9 Contoh Surat Pernyataan yang Baik dan Benar Terbaru Terlengkap

Sebelum membahas tentang kumpulan contoh surat pernyataan yang baik dan benar, alangkah baiknya jika Anda mengetahui terlebih dulu apa pentingnya surat pernyataan itu.

Jenis surat yang satu ini adalah surat yang kegunaannya sebagai alat bukti yang bisa dipertanggungjawabkan di mata hukum.

Surat ini biasanya digunakan sebagai surat mandat atau surat kuasa, tanda bukti jual beli tanah, surat yang digunakan untuk memperkuat perjanjian.

Istilahnya, jika Anda ingin mengadakan kesepakatan dengan siapapun Anda bisa menggunakan surat ini sebagai pegangan. Agar jika suatu saat nanti terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, surat ini bisa menjadi bukti yang kuat.


Pengertian Surat Pernyataan


Seperti yang telah diketahui dari penyebutannya surat pernyataan merupakan surat yang berisi pernyataan seseorang terkait dirinya atau orang lain pernah atau tidak pernah melakukan sesuatu.

Surat ini juga bisa berisi sebuah pernyataan kesanggupan seseorang atau kelompok atas apa yang akan dilakukannya juga resiko yang akan ditimbulkan jika melanggar pernyataan tersebut.

Kemudian ketika seseorang menyanggupi untuk membuat surat pernyataan maka dirinya harus menandatangani serta membubuhkan materai pada surat pernyataan tersebut.

Materai dan tanda tangan menunjukkan keresmian surat itu sehingga memiliki nilai hukum yang bisa dipertanggung jawabkan.


Tujuan Surat Pernyataan


Surat ini mempunyai banyak tujuan bergantung pada penggunaannya. Misalkan:

Dalam kehidupan sehari-hari

Surat ini biasa digunakan dalam kehidupan seseorang untuk melengkapi surat lainnya. Seperti pelengkap surat lamaran pekerjaan dan lain sebagainya.

Tujuan dalam urusan dinas

Pernyataan yang biasa dibuat dalam surat pernyataan di kedinasan berhubungan dengan direktur atau pimpinan perusahaan dan pegawainya. Untuk keperluan tertentu, seorang pimpinan harus membuat surat pernyataan yang akan menerangkan pegawainya.


Fungsi surat pernyataan


Adapun fungsi dari surat pernyataan setidaknya ada tiga point, di antaranya adalah:

Sebagai deklarasi

Fungsi pertama dari surat pernyataan adalah sebagai deklarasi. Seperti yang diketahui deklarasi sendiri memiliki arti pernyataan singkat dan jelas.

Dalam hal ini berarti fungsi surat pernyataan adalah untuk menyatakan bahwa seseorang dapat melakukan sesuatu atau tidak bisa melakukan sesuatu sesuai dengan yang tertuang dalam surat pernyataan.

Sebagai pengingat

Sedangkan fungsi yang kedua adalah sebagai pengingat. Hal ini jelas bahwa surat pernyataan berfungsi untuk mengingatkan seseorang atau pihak-pihak berkepentingan untuk melaksanakan suatu hal sesuai dengan yang tercantum dalam surat pernyataan.

Sebagai dokumen pendukung

Dan terakhir, fungsi dari surat pernyataan adalah sebagai dokumen pendukung. Artinya terdapat kepentingan-kepentingan yang berkaitan dengan pekerjaan, pendidikan, dan lain sebagainya membutuhkan dokumen pendukung berupa surat pernyataan.

Dan surat pernyataan ini merupakan dokumen pendukung resmi yang bisa dipertanggung jawabkan secara hukum.


Kumpulan Contoh Surat Pernyataan


Image Source: homie.com

1. Contoh Surat Pernyataan


Yang bertandatangan di bawah ini:
Nama :
Tempat dan tanggal lahir :
Agama :
Alamat :

dengan ini menyatakan:

  1. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
  2. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai
  3. Pegawai Negeri Sipil/Anggota Tentara Nasional Indonesia/Anggota Kepolisian Negara, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
  4. Tidak berkedudukan sebagai Calon/Pegawai Negeri Sipil dan Calon/Anggota Tentara Nasional Indonesia atau Calon/Anggota Kepolisian Negara;
  5. Tidak menjadi anggota dan atau pengurus partai politik;
  6. Bersedia ditempatkan di wilayah tempat mendaftar;
  7. Sanggup mengganti biaya pelaksanaan penerimaan sebesar Rp. 25.000.000,- (dua puluh lima juta) rupiah, apabila : dinyatakan lulus ujian tahap akhir dan telah mendaftar ulang tetapi mengundurkan diri dengan alasan apapun, atau mengundurkan diri setelah bekerja di BPS, dengan masa kerja kurang dari 5 (lima) tahun.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia dituntut di muka pengadilan serta bersedia menerima segala tindakan yang diambil oleh pemerintah, apabila dikemudian hari terbukti pernyataan ini tidak benar.

……………………, ………………………………
Yang membuat pernyataan,

MATERAI
Rp. 6.000,-
………………………………….


Ini kumpulan contoh surat pernyataan yang baik dan benar yang berhubungan dengan pekerjaan. Berbeda lagi jika untuk keperluan yang lain seperti surat pernyataan jual beli tanah seperti contoh di bawah ini:

Image Source: caalca.org

2. Surat Pernyataan Jual Beli Tanah


AKTA JUAL BELI TANAH
Yang bertAnda tangan di bawah ini :

Nama:
Tempat /Tgl. Lahir:
Jenis Kelamin:
Agama:
Alamat:
Selanjutnya disebut Penjual atau Pihak I.

Nama:
Tempat /Tgl. Lahir:
Jenis Kelamin:
Agama:
Alamat:
Selanjutnya disebut Pembeli atau Pihak II.

Isi Perjanjian:

Bahwa pihak I menjual sebidang tanah berikut segala yang ada di atasnya kepada pihak II dengan Harga Rp. 350.000.000,00 ( Tiga Ratus Lima Puluh Juta Rupiah ) tanpa perantara.
2. Bahwa tanah dimaksud seluas ………. x ……… cm, atas dasar petok D No. ….. Berdasarkan C desa No. …………….. berkedudukan di Desa Karang Besuki, Kecamatan Sukun, Kabupaten Malang dengan bata-batas sebagai Berikut:
a.) Sebelah utara berbatasan dengan ………..
b.) Sebelah selatan berbatasan dengan ………..
c.) Sebelah timur berbatasan dengan ………..
d.) Sebelah barat berbatasan dengan ………..
3. Bahwa berdasarkan C desa bahwa tanah dimaksud hak milik atas Nama ………………. Sesuai dengan rekomendasi oleh pejabat desa setempat yang dilegalisir oleh Camat …….. Tanggal ………. Bulan …. Tahun ……
4. Bahwa atas proses jual beli ini dimaksud, Pihak I telah membayar uang tunai untuk pembelian tanah sesuai dengan Nomor (1). Dilakukan di depan saksi-saksi dan pejabat yang berwenang.
5. Bahwa perjanjian ini dibuat bersama di depan saksi-saksi dan pejabat berwenang tanpa ada unsur paksaan dan masing-masing pihak dipastikan sehat jasmani dan rohani.
6. Bahwa dengan dilakukan pembayaran dengan ditandatangani surat perjanjian ini, maka secara syah tanah dimaksud pada nomor (I) telah menjadi hak milik pihak II.
7. Bahwa surat perjanjian ini disepakati dan di tAnda tangani bersama-sama diatas materai dan didepan saksi pada hari ………… Tanggal ……… Bulan ……… Tahun …….. Di Desa ……. Kecamatan ……. Kabupaten ……..
Pihak II Pihak I

(……..) (………)

Saksi-saksi I
Pejabat Kelurahan, ……………… (……………)
Ahli Waris I ………………………………….. ( ………….. )
Ahli Waris II …………………………………. ( ………….. )
Ahli Waris III ……………………………….. ( ………….. )

3. Surat pernyataan kepemilikan harta

Apakah penting membuat surat pernyataan kepemilikan harta?. Bukankah kita tidak perlu menyatakan kepada siapa-siapa harta yang kita miliki?.

Pada kebutuhan dan kepentingan tertentu surat pernyataan ini sangatlah penting. Surat ini menunjukkan secara resmi kepemilikan harta.

Dan surat pernyataan tersebut mempunyai kekuatan di depan hukum. Sehingga jika nantinya terdapat sengketa terkait harta tersebut, seseorang bisa membuktikan bahwa harta tersebut adalah sah miliknya.

Berikut adalah salah satu contoh surat pernyataan kepemilikan harta yang bisa dijadikan referensi:

SURAT PENGAKUAN KEPEMILIKAN HARTA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : Rudy

NPWP : 11.222.33346786449

NIK : 3333344444444

Alamat : Jalan Gatot No 64 Semarang

Dengan ini menyatakan bahwa :
Atas Tanah dan Bangunan seluas 1000 m2 (seribu meter persegi) dari sebidang tanah Hak Milik / Hak Guna Bangunan *) Nomor 88 yang terletak di Jl. Surabaya No. 34, Jakarta

Adalah benar milik saya.

Demikian Surat ini  saya buat dengan sebenarnya. Dan digunakan untuk kelengkapan dalam Pengajuan Surat Pernyataan Harta untuk Pengampunan Pajak.

Semarang, 3 Desember 2017
Yang menyatakan,
Meterai 6000,-
Rudy
NPWP: 11.222.33346786449

4. Surat pernyataan bebas narkoba

Dalam beberapa kepentingan seseorang pasti membutuhkan surat pernyataan bebas narkoba. Banyak instansi yang mewajibkan calon pegawainya untuk menyertakan surat bebas narkoba sebagai salah satu syarat.

Terlebih jika berkaitan dengan instansi negara seperti DPR, PNS, atau juga seorang presiden pasti harus bebas dari narkoba.

Dan untuk membuktikannya yaitu dengan membuat surat bebas narkoba. Tetapi pembuatan surat bebas narkoba tersebut tidak bisa asal buat saja loh.

Surat itu dapat diterima jika terdapat pemeriksaan secara profesional yakni dengan tes urin dan sebagainya.

Dan tentu hanya jika tes tersebut hasilnya negatif yang berarti seseorang tidak menggunakan narkoba.

Di bawah ini mikin sudah menyiapkan contoh surat pernyataan bebas narkoba yang siapa tahu bisa membantu:

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Ida Yulida
Tempat dan tanggal lahir: Bekasi, 4 November 1997
Agama : Islam
Alamat : Jl. Wolter Monginsidi No 48 Bekasi

Dengan ini menyatakan bahwa saya:

Tidak pernah terlibat kasus narkoba maupun terlibat  menggunakan narkoba dalam bentuk apapun.

Demikian surat pernyataan ini saya buat, dengan sebenar-benarnya. Saya bersedia untuk menerima segala tindakan ataupun  sanksi jika kemudian hari saya terbukti memakai atau terlibat narkoba.

Bekasi, 1 Februari 2016
Yang membuat pernyataan,

Ida Yulian (Tandan tangan dan materai)

5. Surat pernyataan belum menikah

Terkadang pada perusahaan tertentu ada yang mewajibkan pegawainya untuk tidak menikah.

Karena biasanya perusahaan yang menerapkan kebijakan tersebut beranggapan bahwa seseorang yang sudah terikat dengan hubungan pernikahan dapat menurunkan kinerja kerja yang diinginkan perusahaan.

Oleh karena itu tidak heran jika suatu saat kita menemukan perusahaan yang mewajibkan calon pegawainya untuk melampirkan surat pernyataan belum menikah ketika dirinya pertama kali melamar pekerjaan tersebut.

Meskipun kebijakan ini tidak banyak tetapi memang ada perusahaan yang memberikan persyaratan tersebut.

Selain dari kebijakan perusahaan, tentu masih ada kepentingan lain yang mengharuskan kita untuk membuat sebuah surat pernyataan belum menikah seperti salah satu contoh berikut ini:

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Budi Gunawan
Jenis Kelamin: Laki-laki
Tempat/ Tanggal Lahir: Padang, 4 Maret 1998
Agama: Islam
Warga Negara: Indonesia
Alamat: Jalan Pahlawan No 4 Padang

Menyatakan bahwa hingga saat ini, saya belum pernah menikah dengan siapapun baik secara adat, hukum agama, atau pun hukum Negara dan dengan demikian masih benar-benar lajang.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa adanya rekayasa. Jika surat pernyataan ini tidak sesuai, dengan ini maka saya bersedia untuk dituntut sesuai undang-undang dan hukum yang berlaku.

Padang, 1 Maret 2017

Budi Gunawan

6. Contoh surat pernyataan berkelakuan baik

Contoh surat selanjutnya ini barangkali hampir familiar bagi teman-teman sekalian.

Karena mulai dari jenjang sekolah menengah pertama, atas, atau bahkan juga perguruan tinggi seringkali mengeluarkan surat pernyataan berkelakuan baik untuk siswa/i/mahasiswa/i guna kepentingan tertentu.

Ketika seseorang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan menengah atas atau perguruan tinggi biasanya terdapat salah satu syarat administrasi yang harus dipenuhi.

Salah satunya yaitu surat pernyataan berkelakuan baik tersebut. Atau juga ketika kita ingin melamar pekerjaan di sebuah instansi atau perusahaan, biasanya juga diwajibkan untuk menyertakan surat pernyataan berkelakuan baik.

Hal ini sebagai bukti bahwa seseorang tersebut bukanlah seorang yang kriminal. Berikut adalah salah satu contoh surat pernyataan berkelakuan baik yang bisa dicermati:

SURAT PERNYATAAN

Yang bertandatangan di bawah ini ,

Nama : Ahmad Kodir
Tempat dan tanggal lahir :Sumedang, 29 Juli 1997
Agama : Islam
Alamat : Jalan Gatot Subroto No 78 Sumedang

dengan ini menyatakan:
1. Tidak pernah tertera melakukan suatu tindak kriminal.
2. Tidak pernah memperoleh hukuman penjara yang disebabkan karena perbuatan melanggar yang hukum.
3. Tidak pernah diberhentikan dengan secara tidak hormat saat bekerja.

Demikian surat pernyataan kelakuan baik ini saya buat dengan benar. Dan jika kemudian hari, terdapat pernyataan yang tidak benar dari pernyataan tersebut, saya bersedia menerima segala konsekuensinya.

Sumedang,  1 Desember 2015
Yang membuat pernyataan,

MATERAI
Rp. 6.000,-
Ahmad Kodir

7. Contoh surat pernyataan CPNS

Nah setiap tahunnya pasti banyak orang yang menanti kapan ada peluang untuk bisa mendaftar cpns dan berhasil lolos dalam tes ujiannya.

Nah sebelum tes ujian dilaksanakan tentu terdapat persyaratan administrasi yang harus dipenuhi, salah satunya adalah surat pernyataan CPNS.

Jika kamu bingung sekaligus ingin tahu bagaimana cara membuat surat pernyataan CPNS, yuk simak contoh di bawah ini:

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Alifah Septia
Tempat dan Tanggal Lahir : Denpasar, 29 Agustus 1992
Agama : Islam
Alamat : Jalan Ngurah Rai 231 Denpasar

Dengan ini menyatakan bahwa :

1. Tidak pernah melakukan melakukan tindak pidana kejahatan yang menyebabkan dihukum penjara ataupun kurungan berdasar putusan Pengadilan yang memiliki kekuatan hukum.

2. Tidak pernah diberhentikan secara  hormat  atas permintaan sendiri maupun orang lain  sebagai Pegawai Negeri Sipil, Prajurit TNI dan POLRI ataupun  diberhentikan dengan secara tidak hormat sebagai Pegawai Swasta.

3. Sedang tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil / Pegawai Negeri Sipil.

4. Bersedia  untuk ditempatkan di seluruh Wilayah Republik Indonesia atau Negara yang ditentukan oleh Pemerintah.

5. Tidak sedang menjadi anggota dan/atau pengurus Partai Politik.

6. Bersedia untuk tidak pindah lokasi penempatan kerja sebelum masa kerja selesai yaitu minimal selama 5 (lima) tahun.

Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia untuk dituntut di muka pengadilan dan bersedia menerima segala konsekuensi apabila di kemudian hari terbukti pernyataan yang saya buat ini tidak benar.

Denpasar, 25 Juli 2016
Yang membuat pernyataan,

(materai)
Alifah Septia

8. Surat pernyataan hutang

Berkaitan dengan hutang piutang adalah persoalan yang akan menimbulkan sesuatu yang rumit jika tidak ada prosedur yang baik.

Terutama jika hutang tersebut memiliki jumlah yang sangat besar baik yang berkaitan dengan instansi atau kelompok dan juga perorangan.

Oleh karena itu alangkah baiknya jika seseorang hendak memberi atau meminta sebuah hutang sebaiknya terdapat surat-surat tertulis yang nantinya dapat membantu menyelesaikan persoalan dengan jelas dan cepat.

Banyak sekali surat-surat tertulis yang bisa dijadikan bukti dan memiliki nilai hukum mengenai hutang piutang ini, salah satunya yaitu surat pernyataan hutang.

Dengan adanya surat ini maka hal-hal yang berkaitan dengan hutang akan lebih jelas. Jika kamu sedang bingung dalam membuat sebuah surat pernyataan hutang, yuk langsung saja simak contoh di bawah ini:

SURAT PERNYATAAN HUTANG

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Rudy
No. KTP : 7654383872772112
Alamat : Jalan Mangi 67 Surakarta

Dengan ini menyatakan:

  1. Bahwa, pada tanggal 27 April 2017 saya telah meminjam uang kepada saudara Abdul Rosyid sebesar Rp. 30.000.000 (tiga puluh juta rupiah) dan berjanji  mengembalikan pinjaman tersebut dalam jangka waktu 60 (enam puluh) hari atau jatuh tempo pada tanggal 28 Juni 2017;
  2. Bahwa, jika pada saat tanggal jatuh tempo tersebut saya belum mengembalikan pinjaman saya kepada saudara Abdul Kodir;
  3. Bahwa, dengan ini saya memohon keringanan kepada saudara Abdul Rosyid supaya diberi perpanjangan waktu untuk dapat melunasi pinjaman hutang saya. Batas waktu untuk 60 (enam puluh hari) lagi atau jatuh tempo pada tanggal 27 Agustus 2017;
  4. Bahwa, jika saya tidak bisa melunasi pinjaman  sesuai dengan tanggal perpanjangan waktu untuk pelunasan hutang, maka saya bersedia mempertanggungjawabkan hal tersebut secara hukum.

Demikian surat Pernyataan ini saya buat tanpa adanya unsur paksaan maupun tekanan dari berbagai pihak.

Medan, 17 Juni 207
Ttd

Irwansyah

9. Contoh surat pernyataan kesanggupan

Jenis surat pernyataan yang terakhir ini juga mungkin sering kita temui. Karena memang banyak sekali kepentingan yang membutuhkan surat pernyataan kesanggupan.

Dengan adanya surat ini tentu akan memperjelas bahwa seseorang mampu atau bersedia untuk melakukan sesuatu seperti yang telah tertulis.

Konsekuensi dari pelanggaran surat pernyataan ini pun biasanya akan dicantumkan. Sehingga dari awal seseorang yang telah membuat surat pernyataan kesanggupan.

Kemudian menandatangani dan memberi materai padanya, berarti sudah mengerti resiko dan beban yang harus ditanggung jika ternyata dirinya tidaklah sanggup memenuhi persyaratan terkait.

Berikut adalah salah satu contoh surat pernyataan kesanggupan yang bisa kita simak bersama:

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN MEMBAYAR
UANG KULIAH TUNGGAL (UKT ) TAHUN AKADEMIK 2016-2017
UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA

Yang bertanda tangan dibawah ini,

Nama Orang Tua/Wali : Rudy Kusuma
Pekerjaan : Karyawan Swasta
Alamat :Jalan Triunojoyo 13 Madura

No.Telp./HP :08111111199999

Adalah Orang Tua /Wali Calon Mahasiswa/i,

N a m a : Retno
Nomor Tes : D123456
No.Telp./HP Mhs/I : 0897999999999
Program Studi Pilihan : Kedokteran
Jalur Seleksi : Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Untuk mendukung kelangsungan operasional pembinaan serta untuk  peningkatan mutu akademik serta jaminan kepastian ketertiban administrasi berkaitan dengan mekanisme pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang akan diberlakukan di Universitas Airlangga. Maka dengan ini saya menyatakan, jika anak saya diterima di Universitas Airlangga,  saya akan sanggup membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang telah ditetapkan secara tunai pada saat registrasi dan di setiap awal semester.

Demikian surat pernyataan kesanggupan ini saya buat dengan semestinya, secara sadar, penuh tanggung jawab  dan tanpa paksaan berbagai pihak

Madura, 7 Juli 2017
Yang membuat pernyataan
Orang Tua/Wali

(Rudy Kusuma)


Demikianlah beberapa contoh surat pernyataan yang bisa mimin sajikan. Semoga bisa menambah informasi juga pengetahuan untuk kita semua.

Ya syukur-syukur jika ada yang merasa terbantu dalam membuat surat pernyataan yang baik dan benar.

Keyword: Contoh Surat Pernyataan

Leave a Reply