahun.

Untuk lebih lengkapnya yuk simak beberapa ucapan ulang tahun dalam bahasa arab berikut ini:

Ucapan ulang tahun untuk anak dalam bahasa arab

Anak adalah pelipur lara bagi orangtuanya. Ia harta berharga bagi orangtua. Orangtua rela mempertaruhkan nyawa untuk seorang anak. Begitulah orangtua, hatinya penuh dengan cinta dan kasih kepada anak-anaknya.

Walaupun terkadang bentuk dari cinta dan kasih tersebut tidak sepenuhnya dipahami oleh sang anak. Entah karena memang orangtua yang tidak mengekspresikan hal tersebut atau malah sang anak yang tidak mau memahami.

Tetapi bagaimanapun orangtua, ia selalu menyelipkan doa untuk anak-anaknya. Terlebih ketika hari kelahiran sang anak berulang.  Bahkan ada seorang ibu yang berpuasa ketika anaknya berulang tahun. Adapun ucapan selamat ulang tahun untuk anak dalam bahasa arab yang bisa digunakan adalah sebagai berikut:

رَبِّ هَبْلِيْ مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ

“ Robbi hablii min ladunka dzurriyyatan thoyyibatan innaka samii’ud du’aa-i ”

Artinya : Ya Rabbi, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa (hambamu).

Ucapan ulang tahun bahasa arab singkat

10+ Ucapan Ulang Tahun Bahasa Arab Beserta Doa Ulang Tahun

lamandala.net

Memang mengucapkan selamat ulang tahun tidak harus panjang kali lebar kali tinggi. Terkadang entah karena kesibukan, atau memang pilihan membuat ucapan ulang tahun secara singkat juga hal yang menarik.

Akhir- akhir ini juga banyak ucapan-ucapan dalam bahasa arab yang sering digunakan baik untuk mendoakan agar sembuh atau juga untuk mengucapkan selamat ulang tahun.

Seperti apa ya ucapan bahasa arab singkat yang sering digunakan untuk mengucapkan selamat ulang tahun. Simak contoh ucapan berikut ini, check this out:

Contoh 1

Barakallah Fii Umriik (semoga Allah memberkahi umurmu)

Contoh 2

Di ambil dari lirik lagu Qasidah:

Mabruuk alfa mabruuk ‘alaika mabruuk

Mabruuk alfa mabruuk yawm miiladik mabruuk

Selamat hari milad

Semoga dapat rahmat

Dari Allahu Ahad

Hingga hidup selamat

Mabruuk alfa mabruuk ‘alaika mabruuk

Mabruuk alfa mabruuk yawm miiladik mabruuk

Selamat ulang tahun

Semoga berkah turun

Dari Allah Pengampun

Sehingga hidup rukun

Ucapan ulang tahun bahasa arab untuk kekasih

Seseorang tentu rela melakukan apa saja demi kekasihnya. Maka tak heran ketika momen hari kelahirannya tiba banyak orang yang memberikan hadiah-hadiah mewah seperti mobil, rumah, barang-barang branded, dan lain sebagainya.

Bagi orang yang jatuh cinta, harta tidak seberapa dibanding orang yang dicintainya. Nah adapun hal paling sederhana yang juga bisa membuat sang kekasih senang ketika hari ulang tahunnya yaitu memberi sebuah ucapan selamat ulang tahan.

Dan ucapan tersebut bisa saja menggunakan berbagai bahasa termasuk bahasa arab. Untuk kamu yang ingin mengucapkan selamat ulang tahun untuk kekasih dalam bahasa arab simak deh contoh berikut ini:

Contoh 1

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

“Robbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qurrota a’yuun waj-‘alnaa lilmuttaqiina imaama”

Artinya: Ya Rabb kami, anugerahkan kepada kami, istri-istri kami dan anak cucu kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikan kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa.

Contoh 2

Barakallahu fii umrik suamiku, dan Semoga dengan bertambahnya usia juga menjadikan kamu insan yang mulia disisi-Nya, semakin disayang Allah dan menyayangi Allah, aminn…”

Ucapan ulang tahun bahasa arab seperti Isa putra Maryam

Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa Isa putra Maryam juga memanjatkan doa untuk hari-hari tertentu dalam hidupnya seperti hari kelahiran, kematian, dan hari dimana dirinya dibangkitkan kembali.

Doa tersebut tercantum dalam Al-quran surat Maryam ayat… Dari ayat di atas bisa diambil kesimpulan bahwa berdoa untuk hari kelahiran kita adalah boleh-boleh saja.

Dan peringatan atau perayaan kecil yang tidak berlebihan bukanlah sesuatu yang mudharat. Oiya seperti apa doa Isa putra Maryam untuk hari kelahirannya tersebut, simak ayat berikut ini:

10+ Ucapan Ulang Tahun Bahasa Arab Beserta Doa Ulang Tahun

datariau.com

Ucapan ulang tahun berupa doa dalam bahasa arab

10+ Ucapan Ulang Tahun Bahasa Arab Beserta Doa Ulang Tahun

doadoaislam99.blogspot.com

Berdoa sejatinya memang boleh menggunakan bahasa apa saja sesuai dngan apa yang dipahaminya. Tetapi juga tidak masalah jika kita ingin berdoa menggunakan bahasa arab , yakni bahasa yang digunakan dalam Al-quran.

Catatannya adalah akan sangat baik jika kemudia kita juga memahami doa dalam bahasa arab yang kita panjatkan tersebut. Berdoa juga bisa dilakukan kapan saja dan tidak harus menunggu momen-momen tertentu.

Tetapi juga tidak ada salahnya jika pada momen tertentu seperti hari ulang tahun kita memanjatkan doa yang lebih dan lebih pada hari tersebut.

Karena biasanya pada momen spesial tersebut yang mendoakan akan lebih banyak orang. Nah di bawah ini terdapat doa dalam bahasa arab yang bisa dijadikan sebagai ucapan ulang tahun:

Doa mohon rezeki yang halal dan baik

Sebaik-baiknya rezeki adalah rezeki yang halal, baik, dan berkah. Rezeki yang halal dan baik tentu saja rezeki yang didapatkan dengan cara yang benar dan baik.

Dan rezeki yang berkah adalah rezeki yang bisa bermanfaat bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk orang lain. Bagi kehidupan seseorang hal tersbeut tentu menjadi penting, maka tak heran jika banyak orang yang berdoa memhon rezeki yang halal dan baik seperti contoh doa berikut ini:

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

“Allahumma innii as-aluka an tarzuqonii rizqon halaalan waasi’an thoyyiban min ghairi ta’abin wala masyaqqatin walaa dloirin walaa nashabin innaka ‘a-laa kulli syai-in qodiir.”

Artinya:

“Ya Allah, aku minta pada Engkau akan pemberian rizki yang halal, luas, baik tidak tanpa repot dan juga tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan sesungguhnya Engkau kuasa atas segala sesuatu.”

Doa ulang tahun mohon panjang umur

Meskipun mau telah ditentukan, setiap orang tentu berharap bisa hidup sampai tua nanti, sampai menyaksikan anak-anak dan keluarganya berbahagia.

Begitulah keinginan manusia, banyak hal yang masih harus dilakukan. Oleh karena itu pada hari kelahiran seseorang keluarga, kerabat, teman, sahabat, dan bahkan dirinya sendiri memanjatkan doa agar diberikan umur panjang, tentu saja umur panjang yang bisa bermanfaat. Bagaimana doa ulang tahun dalam bahasa arab untuk memohon umur panjang? yuk lihat salah satu doa berikut ini:

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْر

Allaahumma thowwil ‘umuuronaa, wa shohhih ajsaadanaa, wa nawwir quluubanaa, wa sabbit iimaananaa wa ahsin a’maalanaa, wa wassi’ arzaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa wa ‘anisy-syarri ab’idnaa, waqdhi khawaa-ijanaa fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka ‘alaa kulli syai-in qodiirun

Artinya:

“Ya Allah. Panjangkanlah umur kami, sehatkan jasad kami, terangi hati kami, tetapkan iman kami, baikkan amalan kami, luaskan rezeki kami, dekatkan kami pada kebaikan dan jauhkan kami dari keburukan, kabulkan semua kebutuhan kami dalam urusan agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Doa mohon kemuliaan untuk keluarga

Harta yang paling berharga adalah keluarga. Maka harapan seorang suami atau istri atau orangtua atau anak atau setiap anggota keluarga adalah memohon kemuliaan untuk keluarganya.

Kemuliaan tersebut dapat bermakna dalam. Kemuliaan yang diharapkan pun tidak hanya dalam pandangan manusia tetapi juga sang pencipta serta hamba-hambanya yang taat.

Setiap orang berdoa untuk mengharap hal tersebut karena mereka sadar bahwa mudah bagi sang pencipta untuk mencabut kemuliaan dalam diri seseorang, dan mudah juga melimpahkan kemuliian kepada seorang lainnya. Bagaimana doa mohon kemuliaan untuk keluarga tersebut, simak contoh berikut ini:

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Robbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qurrota a’yuun waj-‘alnaa lilmuttaqiina imaama

Artinya:

“Ya Rabb kami, anugerahkan kepada kami, istri-istri kami dan anak cucu kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikan kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa.lang Tahun dalam Al Quran”

Doa mohon keselamatan dan kesejahteraan

Memohon keselamatan dan kesejahteraan adalah hal yang juga penting bagi seseorang. Siapa yang tidak berbahagia bagi seseorang yang selalu dilimpahkan keselamatan dan kesejahteraan.

Oleh karena itu tidak berlebihan jika pada hari ulang tahun seseorang diberikan ucapan doa seperti berikut ini:

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allaahumma innaa nas-aluka salaamatan fid diini wa ‘aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qoblal mauti wa rohmatan ‘indal mauti wa maghfirotan ba’dal mauti

Artinya:

“Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati.”

PENUTUP

Demikianlah beberapa contoh ucapan ulang tahun bahasa arab yang bisa dijadikan referensi. Semoga untuk kamu yang memang bingung untuk mmebuat ucapan ulang tahun bisa membantumu menemukan ide.

Dan ucapan ulang tahun yang paling baik tentunya yang berisi doa dan pengharapan baik juga seperti doa-doa yang telah disebutkan di atas.

Jadi selamat berdoa yang baik-baik di momen spesalmu dan orang-orang yang kamu kasihi. Sekali lagi semoga bermanfaat. Dan semoga segala sesuatunya dilancarakan. Aamiin.

Leave a Reply