2 Contoh Surat Permohonan yang Baik dan Benar

15 Contoh Surat Permohonan yang Baik dan Benar

Contoh surat permohonan?

Surat permohonan adalah surat yang berisikan mengenai permintaan kepada suatu pihak dengan tujuan tertentu.

Surat Permohonan adalah salah satu jenis surat yang sangat penting untuk diperhatikan sebab dalam pembuatannya haruslah memenuhi satu kaidah tertentu.

Surat permohonan menjadi sangat penting dan harus diperhatikan dengan betul sebab surat ini memiliki kedudukan yang lebih formal jika dibandingkan dengan surat yang lainnya.

Surat permohonan ini bisa juga berisikan permintaan bantuan kepada instansi tertentu maupun perorangan. Surat permohonan ini termasuk kedalam surat resmi.

Maka dari itu, surat ini mencantumkan kop surat dan juga hal-hal lain yang biasanya terdapat pada surat resmi.

Kami akan memberikan Anda contoh yang tepat tentang membuat surat permohonan yang akan Anda ajukan untuk berbagai keperluan Anda.

Dengan membuat surat permohonan yang benar maka Anda pun bisa mendapatkan apa yang Anda inginkan dengan baik dan benar.


Kumpulan Contoh Surat Permohonan


Ada berbagai surat permohonan yang pasti berbeda tergantung dari tujuan yang Anda inginkan dengan mengirimkan surat tersebut.

Surat permohonan memiliki tujuan yang berbeda tergantung dari alasan Anda mengirimkannya.

Ada surat permohonan yang digunakan untuk mendapatkan dana atau permohonan dana, surat permohonan yang digunakan untuk mendapatkan rekomendasi dan berbagai permohonan lainnya.

Tentu saja hal ini harus diperhatikan sesuai dengan tujuan dari anda mengajukan surat permohonan tersebut.

Surat permohonan ini biasanya berbeda tergantung dari tujuan Anda. Bisa saja surat permohonan dibuat atas nama pribadi ataupun surat permohonan yang dibuat atas dasar dari satu perusahaan ataupun organisasi.

Dalam artikel kali ini kami akan memberikan tips yang baik dan tepat sehingga memberikan Anda contoh yang baik untuk surat permohonan baik itu digunakan untuk perorangan ataupun organisasi sekalipun.

Hal-hal penting yang harus Anda perhatikan adalah tentang tujuan yang tepat dari surat permohonan yang akan Anda tujukan.

Tujuan dari surat permohonan Anda harus Anda buat sejelas dan seringkat mungkin supaya tidak salah alamat nantinya.

Tujuan inipun juga bisa beragam mulai dari yang diberuntukan untuk peroranganan ataupun untuk organisasi atau perusahaan.

Supaya tulisan ini tidak melebar keman-mana yuk langsung saja kita lihat kumpulan contoh surat permohonan di bawah ini.

Siapa tahu contoh-contoh di bawah ini bisa dijadikan refrensi bagi teman-teman yang masih asing dalam membuat sebuah surat permohonan.

Inilah dia beberapa contoh surat permohonan yang berhasil mimin rangkum dari berbagai sumber:

1. Contoh Surat Permohonan Untuk Perorangan

Image Source: egospodarka.pl

Dalam hal ini sebenarnya surat permohonan yang dimaksud bisa berupa permohonan apa saja, hanya sifat dari permohonan tersebut bersifat pribadi dan untuk kepentingan pribadi.

Untuk lebih jelasnya yuk simak salah satu contoh surat permohonan. Berikut ini contoh surat permohonan untuk perorangan dan juga dari perorangan:


Surat Permohonan
Yogyakarta, 01 Oktober 2016

Kepada:
Yth. Prof. Nafik Natakusumah

Di
Tempat

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama :Jaya,S.Kp
NIP : 1435675685

Jabatan : Dosen Kopertis Wilayah IV/ Asisten Ahli

Asal Institusi : STIKES Denpasar

Sehubungan dengan hasil pengumuman penerimaan mahasiswa baru program Magister S2 dan Saya dinyatakan LULUS di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia dengan Program Spesialis Ilmu Keperawatan Komunitas, maka bersama Surat ini Saya bermaksud memohon kesediaan Bapak memberikan Surat Rekomendasi untuk mendapatkan Beasiswa Program Pasca Sarjana (BPPS) yang telah diumumkan oleh Dirjen Dikti.

Atas perhatian dan bantuan Ibu, Saya ucapkan terima kasih.

Yang memohon,

……..


Tujuan dari Anda mengirimkan surat permohonan tersebut juga harus Anda tulis dengan jelas. Jangan terlalu bertele-tele dan menggunakan bahasa-bahasa yang terlalu membingungkan, Anda hanya perlu untuk menyampaikan secara ringkas tentang tujuan Anda mengirimkan surat permohonan tersebut apakah untuk rekomendasi ataukah untuk tujuan yang lainnya.

Dengan bahasa yang ringkas maka akan membuat penerima lebih mudah untuk mencerna dan tahu tentang tujuan Anda mengirimkan surat tersebut.

2. Contoh Surat Permohonan Untuk Meminta Dana Bantuan

Image Source: moondoggiesmusic.com

Sedangkan untuk contoh surat permohonan yang kedua ini, biasanya dibuat atau ditulis oleh sebuah komunitas, organisasi, instansi, dan sesuatu yang berbentuk kolektif.

Tentu dalam sebuah lembaga atau perkumpulan mempunyai program yang harus dilaksanakan. Sedangkan program tersebut ada yang memang membutuhkan dana yang cukup besar.

Sehingga tidak ada salahnya jika perkumpulan tersebut membuat surat permohonan kepada pihak lain untuk meminta bantuan dana.

Bagaimana contoh surat tersebut? Berikut ini adalah contoh surat permohonan dengan tujuan untuk meminta dana bantuan dari satu organisasi yang ditujukan untuk perorangan ataupun perusahaan:


Nomor : 557/IV/2015
Lampiran : 1 rangkap proposal
Perihal : Permohonan Bantuan Dana

Kepada Yang Terhormat,
Bapak/Ibu/Saudara (i) ……………………………
di-
Tempat

Assalamu’alikum Wr. Wb.
Salam sejahtera kami haturkan, semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah S.W.T dan senantiasa mendapatkan berkah serta kemudahan rizqi dari-Nya, Amin.

Sehubungan dengan rencana perbaikan bangunan Masjid Al-Bukhori Desa Sukacita, Kec. Sukabumi yang sesuai estimasi kami selaku panitia diperkirakan akan menghabiskan biaya total berjumlah Rp 500.000.000 (Dua Ratus Juta Rupiah), dengan ini kami mengetuk hati Bapak/Ibu/Saudara (i) agar kiranya berkenan memberikan bantuan dana seikhlasnya.

Pemberian bantuan dana dapat diserakan kepada :
1. Jamaludddin
2. Hidayaaaati
3. Marpuah

Demikian surat permohonan bantuan ini dibuat. Atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan terima kasih. Semoga amalan serta ibadah kita senantiasa diterima oleh yang maha kuasa, Amin.

Wassalamu’alikum Wr. Wb

Desa Sukacita, 18 Agustus 2015

Panitia Pembangunan Masjid Al-Bukhori

Format Contoh Surat
Ketua


3. Surat Permohonan Kerjasama

Setiap perusahaan pasti membutuhkan kerjasama baik dengan klien atau perusahaan lainnya. Penjalinan kerjasama tersebut dapat terjadi dengan dimulai dari pengajuan surat permohonan kerjasama.

Surat permohonan kerjasama terrmasuk kedalam surat resmi, sehingga harus mencantumkan kop surat atau kepala surat.

Selain itu perlu, ada beberapa hal lainnya, seperti nomor, lampiran, dan juga perihal. Bahasa yang digunkaan juga harus formal.

Contoh surat permohonan kerjasama yang baik dapat dilihat sebagai berikut.

PT. Maju Jaya Indonesia
Jalan Kasihan Bantul no 16 Yogyakarta
Telp (0274) 578608 Kode Pos 578609
Bantul, 1 November 2018
Nomor : 14/ KJS/ MJI/ 2018
Lampiran : Proposal Kegiatan
Perihal : Surat Permohonan Kerjasama

Kepada Yth.
Direktur PT. Kalasan Jaya Tekstil
Jl. Kalasan No 19
Yogyakarta

Dengan hormat,
Melalui surat permohonan ini, PT. Maju Jaya Indonesia mengajukan kerjasama kepada PT. Kalasan Jaya Tekstil untuk dapat menjadi partner kami dalam melakukan supply bahan baku pembuatan kain yang berupa
1. Bahan Baku Polyester
2. Bahan baku berbagai benang tenun
Kami menawarkan kerjasama ini sebagai rekan produksi dari perushaan kami. Tentu saja kami juga akan menawarkan ada berbagai macam kompensasi dan keuntungan dengan nominal yang dapat didiskusikan terlebih dahulu melalui marketing kami.
Demikian surat kerjasama ini diajukan. Kami ucapkan banyak terima kasih dan juga besar harapan kami untuk dapat bekerjasama dnegan PT. Kalasan Jaya Tekstil.
Hormat kami,

PT. Maju Jaya Indonesia


4. Surat Permohonan Beasiswa

Bagi Anda yang hendak berkuliah dan memerlukan beasiswa pada suatu pihak Universitas. Anda diharuskan untuk dapat mengirimkan kepada bagian rektorat.

Permohonan beasiswa ini bersifat resmi, sehingga terdapat perihal dan juga lampiran. Contohnya dapat dilihat sebagai berikut.

SURAT PERMOHONAN BEASISWA
Sleman, 19 November 2018
Perihal : Permohonan Beasiswa
Lampiran : 1 Berkas

Kepada Yth.
Rektor Universitas Islam Indonesia
Jalan Kaliurang Km 14.5 Sleman, Yogyakarta

Dengan hormat,
Sehubungan dengan adanya pemberitahuan mengenai pendaftaran beasiswa untuk mahasiswa tahun ajaran 2015/ 2016 yang telah diberitahukan melalui website utama Universitas Islam Indonesia pada tanggal 18 November 2018, maka saya yang bertanda tangan:
Nama : Desti Andini
NIM : 168293
Fakultas : Fakultas Teknik Industri
Jurusan : Teknik Kimia
Semester : Empat (IV)
Tempat/ Tanggal Lahir : Sleman, 21 Juni 1994
Alamat : Jl. Gejayan No 24 Yogyakarta
Bersama dengan surat ini, saya mengajukan permohonan untuk memperoleh beasiswa unggulam untuk tahun ajaram 2015/ 2016. Sebagai bahan pertimbangan saya melampirkan sejumlah berkas :
1. Fotokopi Kartu Tanda Kemahasiswaan
2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
3. Fotokopi Transkrip nilai Semester 1-3 dengan legalisir
4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
5. Surat Oernyataan Tidak Menerima Beasiswa Lain
6. Surat Rekomendasi Dosen dan Dekan
7. Fotokopi rekening listrik 3 bulan terakhir
8. Fotokopi surat keterangan penghasilan kedua orangtua
9. Fotokopi seluruh buku rekening tabungan
10. Pas Foto 3×4 (2 lembar)
Demikian surat permohonan beasiswa ini saya sampaikan. Besar harapan saya agar surat permohonan ini dapat dikabulkan. Saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak/ Ibu.

Hormat Saya,

Desti Andini


5. Surat Permohonan Pengadaan Kegiatan

Bagi Anda yang merupakan mahasiswa aktif dan berkecimpung di dunia organisasi, maka Anda perlu untuk mengetahui berbagai macam surat permohonan dalam mengajukan kegiatan. Apalagi bila Anda adalah seorang sekrestaris dalam organisasi tersebut.

Kemudian, surat tersebut dapat diajukan kepada dekan, prodi, maupun rector bergantung dengan jenis kegiatan yang akan dilakukan.

Contoh dari surat permohonan pengadaan kegiatan dapat Anda lihat sebagai berikut.

Organisasi Penelitian Mahasiswa
Jl. Kaliurang Km 14.5, Sleman
Sleman, 17 September 2017
Nomor : 010/ OPM- UII/ 4/ 2017
Lampiran : 1 Berkas
Perihal : Permohonan Izin Pengadaan Kegiatan

Kepada Yth.
Pembantu Dekan I
Fakultas Teknik
Di tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.
Segala puji syukur kita panjatkan kepada kehadirat Allah SWT atas limpahan dan rahmat-Nya. Semoga keimanan kita semua juga selalu dijaga oleh Allah SWT. Selain itu, shalawat kkta tujukan kepada Rasulullah Muhammad SAW.

Berkaitan dengan rencana penyelenggaraan “Pameran Hasil Penelitian Mahasiswa”, kami sebagai pihak kepanitiaan mengajukan surat permohonan untuk pengadaan kegiatan tersebut. Adapun kegiatan pameran tersebut akan diselenggarakan pada:
Hari, Tanggal : Sabtu, 4 November 2017
Waktu : 08.00 – selesai
Tempat : Gedung Auditorium UII
Demikian surat permohonan pengadaan kegiatan ini kami ajukan. Besar keinginan kami agar surat permohonan ini dapat dikabulkan. Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Ketua OPM UII,
Joko Wardoyo


6. Surat Permohonan Peminjaman Alat

Seseorang yang aktif mengikuti organisasi di kampus atau sekolah tentu sangat familiar dengan surat permohonan peminjaman alat.

Pasalnya memang surat ini seringkali dibuat oleh organisasi seperti UKM (unit kegiatan mahasiswa) ketika akan mengadakan sebuah acara.

Karena keterbatasan alat untuk menyokong sebuah acara, maka biasanya organisasi tersebut akan meminjam alat dari organisasi lainnya yang memang mempunyai alat tersebut.

Nah karena alat tersebut merupakan inventaris organisasi maka diperlukan pula sebuah komunikasi resmi antar organisasi dalam meminjam barang inventaris tersebut.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat sebuah surat permohonan peminjaman alat. Di bawah ini juga sudah disajikan salah satu contoh surat permohonan alat yang bisa dijadikan referensi bagi kamu yang masih bingung dalam membuat surat permohonan tersebut:

YAYASAN BIMA NUANSA PERKASA

SMK KESEHATAN BIMA NUANSA PERKASA

TERAKREDITASI “A” (SANGAT BAIK)

NPSN : X7766ZZ Jalan Di Nuansa Perkasa No. 453 Kabupaten Ragajiwa Propinsi Indonesia x1x1x1x

Website : www.bimanuansa.sch.id email : [email protected]

Ragajiwa, 02 Desember 2018

Nomor : 420/ 01/ SMK-KES/ BNP/ XII/ 2018

Lampiran : 1 berkas

Perihal : Permohonan Peminjaman Alat

 

Kepada

Yth. Apotek Kembali Sehat Farma

Di

Ragajiwa

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan akan dilaksanakannya kegiatan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) SMK Kesehatan Bima Nuansa Perkasa dan dalam rangka memenuhi standar kelayakan pelaksanaan kegiatan ujian kompetensi keahlian sesuai dengan ketentuan Instrumen Verifikasi Kelengkapan Alat Pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Ragajiwa. Maka dengan ini memohon peminjaman alat berupa :

  1. Timbangan Kasar 2 Buah
  2. Timbangan Halus 2 Buah

Adapun kegiatan akan dilaksanakan pada :

Hari : Senin s.d Kamis

Tanggal : 12 s.d 15 Desember 2018

Demikianlah surat permohonan peminjaman alat ini kami sampaikan, atas perhatian dan bantuannya kami ucapkan terima kasih.

Mengetahui,

Kepala Sekolah

Nama Kepala Sekolah


7. Contoh Surat Permohonan Izin Praktek Kerja Industri

Praktek kerja industri ini tentu melibatkan perusahaan yang bersedia menampung para siswa yang ditugaskan untuk praktek dilapangan.

Oleh karena itu tentu siswa harus membuat sebuah permohonan izin praktek kerja industri kepada perusahaan yang akan dijadikan tempat magang.

Surat ini bisa saja dibuat oleh sekolah dan ditandatangani oleh pihak sekolah. Atau juga dibuat oleh siswa yang akan magang lalu disetujui oleh pihak sekolah.

Semuanya tergantung kepada bagaimana kebijakan sekolah. Berikut ini mimin sudah menyiapkan salah satu contoh surat permohonan izin praktek kerja industri untuk teman-teman yang belum terbiasa membuatnya:

YAYASAN BIMA NUANSA PERKASA

SMK KESEHATAN BIMA NUANSA PERKASA

TERAKREDITASI “A” (SANGAT BAIK)

NPSN : X7766ZZ Jalan Di Nuansa Perkasa No. 453 Kabupaten Ragajiwa Propinsi Indonesia x1x1x1x

Website : www.bimanuansa.sch.id email : [email protected]

 

Ragajiwa, 02 Desemb 2017

Nomor : 420/ 01/ SMK-KES/ BNP/ XII/ 2017

Lampiran : 1 berkas

Perihal : Permohonan Izin Prakerin

Kepada

Yth. Direktur RSUD Ragajiwa

Cq. Kepala Diklat

Di

Ragajiwa

Dengan Hormat,

Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dirancang untuk menyiapkan generasi muda yang terampil dan siap kerja.  Demi mewujudkan hal tersebut, maka setiap tahunnya sekolah menengah kejuruan diwajibkan untuk memberikan gambaran nyata kepada siswa bagaimana industri itu bekerja.

Salah satunya adalah melalui kegiatan Praktek Kerja Industri di dunia usaha atau dunia industri yang telah terjalin kerjasama selama kurun waktu kurang lebih 3 (tiga) bulan.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka dengan ini kami mengajukan permohonan izin kepada direktur RSUD Ragajiwa berkenan membantu siswa SMK Kesehatan Bima Nuansa Perkasa yang namanya tercantum di dalam lampiran surat ini untuk melaksanakan PRAKERIN di Instansi/Perusahaan yang Bapak pimpin selama 3 (tiga) bulan yaitu pada tanggal 29 Januari 2018 sampai dengan 29 April 2018.

Demikian surat permohonan izin praktek kerja industri ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Kepala Sekolah

Nama Kepala Sekolah


8. Contoh Surat Permohonan Menjadi Juri

Jika suatu instansi, lembaga, organisasi, atau komunitas mengadakan sebuah perlombaan, tentu akan membutuhkan juri yang kompeten dalam bidang perlombaan tersebut.

Karena tidak semua anggota organisasi tersebut memiliki kapabilitas sesuai dengan yang dibutuhkan maka biasanya organisasi tersebut akan mencari juri dari berbagai pihak lainnya yang dirasa kompeten.

Untuk itu diperlukan sebuah surat permohonan untuk menjadi juri yang ditujukan kepada perorangan atau perwakilan lembaga. Melalu surat ini permohonan yang dibuat akan terkesan lebih resmi dan sopan.

Di bawah ini terdapat salah satu contoh surat permohonan menjadi juri yang barangkali bisa membantu teman-teman sekalian:

PALANG MERAH REMAJA UNIT SMK KESEHATAN BIMA NUANSA PERKASA

Jalan Di Nuansa Perkasa No. 453 Kabupaten Ragajiwa Propinsi Indonesia x1x1x1x

 

Nomor : 01/ PMR/ SMK-KES/ BNP/ XII/ 2018

Lampiran : 1 berkas

Perihal : Permohonan Menjadi Juri

Kepada

Yth. Kakak Relawan Palang Merah Indonesia Kabupaten Ragajiwa

Di

Ragajiwa

 

Dengan Hormat,

Salam Satu Jiwa

Sehubungan dengan akan dilaksanakannya kegiatan Persembahan Gelar Lomba Palang Merah Remaja (PERGELOPAMERE) Palang Merah Remaja Unit SMK Kesehatan Bima Nuansa Perkasa Tingkat Madya dan Wira Se-Ragajiwa dan dalam rangka menciptakan perlombaan yang transparan serta berkualitas.

Maka dengan ini memohon kepada kakak relawan Palang Indonesia Kabupaten Ragajiwa untuk menjadi juri pada kegiatan tersebut. Adapun kegiatan akan dilaksanakan pada :

Hari/tanggal : Minggu, 02 Desember 2018

Pukul : 06.30 WIB s.d selesai

Tempat : SMK Kesehatan Bima Nuansa Perkasa

Demikian surat permohonan menjadi juri ini disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

                                                         Ragajiwa, 01 Desember 2018

Ketua Pelaksana                                                         Sekretaris Pelaksana

      Nama Ketua Pelaksana                                               Nama Sekretaris Pelaksana

Waka Kesiswaan                                                    Pembina PMR

Nama Waka Kesiswaan                                            Nama Pembina PMR

Mengetahui,

Kepala Sekolah

Nama Kepala Sekolah


9. Contoh Surat Permohonan Keikutsertaan Lomba

Kamu bingung dalam membuat surat permohonan keikutsertaan lomba? Oke, mari tenangkan diri terlebih dahulu.

Karena di bawah ini mimin sudah menyiapkan salah satu contoh surat permohonan keikutsertaan lomba bagi kamu yang bingung dalam membuatnya. Jadi yuk langsung saja kita simak bersama bagaimana contoh surat tersebut di bawah ini:

PALANG MERAH REMAJA UNIT SMK KESEHATAN BIMA NUANSA PERKASA

Jalan Di Nuansa Perkasa No. 453 Kabupaten Ragajiwa Propinsi Indonesia x1x1x1x

 

Nomor : 01/ PMR / SMK-KES / BNP/ XII/ 2018

Lampiran : 2 berkas

Perihal : Permohonan Keikutsertaan Lomba

Kepada

Yth. Kepala SMK Kesehatan Bima Nuansa Perkasa

Di

Ragajiwa

 

Dengan Hormat,

Menindaklanjuti Surat Undangan Panpel LOPETADA (Lomba Pertolongan Pertama dan Pembuatan Tandu Darurat) Palang Merah Remaja Tingkat Madya dan Wira Se-Ragajiwa SMK Negeri 3 Ragajiwa Nomor 007/Pan-LOPETADA/PMR/XII/2018 Perihal Undangan Perlombaan pada 12 Desember 2018, maka dengan ini Palang Merah Remaja Unit SMK Kesehatan Bima Nuansa Perkasa mengajukan permohonan untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Sebagai bahan pertimbangan dengan ini kami lampirkan

  1. Proposal Kegiatan Lomba
  2. Foto Latihan Siswa

Demikian surat permohonan keikutsertaan lomba ini disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

                                                                Ragajiwa, 01 Desember 2018

Ketua PMR                                                    Sekretaris PMR

Nama Ketua                                                  Nama Sekretaris

Mengetahui,

Waka Kesiswaan                                         Pembina PMR

Nama Waka Kesiswaan                             Nama Pembina PMR


10. Contoh Surat Peminjaman Lokasi

Apakah perlu meminjam sebuah lokasi melalui surat? Sebaiknya ya apalagi jika sudah berkaitan dengan sebuah instasi, organisasi, dan semacamnya.

Barangkali jika yang meminjam dan yang dipinjam adalah perorangan bisa saja hanya lewat lisan.

Tetapi jika salah satunya adalah suatu kelompok kolektif, perusahaan, lembaga, atau instansi tentu saja sebuah surat diperlukan.

Karena ini peminjaman dan bukan sewa, maka surat permohonan peminjaman lokasi ini sudah selayaknya dibuat.

Kalau di antara teman-teman masih ada yang bingung dalam membuat sebuah permohonan peminjaman lokasi untuk acara organisasimu, yuk deh coba simak salah satu contoh surat permohonan di bawah ini. Siapa tahu bisa membantu memudahkan:

YAYASAN BIMA NUANSA PERKASA

SMK KESEHATAN BIMA NUANSA PERKASA

TERAKREDITASI “A” (SANGAT BAIK)

NPSN : X7766ZZ Jalan Di Nuansa Perkasa No. 453 Kabupaten Ragajiwa Propinsi Indonesia x1x1x1x

Website : www.bimanuansa.sch.id email : [email protected]

Ragajiwa, 02 Desember 2018

Nomor : 420/ 01/ SMK-KES/ BNP/ XII/ 2018

Lampiran : 1 berkas

Perihal : Permohonan Peminjaman Lokasi

Kepada

Yth. Komandan Distrik Ragajiwa

Di

Ragajiwa

Dengan Hormat,

Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) adalah sebuah pelatihan tingkat dasar yang berkaitan erat dengan pelatihan kepemimpinan (Leadership). Tujuannya adalah untuk membentuk pribadi yang memiliki jiwa kepemimpinan serta mampu membentuk organisasi yang efektif, efisien dan membawa perubahan positif bagi organisasi.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka SMK Kesehatan Bima Nuansa Perkasa memohon peminjaman Lokasi Latihan Pendidikan Militer Komandan Distrik Ragajiwa pada  :

Hari/tanggal : Minggu, 13 Desember 2018

Pukul : 06.00 WIB s.d selesai

Jumlah Peserta : 164 Siswa

Demikianlah surat permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan bantuannya kami ucapkan terima kasih.

Mengetahui,

Kepala Sekolah

Nama Kepala Sekolah


11. Contoh surat Permohonan Menjadi Penguji

Sebuah skripsi tentu pada akhirnya harus diuji secara ilmiah melalui orang-orang yang memang kompeten dalam bidang tersebut.

Kita biasa menyebut seorang ahli tersebut dengan penguji. Dalam prosedurnya untuk mendapatkan persetujuan seorang penguji kita harus membuat sebuah surat permohonan menjadi penguji seperti contoh di bawah ini:

YAYASAN BIMA NUANSA PERKASA

SMK KESEHATAN BIMA NUANSA PERKASA

TERAKREDITASI “A” (SANGAT BAIK)

NPSN : X7766ZZ Jalan Di Nuansa Perkasa No. 453 Kabupaten Ragajiwa Propinsi Indonesia x1x1x1x

Website : www.bimanuansa.sch.id email : [email protected]

     Ragajiwa, 02 Desember 2018

Nomor : 420/ 01/ SMK-KES/ BNP/ XII/ 2018

Lampiran : 1 berkas

Perihal : Permohonan Penguji Eksternal

Kepada

Yth. Direktur RSUD Ragajiwa

Di

Ragajiwa

Dengan hormat,

Dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan SMK Kesehatan Bima Nuansa Perkasa yang terampil dan siap kerja serta mengacu pada Prosedur Operasional Standar Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) SMK Kesehatan Bina Marta Baturaja Program Keahlian Keperawatan Tahun Pelajaran 2017/2018 tentang penguji, bahwa penguji terdiri dari penguji Internal dan penguji Eksternal.

Terkait dengan hal tersebut maka kami mohon bantuan dan kerjasama bapak/ibu untuk berkenan menugaskan 2 (dua) orang staf / pegawai untuk menjadi penguji Eksternal Ujian Kompetensi Keahlian SMK Kesehatan Bima Nuansa Perkasa dengan persyaratan/kriteria sebagai berikut :

  1. Pendidikan minimal S1 Keperawatan Ners
  2. Berpengalaman bekerja minimal 2 (dua) tahun

Adapun Ujian Kompetensi Keahlian tersebut akan dilaksanakan pada :

Hari / Tanggal             : Senin – Kamis / 12 – 15 Desember 2018

Pukul                           : 08.00 WIB s/d selesai

Tempat                        : Ruang Laboratorium Keperawatan SMK Kesehatan Bima Nuansa Perkasa

Materi Ujian                : Pemeriksaan Tanda – Tanda Vital ( TTV / Vital Sign )

Demikian surat permohonan penguji eksternal ini kami sampaikan, atas kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

Baturaja, 02 Desember 2018

Kepala Sekolah

Nama Kepala Sekolah

 

Tembusan :

  1. Kepala Dinas Pendidikan Kab. OKU;
  2. Yayasan Bima Nuansa Perkasa;
  3. Arsip

12. Surat Permohonan Menjadi Narasumber

Para mahasiswa yang aktif dalam himpunan mahasiswa program studi (HMPS) atau organisasi lainnya tentu sangat familiar dengan surat permohonan menjadi narasumber.

Karena kelompok mahasiswa tersebut biasanya akan mengadakan sebuah seminar, diskusi publik, kuliah umum, dan acara semacamnya yang membutuhkan narasumber untuk dihadirkan dalam acara tersebut.

Karena memang acara tersebut mewakili sebuah organisasi maka segala bentuk komunikasi antar pihak termasuk juga dalam mencari narasumber harus melalui surat.

Surat permohonan menjadi narasumber ini harus diberikan kepada calon narasumber yang diharapkan meskipun calon narasumber tersebut adalah seseorang teman yang kita kenal.

Surat permohonan ini nantinya juga akan masuk dalam arsip organisasi tersebut. Berikut ini adalah salah satu contoh surat permohonan menjadi narasumber:

YAYASAN BIMA NUANSA PERKASA

SMK KESEHATAN BIMA NUANSA PERKASA

TERAKREDITASI “A” (SANGAT BAIK)

NPSN : X7766ZZ Jalan Di Nuansa Perkasa No. 453 Kabupaten Ragajiwa Propinsi Indonesia x1x1x1x

Website : www.bimanuansa.sch.id email : [email protected]

Ragajiwa, 02 Desember 2018

Nomor : 420/01/SMK-KES/BNP/XII/2018

Lampiran : 1 berkas

Perihal : Permohonan Narasumber

Kepada

Yth. Prof. DR. Siapa Saja

di

Ragajiwa

Dalam rangka meningkatkan mental, kemampuan dan keterampilan siswa SMK Kesehatan Bima Nuansa Perkasa tentang kemampuan berbicara didepan umum (Public Speaking) dan kepenulisan, maka akan diadakan pelatihan Public Speaking dan kepenulisan.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka dengan ini SMK Kesehatan Bima Nuansa Perkasa memohon kepada Bapak Prof. Dr. Siapa Saja untuk menjadi narasumber (Pemateri) pada kegiatan tersebut. Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal : Rabu 19 Desember  201

Pukul             : 08.30 – 13.00 WIB

Tempat           : SMK Kesehatan Bima Nuansa Perkasa

Materi             : Ayo Berani Bicara

Demikian surat Permohonan menjadi narasumber ini kami buat, atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih

Hormat kami

Kepala Sekolah

Nama Kepala Sekolah


13. Surat Permohonan Bantuan Sarana

Dalam tercapainya tujuan tertentu kita pasti membutuhkan sebuah sarana. Baik pendidikan, kesehatan, atau yang lainnya pasti mmebutuhkan sebuah sarana.

Namun sayangnya tidak semua lembaga atau instansi dapat menyedikan sarana seperti yang diharapkan dan direncanakan.

Tentu saja bisa karena berbagai hal terutama masalah keterbatasan biaya atau dana. Oleh karena itu biasanya sebuah lembaga akan meminta bantuan sarana kepada pihak yang lebih tinggi untuk bisa membantu menyediakan sarana yang diperlukan tersebut.

Permohonan bantuan tersebut harus dibuat melalui surat permohonan bantuan sarana seperti salah satu contoh di bawah ini:

YAYASAN BIMA NUANSA PERKASA

SMK KESEHATAN BIMA NUANSA PERKASA

TERAKREDITASI “A” (SANGAT BAIK)

NPSN : X7766ZZ Jalan Di Nuansa Perkasa No. 453 Kabupaten Ragajiwa Propinsi Indonesia x1x1x1x

Website : www.bimanuansa.sch.id email : [email protected]

Ragajiwa, 02 Desember 2018

Nomor : 420/ 01/ SMK-KES/ BNP/ XII/ 2018

Lampiran : 1 berkas

Perihal : Permohonan Bantuan Semen

Kepada

Yth. Direktur PT. Dyaja Raga Semen Sentosa

Di

Ragajiwa

Dengan Hormat,

Dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas peserta didik SMK Kesehatan Bima Nuansa Perkasa adalah dengan cara memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan bakat serta minatnya, dan salah satu faktor pendukung adalah dengan cara memberikan sarana dan prasarana yang memadai.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka dengan ini kami mengajukan permohonan bantuan semen untuk pembangunan lapangan olahraga.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut kami lampirkan :

  1. Proposal
  2. Profil Sekolah
  3. Rencana Pembangunan
  4. Foto Gedung
  5. Foto Kegiatan Olahraga Siswa

Demikian proposal permohonan bantuan ini kami sampaikan, atas perhatian dan bantuan bapak/ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Kepala Sekolah

Nama Kepala Sekolah


14. Surat Permohonan Ujian Kompetensi

Di bawah ini terdapat salah satu contoh surat permohonan ujian kompetensi yang bisa dijadikan referensi untuk teman-teman yang membutuhkan:

YAYASAN BIMA NUANSA PERKASA

SMK KESEHATAN BIMA NUANSA PERKASA

TERAKREDITASI “A” (SANGAT BAIK)

NPSN : X7766ZZ Jalan Di Nuansa Perkasa No. 453 Kabupaten Ragajiwa Propinsi Indonesia x1x1x1x

Website : www.bimanuansa.sch.id email : [email protected]

  Ragajiwa, 02 Desember 2018

Nomor : 420/ 01/ SMK-KES/ BNP/ XII/ 2018

Lampiran : 1 berkas

Perihal : Permohonan Ujian Kompetensi

Kepada

Yth. Lembaga Sertifikasi Profesi

Di

Ragajiwa

Dengan hormat,

Dengan ini kami mengajukan kerjasama kepada Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Ragajiwa untuk :

  1. Melaksanakan Uji Sertifikasi Kompetensi (USK) bagi peserta didik dan lulusan di sekolah kami yang telah memenuhi persyaratan sebagaimana tercantum di skema sertifikasi Lembaga Sertifikasi Profesi Ragajiwa.
  2. Pembentukan Tempat Uji Kompetensi (TUK) di tempat sekolah kami.

Bersama ini pula kami lampirkan :

  • Daftar calon peserta Uji Sertifikasi Kompetensi (USK) ;
  • Daftar Panitia Ujian / Panitia TUK yang telah ditetapkan ;
  • Surat pernyataan kesediaan untuk diverifikasi ;

Demikian Surat Pengajuan Kerjasama kami sampaikan untuk bisa ditindaklanjuti, dan atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Kepala Sekolah

Nama Kepala Sekolah


15. Contoh Surat Permohonan Bantuan Pengadaan Ruang Kelas Baru

Sebuah lembaga pendidikan tentu selalu melakukan evaluasi dan terus berusaha melakukan perbaikan demi tercapainya tujuan pendidikan yang diinginkan.

Oleh karena itu lembaga sekolah pasti akan selalu meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu hal yang mempengaruhi kualitas pembelajaran adalah ruang kelas.

Ruang kelas yang kondusif dan nyaman adalah hal yang seharusnya didapat oleh peserta didik di sekolah.

Tetapi karena sekali lagi keterbatasan yang ada, maka pihak sekolah harus meminta bantuan kepada pihak terkait untuk melakukan perbaikan atau juga pengadaan ruang kelas baru.

Untuk itu sebaiknya pihak sekolah menyiapkan surat permohonan bantuan ruang kelas baru seperti salah satu contoh surat permohonan di bawah ini:

YAYASAN BIMA NUANSA PERKASA

SMK KESEHATAN BIMA NUANSA PERKASA

TERAKREDITASI “A” (SANGAT BAIK”

NPSN : X7766ZZ Jalan Di Nuansa Perkasa No. 453 Kabupaten Ragajiwa Propinsi Indonesia x1x1x1x

Website : www.bimanuansa.sch.id email : [email protected]

Ragajiwa, 02 Desember 2018

Nomor                   : 420/ 01/ SMK-KES/ BNP/ XII/ 2018

Lampiran              : 1 (satu) berkas

Perihal                   : Permohonan Bantuan Pengadaan RKB

Dan Bantuan Rehabilitasi Ruang Kelas

Kepada

Yth. Dinas Pendidikan Propinsi Ragajiwa

Cq. Kepala Bidang SMK

di

Ragajiwa

Dengan hormat,

Permasalahan atas pendidikan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan. Salah satu faktor utamanya adalah sarana dan prasarana yang kurang dan tidak memadai.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka dengan ini kami mengajukan permohonan Bantuan Pengadaan Ruang Kelas Baru (RKB) dan Bantuan Rehabilitasi Ruang Kelas Tahun Anggaran 2018,

  1. Nama Sekolah                                  : SMK Kesehatan Bima Nuansa Perkasa
  2. Nomor Pokok Standar Nasional  :1x1x1x1x1x
  3. Alamat Sekolah                              : Jalan Di Nuansa Perkasa No. 453 Kabupaten Ragajiwa Propinsi Indonesia x1x1x1x

 

Adapun Data Usulan Pengadaan Ruang Kelas Baru dan Rehabilitasi adalah sebagai berikut :

  1. Pengadaan Bantuan RKB                               : 3 (tiga) lokal;
  2. Bantuan Rehabilitasi Ruang Kelas              : 2 (dua) lokal

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini kami lampirkan :

  1. Proposal Pengajuan Bantuan Pengadaan RKB.
  2. Profil Sekolah.
  3. PC Sertifikat Tanah/Akta Wakaf.
  4. Photocopy Lahan Siap Bangun.
  5. Photocopy Ruang Kelas Yang Akan Di Rehabilitasi.

Demikian permohonan ini kami sampaikan, atas segala perhatian dan terkabulnya bantuan yang diberikan kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Kepala Sekolah

Nama Kepala Sekolah


Demikianlah beberapa surat permohonan yang bisa mimin sajikan. Sebenarnya masih banyak contoh surat permohonan yang ada tetapi karena keterbatasan penulis, hanya sajian di atas lah yang bisa dinikmati teman-teman sekalian.

Mimin berharap semoga dengan beragam contoh dari Kumpulan Surat Permohonan Yang Baik Dan Benar ini maka sekarang teman-teman bisa membuat surat permohonan yang lebih sip dan mantap.

Atau setidaknya kalau memang teman-teman belum membutuhkan informasi ini semoga tulisan di atas akan bermanfaat suatu saat nanti.

Keyword: ontoh Surat Permohonan yang Baik dan Benar

Leave a Reply