3 Ucapan Semoga Lekas Sembuh Bahasa Arab Selain Syafakallah

Semoga lekas sembuh Bahasa Arab?

Sakit adalah hal yang sangat tidak diinginkan oleh setiap orang, kondisi yang ingin sekali kita semua hindari, sayangnya perkara sakit adalah musibah yang bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja, baik yang miskin atau kaya, yang baik atau buruk, dan lain sebagainya.

Memang kita harus melakukan usaha usaha yang bisa terhindar dari sakit seperti olahraga, makan makanan bergizi, sitirahat teratur, dan semacamnya.

Tetapi kembali lagi bahwa usaha tersebut bukanlah hasil akhir yang menjamin kita untuk senantiasa sehat, sebab kita tidak pernah tahu musibah akan datang.

Dan sakit merupakan musibah yang membutuhkan kesabaran besar, sebab sakit membuat seseorang menderita tiada tara.

Parahnya terkadang kesakitan fisik tersebut juga bisa menyebar kepada kesakitan psikis. Karenanya selain obat berdasarkan medis, orang sakit juga perlu obat psikis berbentuk perhatian, dukungan, dan motivasi.

Orang sakit yang merasa kesepian adalah orang yang paling tidak beruntung. Mengingat betapa pentingnya dukungan ini maka dalam Islam terdapat anjuran untuk menengok orang sakit.

Nah paling tidak kalau kita memang tidak bisa menjenguk seorang yang sakit karena suatu hal, berikanlah do atau ucapan semoga lekas sembuh yang mungkin dapat menghangatkan orang tersebut.

Pada kesempatan yang berbahagia ini penulis masih akan membahas seputar Bahasa Arab tepatnya yakni ucapan lekas sembuh Bahasa Arab.

Supaya suatu saat kamu bisa mengucapkan ucapan lekas sembuh dalam Bahasa Arab, yuk deh simak artikel ini sampai habis.

Ucapan Semoga Lekas Sembuh Bahasa Arab Panjang

3 Ucapan Semoga Lekas Sembuh Bahasa Arab Selain Syafakallah

salamadian.com

Pada umumnya ucapan semoga lekas sembuh dalam Bahasa Arab yang sering kita dengar adalah syafakallah (untuk laki-laki) atau syafakillah (untuk perempuan) yang artinya adalah semoga Allah menyembuhkanmu.

Ucapan termasuk adalah doa meskipun bukan merupakan doa yang terdapat dalam sebuah hadits atau ayat Al-quran. Ucapan itu merupakan kebiasaan seseorang ketika terdapat orang yang sakit.

Nah selain ucapan yang telah disebutkan di atas, kami juga mencoba mencari ucapan lain yang bisanya digunakan dalam percakapan Bahasa Arab. Berikut adalah bentuk ucapan tersebut:

Jika seorang yang sakit adalah laki-laki dan orang yang mengucapkan adalah jamak, maka:

Ucapan

Cara Baca

Artinya

نَتَمَنَّى لَكَ الشِّفَاءَ الْعَاجِلَ Natamannaa lakasy syifaa al ‘aajila Kami menanti kesembuhanmu (laki-laki) dengan segera)

Sedangkan jika seorang yang sakit adalah perempuan maka:

Ucapan

Cara Baca

Artinya

نَتَمَنَّى لَكِ الشِّفَاءَ الْعَاجِل Natamannaa lakisy syifaa al ‘aajila Kami menanti kesembuhanmu (prempuan) dengan segera)

Terdapat perubahan apabila yang mengucapkan hanyalah satu orang atau “aku” saja, maka huruf ﻥ pada awal kata (yang menyatakan kita/kami) diganti dengan ﺀ yang menyatakan makna saya/aku. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh ucapan berikut:

Ucapan Cara Baca

Artinya

أَتَمَنَّى لَكِ الشِّفَاءَ الْعَاجِلَ Atamannaa lakisy syifaa al ‘aajila Saya menanti kesembuhanmu (prempuan) dengan segera)
أَتَمَنَّى لَكَ الشِّفَاءَ الْعَاجِلَ Aatamannaa lakasy syifaa al ‘aajila Saya menanti kesembuhanmu (laki-laki) dengan segera)

Ucapan Lekas Sembuh Singkat

3 Ucapan Semoga Lekas Sembuh Bahasa Arab Selain Syafakallah

goodminds.id

Selain ucapan yang cukup panjang di atas, terdapat juga ucapan yang sangat pendek, yang tujuannya tentu mendoakan agar si sakit lekas sembuh.

Kata tersebut adalah سَلَامَاتٌ (salaamaat) yang artinya sama seperti salah satu kata di Indonesia yaitu “selamat/ keselamatan”. Hanya saja selamat di sini bukan untuk menunjukkan ucapan kegembiraan, tetapi lebih kepada semoga kamu cepat sehat selamat/sembuh dari penyakit.

Ucapan Semoga Lekas Sembuh Bahasa Arab Mesir

Kami akan memberikan satu lagi ucapan semoga lekas sembuh Bahasa Arab tetapi versi Mesir. Seperti yang kita tahu bahwa penduduk Mesir dalam kesehariannya juga menggunakan Bahasa Arab.

Terdapat salah satu ucapan yang sering orang Mesir katakan ketika sanak saudaranya, atau temannya sedang sakit yaitu أَلْفُ سَلَامَةٍ (alfu salaamah), yang artinya adalah ribuan keselamatan.

Meskipun secara jelas tidak menyebut semoga kamu lekas sembuh, tetapi ucapan alfu salamah tersebut merupakan ucapan yang penuh makna loh.

Penutup

Apakah beberapa ucapan dengan model berbeda tersebut bisa memperkaya atau menambah kosa kata Bahasa Arabmu?

Semoga dengan adanya ucapan ini kalian juga terinspirasi untuk membuat ucapan semoga lekas sembuh kepada kerabat, keluarga, atau kawan yang sedang sakit ya.

Kami berharap informasi pada artikel ini bisa bermanfaat, meskipun hanya sedikit terasa. Mungkin cukup sekian informasi yang bisa kami bagikan, kurang dan lebihnya kami ucapkan mohon maaf dan terima kasih.

Leave a Reply