14 Contoh Kata Kata Nasehat Orang Tua Untuk Anak

50 Contoh Kata Kata Nasehat Orang Tua Untuk Anak

Kata kata nasehat?

Pada kesempatan yang damai ini penulis akan membahas tentang pilihan kata kata nasehat terbaik menurut versi penulis.

Seperti yang kita tahu bahwa nasehat merupakan suatu anjuran yang berisi kata kata yang baik, dan berguna untuk kebaikan sang pendengar nasehat.

Ya nasihat diberikan oleh seseorang kepada orang lain agar orang tersebut dapat menjadi pribadi yang lebih baik. Memberi nasehat tidak hanya dilakukan oleh orang yang lebih tua kepada yang lebih muda saja.

Bisa saja sebaliknya, atau juga yang memiliki usia sama. Siapapun boleh menasihati siapapun. Catatannya seseorang harus tau kapan ia harus memberikannya.

Juga tahu bagaimana cara penyampaiannya. Kedua hal tersebut sangat penting, karena kalau waktu dan cara kita tidak tepat dalam memberikan nasehat, yang ada hanyalah kesia siaan belaka.

Apalagi kalau terkesan menggurui, terlebih orang tersebut adalah orang yang tidak kita mintai nasehat. Tentu mendapatkan nasehat akan sangat menjengkelkan.

Hal ini juga sesuatu yang seharusnya dipahami oleh orang tua, guru, dan tokoh lainnya. Sebaik baik pemberi nasehat adalah yang tidak menggurui sama sekali.

Karena nasehat tersebut akan lebih diterima dengan lapang dada tanpa ada keterpaksaan. Berikut adalah beberapa contoh kata kata nasehat yang bisa disimak bersama, semoga bermanfaat:


Kata Kata Nasehat Untuk Tentang Orangtua


Saat usaha dan doa sudah dilakukan tapi tidak merubah segalanya, itu bukan berarti gagal tapi Tuhan punya rencana lain yang sudah ditulis didalam skenarionya, dan kenapa kalian tidak mau berfikir untuk menjadi tokoh dalam skenario itu kemudian berusaha untuk merubah keadaan dengan usaha dan juga do’a, karena skenario Tuhan itu amat rahasia.

Tapi wajar jika kalian tidak sampai berfikir kearah itu, karena kata kata nasehat untuk anak yang orangtua kalian berikan hanya lewat di telinga kalian, kalian harus tahu bahwa hati itu akan buta apabila kehilangan nasehat, saat hati kalian buta apa tidak mungkinkah bahwa fikiran kalian juga akan ikut buta.

Usia manusia ada ditangan Sang Maha Pencipta dan tidak ada sekalipun yang mengetahuinya. Ya habiskan waktu kalian untuk membahagiakan orangtua kalian selagi masih ada kesempatan dan jangan pernah menundanya.

Tidak usah menunggu usia kalian menua dan kalian lebih mapan dari segi keuangan, kalian bisa membahagiakan orangtua kalian dari sekarang, selama mereka masih menghela udara.

Bahagiakan mereka dengan waktu dan tenaga yang kalian miliki. Kalian juga bisa membaca kata kata nasehat berikut ini, mungkin bisa membuat hati kalian lebih terbuka dan menyanyangi orangtua kalian .

  1. “Saat usiamu bertambah sikapmu pun berbeda, dan saat itu akan banyak orang yang keluar masuk dalam hidupmu karena perubahan dari sikapmu, tapi tidak dengan ibu seperti apapun kamu hanya satu yang tetap ada dalam hati mereka ”kamu anak ku”.

  2. Cinta orang tua kepada anak adalah cinta yang seharusnya diteladani. Ia banyak memberi tanpa harus meminta balasan.

  3. Harapan yang diingankan oleh orangtua pasti lah kebahagiaan seorang anak. Tetapi jika kamu memiliki konsep kebahagiaan yang berbeda kepada orang tua mu, ungkapkanlah dengan kata kata yang lembut. Sampai pada akhirnya orang tua mau menerima apa membahagiakan untukmu.

  4. Orang tua adalah seorang manusia ia bisa juga salah, karenanya ia harus terus menerus berbenah.

  5. Orang tua yang selalu merasa benar adalah orang tua yang gagal.

  6. Jika seorang anak merasa orang tua nya tak pernah memahaminya. Maka pikirkanlah apakah ia pernah memahami bagaimana perasaan orangtuanya. Jika ia ingin dipahami maka ia harus menjelaskan apa yang harus dipahami.

  7. Orang tua adalah tempat berlindung seorang anak. Jika sang anak sudah tak merasa aman lagi di sana maka kau harus belajar menjadi orang tua lagi.

  8. Kesalahpahaman antara seorang anak dan orangtua menjadi begitu lebar sebab tak ada yang mau menurunkan keegoisan kedua belah pihak.

  9. Seorang anak tak pernah sanggup membayar segala pengorbanan yang dilakukan orang tua secara tuntas. Maka setidaknya berkorbanlah sedikit agar tak membuat mereka menangis.

  10. Menjadi orang tua berarti menjadi pembelajar yang tak kenal lelah.


Kata Kata Nasehat Untuk Anak


Masih muda dan memiliki wawasan luas membuat kalian terkadang lupa, terkadang gemar berdebat dengan orangtua, ya kalian tiba tiba saja memiilki kebiasaan baru ini , bahkan terkadang kalian merasa pendapat kalian yang paling benar dan menganggap orangtua kalian sudah kuno. Segarkan kembali ingatan kalian bahwa kalian ada di dunia ini karena mereka.

Kalian sering menyebut orangtua kalian cerewet, bawel, hanya karena mereka sering memberikan kata kata nasihat untuk anak kepada kalian.

Tapi apakah kalian menyadari seberapa cerewet dan bawelnya kalian saat masa dimana kalian mulai belajar berbicara, kalian merengek minta ini itu, berkata sesuka kalian, begitu pula saat kalian marah kepada orangtua kalian.

Apakah kalian juga pernah mengingat dimana kalian sering membangunkan orangtua kalian dengan tangisan kalian di tengah malam, tapi apa yang orangtua kalian lakukan sedikitpun mereka tidak pernah marah atau menyebut kalian anak yang cerewet.

Saat orangtua kalian memberikan kalian nasihat dengan bermacam macam kata kata itu pun bukan tanpa tujuan , mereka selalu ingin anak anaknya menjadi lebih baik dari mereka.

Hadirnya kalian dalam kehidupan di dunia ini karena mereka, tapi nyatanya kalian sering melupakan hal itu, kalian berperilaku seolah olah sedang hidup sendiri tanpa orangtua menentukan sesuatu atas kehendak diri sendiri tanpa sedikitpun kalian berfikir adakah resiko dibelakangnya.

Memang diusia kalian yang sekarang ini kalian sudah berhak menentukan pilihan kalian sendiri, tapi ingatlah sejenak, kalian masih tanggung jawab orangtua kalian, saat kalian salah bukan hanya kalian yang akan disalahkan tapi orangtua kalian yang paling disalahkan, karena kalian ada karena mereka.

Di jaman yang semakin modern ini tak banyak anak yang mau mendengarkan nasihat dari orangtuanya, dan mngkin kalian para pembaca juga demikian.

Hanya sekedar mengingatkan, dimana bakti kalian kepada orangtua kalian, jika hanya untuk mendengarkan kata kata nasihat untuk anak dari orangtua kalian saja, kalian tidak bisa, sedangkan kalian sudah tahu bahwa apapun yang ada di dunia ini tidak akan pernah bisa untuk membalas apa yang telah orangtua kalian berikan.

Jika hanya dengan mendengarkan nasihat dari orang tua kalian akan membuat orangtua kalian bahagia kenapa kalian tidak bisa? Lalu dengan apa kalian akan membalasnya , jika hal kecil yang seharusnya kalian berikan untuk orangtua kalian saja kalian tidak bisa.

Keadaan ekonomi terkadang juga menjadikan kalian marah dan menuntut hak yang berlebihan kepada orangtua, kalian menjadikan keadaan ekonomi sebagai alasan atas kenakalan kalian.

Seharusnya kalian berfikir untuk merubah keadaan, bukan malah menjadikannya alasan untuk hal yang akan membuat hidup kalian lebih buruk.

Orangtua kalian sudah berjuang sekuat tenaga mereka dan mereka juga tidak pernah berhenti berdoa, tapi kalian juga harus ingat tuhan itu punya skenario cerita yang tidak diketahui oleh siapapun.

1. Saat hidupmu bahagia, ibumu tidak pernah memintamu untuk membagi kebahagiaan mu kepadanya, tapi saat kamu terluka ibumu selalu datang untuk menerima bagian dari luka mu

2. Saat semua orang menghina dan menjauhimu karena kekalahanmu, tapi saat itu ibumu tidak pernah menjauh atapun malu untuk tetap bersama mu

3. Saat kamu tidak mau menerima pendapat orangtuamu mereka hanya diam dan berdoa yang terbaik untuk mu, tapi saat mereka yang tidak bisa menerima pendapatmu kemarahan yang kamu berikan pada mereka

4. Orangtuamu tidak pernah ingin kamu menjadi seperti mereka tapi mereka ingin kamu menjadi lebih baik dari mereka

5. Ketulusan orangtua tidak akan dapat dinilai dengan apapun, bahkan mereka tidak pernah merasa rugi saat buah hati yang mereka jaga dari kecil pada akhirnya akan meninggalkan mereka dan hidup bersama orang lain

6. Keberhasilan itu bukan hanya saat kalan bisa mencapai apa yang kalian inginkan tapi saat kalian bisa melihat senyum orangtua kalian karena keinginan yang bisa kalian capai

7. Sepintar apapun kamu ibu tetap akan bilang “Jangan pernah berhenti mendengarkan nasehat” karena hati akan buta jika kehilangan nasehat

8. Mereka selalu mengatur mu, melarang mu dan juga mengawasi museperti boneka, tapi kamu harus tahu apa alasan mereka , karena hanya satu kamu adalah tanggung jawab terbesar mereka

9. Ketika semua orang menyalahkan mu akan ada satu orang yang berkata “Kamu tidak salah, hanya belum tepat” dan dia adalah orangtuamu

10. Bedanyaanak dan orangtua, saat anak salah maka orangtua yang akan disalahkan, tapi saat orangtua salah anak tidak akan pernah disalahkan

11. Hidupmu tidak akan pernah menjadi seperti yang sekarang kamu rasakan ini tanpa mereka

12. Kedua orangtuamu adalah malaikat yang selalu menyembunyikan sayapnya untuk melindungimu

13. Seberat apapun beban hidup ini, mereka tidak pernah menangis diadapan mu karena mereka ingin kamu selalu tersenyum bersama senyum palsu mereka

14. Mata batin keduamu adalah orangtuamu

KATA KATA NASEHAT TENTANG KEHIDUPAN

Selain nasehat untuk orang tua kepada anak, ada pula nasehat yang dibutuhkan setiap orang agar kehidupannya senantiasa menjadi lebih baik.

Nasehat ini bisa didapat dari mana atau siapa saja, seperti guru, ustadz, pendeta, orang tua, teman, atau dari buku yang dibaca, film yang ditonton, dan lain sebagainya.

Yang terpenting nasehat tersebut akan membuat kita bersemangat untuk menjalani kehidupan ini dengan energi yang positif.

Adapun di bawah ini terdapat kata kata nasehat tentang kehidupan yang barangkali bisa menjadi nasehat untuk para pembaca sekalian:

  1. Di dalam hidup tak ada kebahagiaan yang abadi, begitu pula dengan kesedihan.

  2. Di depan kekuasaan tak ada hasrat lain selain berkuasa. Maka berhati hati lah.

  3. Tak ada jabatan yang perlu dipertahankan mati matian – Gus Dur

  4. 4.Tak ada jalan pintas untuk meraih kesuksesan, kecuali dengan kerja keras.

  5. Di dunia ini kesedihan, kesulitan, kepedihan adalah hal pasti. Tetapi ingat masih ada kebahagiaan, keceriaan, dan kegembiraan yang juga menyertainya.

  6. Bahwa badai pasti berlalu, sebagaimana ujian hidup ini pasti bisa kita lalui.

  7. Pada kehidupan yang fana ini, kau tak perlu mempertahankan sesuatu dengan mati matian kecuali kemanusiaan.

  8. Perjuangan adalah hal yang tak terpisahkan dari kehidupan ini. Sebab itu berjuanglah!

  9. Karma itu pasti ada, meskipun tak akan langsung menimpamu. Jadi berhati hati lah dalam berperilaku.

  10. Kita hidup memang membutuhkan uang. Tetapi uang bukanlah segalanya dalam hidup.

KATA KATA NASEHAT ISLAMI

Nah kalau kamu membutuhkan sebuah nasehat yang menyejukkan hati, yang berasal dari ajaran agama Islam. Maka kamu harus menyimak contoh kumpulan kata kata di bawah ini.

Seperti yang kita tahu bahwa Islam adalah agama yang ajarannya menjadi pedoman untuk hidup bagi pemeluknya. Karena itu tentu di dalam ajaran Islam banyak sekali nasehat nasehat yang bisa menjadi pelajaran hidup.

Penasaran bagaimana kata kata nasehat islami tersebut? Yuk simak selengkapnya pada contoh di bawah ini. Semoga bisa menginspirasimu ya:

1. Kalo Al-Qur’an sudah anda jadikan mood booster setiap hari, siap-sipa addiced dengan Qur’an dan guyur syafaat berlimpah ruah.

2. Pertolongan Allah tak pernah terlambat, yang terlambat justru taubat dan kepatuhan kita pada-Nya.

3. Bahagialah ketika Allah menjawab doamu, namun banyak bersyukurlah ketika Allah menjadikanmu jawaban dari doa seseorang.

4. Jika Allah bisa memisahakn kita dengan orang yang tidak kita sangka bisa meninggalkan kita. Maka janga ragukan kemampuan-Nya untuk menyatukan kita dengan orang yang tidak kita sangka untuk bisa kita miliki.

5. Menikahi seseorang yang mencintai Allah akan menunjukkan mu lebih banyak hal tentang masa depan disbanding apa yang lau lihat dank au dengan sekarang.

6. Jangan silau denga keindahan dunia, karena semua itu hanya bersifat sementara. Jauhkan dari sifat iri sehingga tidak timbul terhadap penyakit hati.

7. Jangan sampai engkau sibuk melihat kepada dosa-dosa orang lain, sedangkan engkau lalai dengan dosa-dosamu sendiri.

8. Kebaikan itu mengunspirasi yang lain untuk berbuat baik.

9. Sesibuk apapun dirimu, jangan pernah melupakan Allah.

10. Teguran-Nya tanda cinta-Nya kepada hambanya, maka bersyukurlah.

11. Apabila kesulitan itu menimpa kita maka bergembiralah, karena rahmat Allah berupa kemudaha itu akan segera datang.

KATA KATA NASEHAT TENTANG CINTA

Kata orang hal yang sia sia adalah memberikan nasehat untuk orang yang sedang jatuh cinta. Hal ini karena orang yang jatuh cinta hatinya berbunga bunga dan dipenuhi dengan kegembiraan.

Ia pun tak dapat membedakan kopi pahit dan cokelat, karena semuanya akan terasa manis. Ia juga tak akan dapat menemukan cela atau keburukan dari orang yang dicintai tersebut.

Karena itu kumpulan kata kata di bawah ini ditujukan untuk siapapun yang sedang membutuhkan nasehat tentang cinta, terutama yang sedang patah hati karena cinta. Tanpa berbasa basi lagi mari lihat selengkapnya pada kumpulan kata kata berikut ini:

  1. 1.Kau tak perlu memperjuangkan cinta yang tidak mungkin kau raih.

  2. Jatuh cinta itu penuh resiko. Dan kalau tak siap menanggungnya maka kau akan terperosok dalam keterpurukan.

  3. Tak ada orang yang benar benar bisa merelakan orang yang dicintai bersanding dengan orang lain. Jadi jangan sok kuat.

  4. Perihal cinta, kita boleh menjadi lemah. Lalu bangkit menjadi lebih kuat lagi.

  5. Memaksa seseorang untuk mencintaimu adalah kesalahan yang fatal.

  6. Seorang yang menikah harus mempertahankan pernikahannya bukan karena hanya ada seorang anak, tetapi juga cinta yang di antara keduanya.

  7. Kita memang tak bisa memilih kepada siapa jatuh cinta. Tetapi kita bisa memilih pasangan hidup yang akan menemani hari hari kita.

  8. Tak ada yang benar benar mahir dalam cinta, maka belajarlah terus.

  9. Hidup begitu sia sia kalau banyak menangisi cinta yang tak terbalas.

  10. Cinta memang memunculkan tanda tanda. Tapi kita membutuhkan penjelasan kata kata.

NASEHAT UNTUK WANITA

Berikut adalah beberapa nasehat untuk seorang wanita agar ia menjadi lebih tangguh lagi. Agar ia lebih menghargai dirinya daripada siapapun. Dan agar ia mau memperjuangkan apa yang menjadi haknya:

1. Wanita jangan hanya handal menyerap perasaaan, tapi harus handal menyerap ilmu.

2. Jadilah sebaik-baik wanita agar kelak disandingkan dengan sebaik-baik lelaki.

3. Disaat kamu merubah tampilanmu dengan menutup autat, maka kamu juga harus bisa memperbaiki hatimu dan cara hidupmu ke arah yang lebih baik.

4. Bagaimana mungkin kamu menemukan cinta sejati sedang Allah tidak kamu nomor satukan dalam hatimu.

5. Dia diam bukan berarti tidak mencintaimu. Mungkin saja dia sedang berusaha untuk menjadi yang pantas meminangmu.

6. Pastikan bahwa teman kita adalah teman yang akan mengajak kita menuju surga.

7. Sibuk pacaran, sibuk jatuh cinta hingga lupa untuk ibadah dan membahagiakan orang tua.

8. Sayangi perempuan seperti seorang sahabat, lindungi perempuan seperti seorang adik dan hormati perempuan seperti seorang ibu.

9. Wanita sholihah itu tau bagaimana cara melakukan hobinya tanpa harus membuka aurat.

10. Tingkatkan rasa cintamu kepada Allah hingga kau akan lupa bahwa kau pernah menyukai seseorang yang ternyaa tida ada apa-apanya dengan segala kebaikan Allah kepadamu.

Penutup

Bagaimana kata kata nasehat di atas? Adakah kata kata yang menembus hati atau yang menggetarkan jiwamu? Bagaimanapun itu penulis berharap postingan ini bisa membawa manfaat untuk kita semua. Demikianlah beberapa kata kata nasehat tersebut. Semoga bermanfaat

Leave a Reply