6 Cerita Motivasi Hidup Terbaik dan Terbaru Dari Kartun, Tokoh, Dll

Cerita motivasi- Seringkali kita berada di ujung putus asa. Mengeluh dan hampir menyerah. Kita mencari-cari mutiara yang bernama motivasi. Di waktu kita mendapatkannya, seperti ada cahaya. Perlahan, semangat hidup tumbuh kembali.

Pada kesempatan kali ini penulis akan mengulas mengenai cerita motivasi hidup. Lengkapnya beberapa cerita motivasi hidup terbaik dan terbaru yang disusun oleh penulis. Beberapa cerita ini mungkin memang sudah akrab di keseharian kita semua.

Namun penulis mencoba mengungkap makna mendalam di balik semua itu. sebagaimana kita tahu, cerita motivasi setidaknya memberikan dorongan dan semangat tertentu untuk seseorang bisa melakukan hal yang lebih baik. Hal itu setidaknya untuk dirinya sendiri atau yang akan ia lakukan juga kepada orang lain.

Cerita motivasi ada banyak sekali di dunia ini. setiap orang yang berhasil bangkit dari masalah akan menambah jajaran cerita motivasi yang digunakan untuk menyemangati orang lain. cerita motivasi ini bervariasi. Setidaknya ia bisa memberikan dampak pada orang yang mendapatkan pesannya.

Baik secara lisan atau tulisan. Cerita motivasi ini menjadi penting sekali untuk orang-orang yang seringkali mendapati masalah tertentu dalam kehidupannya.

Berikut ini penulis susun beberapa cerita motivasi dari pengamatan sehari-hari dan sekian referensi. Harapannya cerita motivasi berikut bisa menjadi referensi pembaca dalam menemukan motivasinya.

Bisa juga cerita motivasi di bawah bisa dijadikan acuan pembaca untuk membuat cerita motivasinya sendiri. bisa jadi cerita motivasi yang penulis susun terkesan sepele, tapi ada semangat dan pesan-pesan dalam cerita itu yang semoga membuat kita sedikit banyak bisa meneladaninya. Selengkapnya adalah sebagai berikut.

Contoh Cerita Motivasi Hidup Terbaik dan Terbaru

Penulis membaginya dalam beberapa topik. Ada kisah yang diambil dari buku, film, dan lain sebagainya. semoga cerita motivasi berikut ini bisa memberikan harapan-harapan tertentu untuk pembaca. Selengkapnya adalah di bawah ini.

Belajar Dari Naruto

6 Cerita Motivasi Hidup Terbaik dan Terbaru Dari Kartun, Tokoh, Dll

media.skyegrid.id

Siapa menyangka. Anime ini kemudian menjadi begitu populer. Tentu bukan karena pertarungannya semata. Tetapi lebih dari itu. ia memiliki semangat dan nilai hidup yang tinggi.

Namanya uzumaki Naruto. Ia sering hadir di televisi Indonesia. beberapa yang lain mengaksesnya di Internet. Orang-orang dewasa mungkin sering menganggapnya sebagai tayangan anak-anak. pokoknya tujuannya hanya untuk menghibur anak-anak itu semata.  Padahal tidak demikian.

Pengarangnya yang bernama Masashi Kishimoto itu begitu serius menyusun cerita dan tokoh-tokohnya. Ia berharap ceritanya mampu memberikan semangat dan nilai perjuangan yang tinggi untuk siapa saja yang mengikuti ceritanya. Dan benar saja, ungkapan-ungkapan terbaik yang ada di serial naruto ini dicatat betul oleh orang-orang untuk dijadikan prinsip hidupnya.

Singkatnya, tokoh utama kita, Naruto lahir tanpa tahu siapa orang tuanya. Tidak berhenti di situ, ia juga menanggung monster yang mengerikan di dalam tubuhnya. Hampir seluruh orang desa membencinya. Ia menjadi sangat kesepian tentu saja. Ia sering berbuat nakal dan jahil agar orang-orang memberikan perhatian. Meskipun itu sekadar perhatian tidak suka.

Berjalannya waktu, naruto tetap saja merasa kesepian. Ia seringkali bermain ayunan di bawah pohon sendirian. Terlihat dari kejauhan, tatapan mata orang desa yang membencinya. Naruto merasakan sakit itu. tidak berdarah tapi begitu nyeri di dadanya.

Sampai suatu saat ia ingin mencuri gulungan rahasia di tempat hokage demi untuk mendapatkan perhatian yang lebih besar. Gulungan pun berhasil ia curi. Ia segera memasuki hutan karena dikejar oleh penjaga. Sesampai di hutan terjadi pertarungan yang sangat menegangkan.

Naruto hampir saja tertangkap untuk dibunuh. Namun muncul satu orang. Satu orang yang kelak merubah hidupnya. Namanya adalah guru iruka. Guru iruka tersebut menyelamatkan naruto. Dan boleh dibilang, ia adalah orang pertama yang mengakui keberadaan naruto.

Betapa berat hidup yang dijalani naruto hanya untuk mendapatkan perhatian dan diakui keberadaannya. Naruto menanggung semuanya sendirian. Ia tahu betul rasa sakit karena kesepian dan diacuhkan. Kelak ketika dewasa, ia adalah orang yang menjunjung tinggi pertemanan di atas segalanya.

Karena ia tahu, manusia butuh pengakuan dan ikatan pertemanan untuk bisa bekerja sama dan saling melindungi. Memang di akhir cerita, naruto berhasil mencapai impiannya. Menjadi hokage atau pemimpin negara yang telah ia idamkan dari kecil. Namun untuk mencapai itu tidak mudah. Ia harus terus berjuang, jatuh, dan bangkit terus menerus. Salah satu kata-katanya, mengenang sekali. Ia bilang, cara balas dendam terbaik adalah menjadi sukses di hadapan orang yang meremehkan kita.

Tentang Lelaki Tua Dan Laut

Cerita itu diltulis oleh Ernest Hemingway. Seseorang yang memenangkan nobel sastra. Cerita itu boleh dibilang tipis untuk ukuran novel. Dan ceritanya juga sederhana. Namun kekuatan ceritanya bisa jadi akan terkenang sampai kapanpun.

Cerita itu berfokus pada tokoh utama seorang kakek tua yang bernama santiago. Ia adalah seorang pemancing yang tinggal di gubuk tua dekat dengan pantai. Hemingway menggambarkan kehidupan kampung di pantai yang miskin dan kusam.

Suatu ketika, Santiago menceritakan keinginan besarnya untuk menangkap ikan yang sangat besar. Tentu saja hal itu langsung diejek dan dicemooh oleh orang-orang. Apa yang bisa dilakukan lelaki tua renta di hadapan ikan sebesar itu. jangan bercanda.

Santiago adalah santiago. Ia orang yang begitu memegang kuat keyakinannya. Usia bukanlah masalah. Kekurangan tekhnologi yang maju dan kemiskinan juga bukan masalah berat untuknya. Ia berangkat dengan keyakinan mantap atas keyakinannya itu.

Singkat cerita, berhari-hari ia tidak mendapatkan apa-apa. Tentu saja cemooh dan ejekan orang semakin menjadi-jadi. Ia tidak peduli. Sampai berpuluh-puluh hari ia memacu perahunya untuk keyakinannya tersebut. dan benar saja. Ikan marlin yang berukuran cukup raksasa menyangkut di kail pancingnya.

Segera saja ia bertarung mati-matian untuk ikan besarnya tersebut. seluruh tenaga tersisa yang ia miliki bertarung dengan besar dan kuatnya ikan tersebut. dan nasib baik memihak Santiago. Ikan itu menyerah dan berhasil ditangkap olehnya.

Cerita belum berakhir. Ikan yang sangat besar itu memakan separuh lebih tempat di perahunya. Ia dengan susah payah berusaha membawanya ke pesisir. Di tengah perjalanan, darah yang menetes dari ikan marlin itu memancing beberapa hiu untuk menyantapnya.

Pertarungan sengit kembali terjadi. Santiago dengan dayung kayu berusaha mengusir hiu tersebut. namun apa daya, predator buas itu berhasil menggerogoti daging dari marlin utuhnya. Begitu terus. Santiago terus berusaha semaksimal mungkin dan hiu yang ganas itu juga tak menyerah.

Sampai marlin besarnya tersebut hanya menyisakan duri-durinya saja. Santiago tahu itu tidak mudah. Ia memutuskan tidak menyerah. Ia tetap akan kembali. Meskipun ikannya tak lagi utuh.

Santiago membuktikan pada kita semua semangat tidak mudah menyerah. Santiago membuktikan pada kita bahwa usia bukan halangan. Terlebih alasan-alasan lain yang dibuat-buat. Jika kita sudah meyakini sesuatu. Hal wajib yang harus kita lakukan selanjutnya adalah membuatnya nyata. Sesederhana itu. dengan cerita yang sederhana itu pula ia memenangkan penghargaan bergengsi dalam dunia sastra.

Ekalawya Pemanah Terbaik Itu

Dalam kisah pewayangan seharusnya ada sosok yang begitu luar biasa. Ia mungkin bisa jadi yang paling sakti mandraguna dalam perang Batarayudha. Namun sayangnya, nasib mengehendaki lain.

Ekalawya adalah pemanah terbaik semestinya. Ia begitu terinspirasi oleh guru Dorna. Sebab, Dorna adalah guru kesaktian yang begitu terkenal waktu itu. kabar kehebatan Dorna sudah sampai dimana-mana.

Suatu ketika, pandawa dan kurawa tengah menjalani latihan rutin yang diampu oleh guru Dorna. Dorna memerintahkan murid-muridnya itu untuk memanah kijang dari kejauhan. Semua bersiap dengan busurnya. Arjuna, si murid yang cemerlang itu terlihat begitu optimis.

Dan benar saja. Anak panahnya tepat mengenai jantung rusa itu. namun saat dilihat, telah ada anak panah yang lebih dahulu menancap di jantung rusa itu. dan terlihatlah seseorang dari kejauhan yang memperkenalkan diri sebagai Ekalawya. Ia memohon agar guru Dorna mau mengangkat ia menjadi muridnya.

Namun guru Dorna menolak. Ia sudah terikat janji hanya akan mengajarkanilmunya kepada pada putra pandu dan destrarastra atau para kurawa dan pandawa itu. Ekalawya tetap bersimpuh. Namun guru Dorna tetap tidak mau menerimanya.

Latihan hari itu diakhiri. Guru Dorna diliputi penasaran atas sosok Ekalawya itu. begitu juga dengan Arjuna. Setelah membuntuti Ekawlaya tibalah ia di sebuah gua. Di sana, Ekalawya membangun patung guru Dorna untuk menemaninya berlatih. Sebegitu kuatnya ingin belajar kepada guru itu. ia berlatih sangat keras seperti diawasi langsung oleh Dorna dengan memangangi patungnya.

Inilah motivasi tinggi yang didapatkan oleh Ekalawya. Dengan segala keterbatasan, ia berlatih sangat keras. Meskipun bukan dari kasta ksatria terpandang, ia tetap tidak menyerah dengan keinginannya tersebut. ia terus berlatih dengan semangat. Ia ingin suatu hari bisa diajar langsung oleh guru idolanya tersebut. motivasinya sangat tinggi.

Cerita selanjutnya justru adalah ironis. Tiba-tiba Dorna mendatanginya ketika berlatih dan bersedia menjadi gurunya dengan satu syarat. Harapan di mata Ekalawya menyala dengan tawaran tersebut. ia mau menjalani apa saja asalkan bisa diangkat menjadi murid.

Dorna mengajukan syarat yang boleh dibilang sangat berat, Ekalwya harus mau memotong ibu jarinya agar bisa diajar oleh Dorna. Ekalawya terdiam sejenak. Ia lalu mengambil pisau dan seketika itu juga ibu jarinya dipotong sendiri olehnya.

Ia menahan nyeri. Begitu juga Dorna. Dorna sudah terlanjur memegang kuat ambisi untuk membuat pemanah terhebatnya adalah Arjuna. Namun Ekalawya tetap tersenyum. Ia tahu ia telah kehilangan kemampuan memanahnya. Namun ambisi keyakinannya akhirnya terwujud nyata. Ia berani mengorbankan apapun karena itu.

Shincan dan Spongebob Kartun Anak Kecil Itu Mengajarkan Kita

6 Cerita Motivasi Hidup Terbaik dan Terbaru Dari Kartun, Tokoh, Dll

sheblinks.com

Acara televisi memang bermacam-macam. Ada tayangan yang terlalu berlebihan seperti sampah dan ada juga yang memberikan pesan dan nilai tersendiri. Seringkali justru acara yang mungkin awalnya kita anggap sepele itu bisa memberikan motivasi dan pesan yang tidak bisa disepelekan.

Mari kita langsung saja ke acara Spongebob. Tayangan kartun anak-anak itu terkesan hanya hiburan anak-anak semata. Padahal ia lebih dari itu. spongebob mengajarkan pada kita bahwa kita akan menjadi berguna dengan bekerja. Pekerjaan apapun. Seperti halnya spongebob yang menjadi tukang masak di restoran crusty crab. Begitu juga hidup tidak melulu soal keseriusan semata. Kita bisa bermain-main. Menyayangi orang terdekat, hewan peliharaan, dan juga menjunjung tinggi pertemanan.

Begitupun Shincan. Ia adalah anak-anak yang selalu gembira. Ia menyikapi setiap masalah dengan santai. Ia melakukan itu untuk menghindari masalah yang terlalu besar hanya karena emosi berlebihan semata. Shincan menjalani hari-harinya dengan menyenangkan. Ia memandang dunia dengan cara yang sederhana. Begitu juga gambaran keluarga ideal yang dijalani. Keluarga Nohara memang sering ada masalah atau konflik-konflik tertentu. Tapi itu cepat berlalu. Keluarganya begitu biasa saja menghadapi hidup tanpa harus berlebihan. Itu yang memberikan motivasi kepada kita bahwa hidup tidak usah disikapi dengan berlebihan. Rileks.

Cerita Motivasi: Cut Nyak Dien Dan Perempuan

Wahai para perempuan, jika kalian merasa rendah diri dan merasa tidak bisa melakukan apa-apa. Ingatlah Cut nyak Dien, pahlawan dan pejuang perempuan dari aceh itu memimpin peperangan gerilya dan terbuka untuk melawan kolonial dengan cara yang tidak mudah. Ia mengambil alih tugas berat yang biasanya ditanggung laki-laki. Cut Nyak Dien melakukan itu dengan total. Ia tidak merasa rendah. apalagi menyerah dengan keadaan.

Cut nyak Dien mengajarkan kepada kita bahwa perempuan dan laki-laki adalah setara. Kemampuan dan pengalaman saja yang membedakannya. Itu pun tipis. Laki-laki bisa lebih hebat dari perempuan. Begitu juga sebaliknya. Cut Nyak Dien mematahkan apa yang sering sekali diomongkan orang kalau tugas perempuan adalah dapur, sumur, dan kasur. Cut Nyak Dien memimpin perang itu, sodara-sodara.

Cut Nyak Dien juga menjalani peran perempuannya dengan baik. Ia berbakti pada suami dan juga merawat anak-anaknya. Cut Nyak Dien memotivasi kita, para perempuan, untuk tidak menyerah begitu saja pada nasib dan keadaan. Kita bisa melakukan apa saja selama kita mau berusaha dengan keras menjalaninya.

Ibu

Singaktnya, Ia semestinya motivasi terbesar kita hidup. Ibu bertaruh nyawa hanya agar kita bisa hidup dan menikmati dunia.

Ibu memberi cinta yang begitu banyak pada kita untuk tumbuh dan berkembang. Ibu tak pernah letih selama mengandung Sembilan Bulan agar kita bisa lahir dengan sehat. Ibu adalah motivasi terbesar kita untuk terus hidup dan membuatnya bahagia dengan cara apapun.

Sebagai umumnya ibu, ia selalu mendoakan yang terbaik untuk kita. Ia berharap agar anaknya menjadi berguna bagi nusa dan bangsa. Ibu melakukannya tanpa pamrih. Ia adalah pahlawan sejati untuk diri kita masing-masing.

Masihkah kita tidak mendapatkan motivasi hidup dari perjuangan ibu yang sangat berat itu?

Cerita Motivasi: Captain Tsubasa Mengantarkan Jepang

Ke piala dunia, akhirnya. Setelah bertahun-tahun hal tersebut hanya menjadi mimpi. Akhirnya menjadi nyata juga. Jepang berhasil masuk ke piala dunia.

Si pengarang cerita membuat serial captain tsubasa untuk memberikan semangat pada anak muda jepang bahwa dengan mengabdikan diri total pada sepak bola dan selalu bersemangat karenanya itu akan menjadi kekuatan tersendiri. Dan benar saja, anak muda jepang begitu termotivasi setelah menonton serial Captain Tsubasa tersebut.

Captain Tsubasa menceritakan tokoh utama yang sama dengan judul serialnya. Tsubasa sejak dari kecil begitu mencintai sepak bola. Ia menyebut bahwa bola adalah teman. Ia terlihat selalu bermain bersama bola di manapun berada. Baik ketika di rumah, di taman, atau di perjalanan selama berangkat atau pulang sekolah.

Semangat dan usaha kerasnya yang tinggi itu membuatnya menjadi pemain sepakbola yang tidak bisa begitu saja diremehkan. Ia bersama timnya menjalin komunikasi dan latihan yang kompak juga keras. Dan kita tahu, hasil tidak pernah mengkhianati proses.

Leave a Reply