10 Contoh Slogan Berbagai Aspek Beserta Penjelasannya

Ada banyak sekali kalimat menarik untuk membuat orang terpengaruh pada isi pesannya. Hal ini tentu saja penting dilakukan karena banyak orang bisa abai pada nilai-nilai tertentu yang sebenarnya penting karena kalimat yang dibuat tidak menarik.

Dari banyaknya kalimat-kalimat itu ada yang dijadikan slogan agar pesan yang disampaikan bisa lebih menarik dan mengena, bahkan sampai terngiang kuat dalam ingatan di kepala.

Tentu kita pernah mendengar tentang slogan dong ya, karena slogan ini sering sekali kita jumpai dalam berbagai aspek dari mulai politik, pendidikan, juga agama.

Selain itu slogan juga sering digunakan dalam iklan makanan, minuman, pakaian, dan lain sebagainya. Slogan ini sering digunakan karena memang bersifat peruasif.

Slogan biasanya berisi kalimat yang singkat tetapi unik dan menarik. Meskipun singkat tetapi informasi yang berisi ajakan tersebut penuh dengan makna dan mudah diingat.

Sehingga banyak instansi profit maupun non profit yang menggunakan slogan dalam mengajak masyarakat tentang sesuatu yang dikampanyekan.


Pengertian Slogan 


Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa slogan dapat diartikan dengan sebuah kalimat yang singkat, menarik, mencolok, serta mudah diingat oleh seseorang ketika membacanya atau mendengarnya.

Nah untuk itu kalau kamu ingin membuat sebuah slogan tidak perlu kalimat yang panjang lebar yaa. Yang terpenting kalimat tersebut menarik dan mudah diingat.

Jadi buatlah slogan dengan seunik mungkin dan gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh banyak orang.


Ciri-Ciri Slogan


Adapun ciri-ciri dari slogan yang harus diketahui bersama setidaknya ada tiga, di antaranya adalah sebagai berikut:

Terdiri dari beberapa kata namun menarik

Seperti yang telah disebutkan dala pengertian slogan bahwa ciri pertama slogan adalah terdiri daro beberapa kata saja tetapi mampu menarik perhatian pembacanya. Sehingga orang dengan mudah bisa mengingat dengan sekali membaca atau mendengarnya.

Menjelaskan suatu hal

Ciri yang kedua adalah bahwa slogan haruslah menjelaskan tentang suatu hal baik itu untuk layanan masyarakat atau menjelaskan suatu produk.

Menjadi semboyan sebuah organisasi atau masyarakat

Dan ciri terakhir adalah slogan menjadi semboyan bagi sebuah organisasi atau masyarakat. Dimana semboyan tersebut nantinya akan menjadi identitas dan pedoman bagi suatu organisasi.

Adapun jenis dan bentuk slogan terdiri dari beberapa, di antaranya adalah slogan kebersihan, slogan pendidikan, slogan kesehatan, dan slogan produk.

Dari semua jenis slogan tersebut memiliki tujuan yang sama yakni mengajak khalayak ramai untuk sesuai dengan yang ingin disampaikan dalam slogan.


Contoh Slogan Dan Maknanya


Terkadang jika kita hanya membaca teorinya saja tanpa melihat contohnya barangkali masih akan cukup membingungkan ya.

Begitu pula dengan penjelasan tentang slogan di atas. barangkali hal tersebut masih belum tergambar dengan jelas bagaimana sih sebenarnya bentuk slogan itu sendiri.

Oleh karena itu untuk lebih mengenal secara jelas bagaimana slogan itu, di bawah ini terdapat contoh-contoh slogan sekaligus makna yang bisa kamu cermati.

Contoh berikut ini sudah mimin rangkum dari berbagai sumber sehingga semoga bisa menjadi lebih sederhana yaa. Yuk langsung saja kita lihat bersama contoh slogan tersebut:

1. Contoh Slogan Lingkungan

10 Contoh Slogan Berbagai Aspek

thegorbalsla.com

Banyak sekali ajakan dari berbagai pihak untuk bisa bersama-sama menjaga lingkungan. Karena memang usaha menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat tidak bisa dilakukan oleh satu atau dua orang tetapi seluruh umat manusia yang tinggal di bumi ini.

Adapun contoh slogan yang biasa dipakai adalah sebagai berikut:

Hutan adalah paru-paru dunia mari selamatkan hutan dari keserakahan manuisa

Makna: Slogan Ini sering ditemui pada jalanan, iklan layanan, dan juga jadi semboyan komunitas peduli lingkungan.

Semakin maraknya pembakaran atau penebangan hutan yang terjadi di Indonesia maka slogan di atas barangkali bisa menjadi alarm bagi semua orang untuk terus menjaga hutan yang kita miliki bersama.

Karena seperti yang diketahui bahwa hutan adalah elemen penting yang harus ada demi keseimbangan dunia.

Di sana pula menjadi sumber juga kehidupan bagi sebagian orang. Dan bahkan hewan-hewan melangsungkan kehidupannya di hutan. Jadi menjaga hutan adalah menjaga keseimbangan hidup di dunia ini.

Menjaga alam, menjaga warisan adam dan hawa

Makna: seperti yang kita imani bagi kebanyakan orang yang beragama bahwa manusia bermula dari pertemuan kembali antara adam dan hawa.

Keduanya adalah nenek moyangnya manusia. merekalah manusia pertama yang menjaga alam raya ini.

Maka tak berlebihan jika kemudian dikatakan bahwa menjaga alam seperti menjaga warisan adam dan hawa.

Jangan membuang apapun di sungai selain kenangan

Makna: kalimat di atas cukup menarik bukan untuk dijadikan slogan. Sedikit puitis dan ngena di hati.

Kamu bisa menggunakan slogan ini untuk mengingatkan orang-orang untuk tidak membuang sampah di sungai.

Perlihatkan slogan tersebut di daerah sekitaran sungai. Karena memang pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang belum sadar betapa bahayanya membuang sampah di sungai.

Kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya ini perlu digaungkan terus menerus lewat berbagai hal salah satunya yaitu melalui slogan.

Mari hijaukan bumi kita

Makna: seperti yang diketahui slogan di atas merupakan ajakan bagi semua orang untuk senantiasa menjaga bumi agar kelak anak cucu kita masih bisa menikmati bumi yang baik-baik saja.

Supaya nanti anak cucu kita masih bisa menikmati air yang melimpah begitu juga dengan tanah, dan pepohonan. Jadi dengan kata lain menjaga bumi seperti menjaga anak cucu kita.

Ayo jaga bumi untuk anak cucu kita

Menanam pohon, menanam kehidupan

Makna: pohon adalah sumber kehidupan manusia, maka bisa dikatakan bahwa menanam pohon berarti menanam kehidupan.

Wariskan mata air, bukan air mata

Makna: slogan ini mngajak kita untuk menjaga segala hal yang ada di bumi ini dengan sebaik-baiknya sehingga kemudian keturunan kita bisa menikmati mata air yang menjadi sumber kehidupannya.

Dan bukan penderitaan akibat keserakahan manusia. kita berharap bahwa anak cucu kita tidak akan menumpahkan air matanya karena kekurangan air, pangan, oksigen, tanah, dan lain sebagainya.

2. Contoh slogan pendidikan

10 Contoh Slogan Berbagai Aspek

materi4belajar.blogspot.com

Unsur pendidikan juga menjadi perhatian banyak lembaga terutama negara. Karena negara bertugas untuk memenuhi hak setiap warga negara untuk mendapatkan pendidikan.

Di sisi lain setiap orang juga harus sadar tentang pentingnya pendidikan. Oleh karenanya diperlukan usaha bersama untuk membuat pendidikan menjadi pilar utama dalam kehidupan.

Salah satu usaha yang dilakukan yaitu membuat slogan-slogan yang berisi tentang pentingnya sebuah pendidikan, seperti contoh slogan berikut ini:

Setiap tempat adalah sekolah, dan setiap orang adalah guru

Makna: slogan tersebut terinspirasi dari kalimat yang diungkapkan oleh Ki Haja Dewantara. Ya menurut beliau setiap tempat adalah sekolah dan setiap orang adalah guru.

Jadi pada intinya kita harus belajar pada apapun, siapa pun, dan dimana pun kita berada. Dan sekolah bukan satu-satunya tempat untuk belajar.

Juga guru di sekolah bukan satu-satunya sumber pengetahuan kita. Tukang becak, tukang sapu, pedagang kaki lima, orang tua, adik, kakak, semuanya adalah guru bagi kita semua. Kita belajar kehidupan dari semua orang.

Tuntutlah ilmu sampai kau tak sanggup lagi

Makna: slogan ini ingin menunjukkan betapa pentingnya menuntut ilmu sebagai bekal untuk kita hidup di dunia ini.

Karena perkembangan ilmu tak pernah stagnan sehingga kita juga harus mengikutinya sepanjang waktu. Sampai pada akhirnya kita mati dan tak sanggup lagi mencari ilmu.

Mimpi hanya akan menjadi mimpi jika kau tidak membuatnya menjadi nyata

Makna: ya pada slogan di atas jelas menjelaskan bahwa mimpi tidaklah cukup untuk mewujudkan apa yang jadi keinginan kita. kita harus mewujudkannya lewat usaha-usaha nyata.

Ayo raih masa depan cerah melalui pendidikan karakter

Makna: pendidikan karakter menjadi isu yang diusung dalam kurikulum pendidikan Indonesia saat ini.

Karena pemerintah berharap bahwa nantinya setiap orang tidak hanya pintar secara intelektual saja tetapi juga memiliki atitude, dan karakter yang baik dalam menjalankan kehidupannya sebagai makhluk individu dan sosial, sebagai warga negara dan juga keluarga kecilnya.

Jika kau tidak sanggup menahan sakitnya belajar, kau harus sanggup menahan perihnya kebodohan

Makna: slogan ini juga dikutip dari ucapan seorang tokoh. Pada intinya slogan tersebut mengingatkan kepada kita bahwa belajar memang tidak selalu mudah.

Tetapi kita tidak boleh menyerah begitu saja karena hal ini akan membawa kita kepada kebodohan yang akan lebih menyengsarakan dari pada sakitnya belajar.

Mari belajar, supaya pintar!

Ilmu yang tidak diamalkan bagai pohon yang tidak berbuah

Makna: kalimat di atas merupakan sebuah kata mutiara yang bisa kamu jadikan sebagai slogan untuk ditempel di kelasmu.

Agar setiap orang selalu ingat bahwa ilmu yang didapat akan sia-sia jika tidak diamalkan dalam kehidupan sehari-hari atau juga tidak diajarkan kepada orang lain.

Ayo sekolah!

SMK bisa!

3. Contoh Slogan Kesehatan

10 Contoh Slogan Berbagai Aspek

materikelas.com

Selain pendidikan,kesehatan juga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan bersama. Selain negara menyediakan layanan kesehatan yang layak dan terjangkau, dari warna negara nya sendiri juga harus bisa menjaga kesehatan diri masing-masing.

Untuk itu diperlukan ajakan lewat slogan yang bisa dengan mudah diingat. Berikut adalah contoh slogan tentang kesehatan yang bisa kamu pelajari:

Sayangilah keluarga tercinta anda dengan makan makanan bergizi

Makna: slogan ini bisa kita temui di tempat-tempat layanan kesehatan atau juga toko-toko kesehatan.

Ya seperti yang diketahui bahwa makanan bergizi merupakan hal yang seharusnya kita makan dalam keseharian kita.

Salah satu kunci kesuksesan adalah menjaga kesehatan

Makna: kita semua sepakat bahwa kesehatan menjadi salah satu kunci kita untuk bisa bertahan hidup sampai hari ini sampai juga kita mencapai keberhasilan yang diinginkan.

Perangi demam berdarah dengan menjaga kebersihan lingkungan

Makna: slogan tersebut mengingatkan kita untuk menjaga kebersihan lingkungan karena dengan hal ini kita bisa mengurangi adanya resiko penyakit demam berdarah

Minum air putih 8 gelas per hari

Bersih pangkal sehat

4. Contoh Slogan Tentang Narkoba

10 Contoh Slogan Berbagai Aspek

webstagram.one

Hal yang saat ini sedang gencar dikampanyekan adalah jauhi narkoba. Berikut terdapat beberapa contoh slogan tentang narkoba yang sering dikampanyekan:

Jauhi narkoba sebelum ia membuatmu mati

Narkoba ada di sekitar anda, waspadalah!

Katakan tidak pada narkoba

Narkoba membuatmu hancur berkali-kali

Penuhilah aktivitasmu dengan hal positif

Narkoba hanya membuatmu menjadi pecundang

Narkoba untuk sesaat memang membuat seseorang lebih berani untuk melakukan suatu hal.

Tetapi kenyataannya keberanian itu tidak menunjukkan bahwa dirimu adalah pemberani dan sebaliknya kamu adalah pecundang yang takut menghadapi dunia dan berlindung dibalik narkoba.

Narkoba bukan solusi masalahmu

5. Contoh Slogan Tentang Minat Baca

Indonesia termasuk dalam beberapa negara yang masyarakatnya memiliki minat baca rendah, oleh karenanya banyak pihak yang menggalakkan masyarakat untuk membaca buku. Adapun contoh slogan untuk meningkatkan minat baca tersebut adalah:

Buku adalah jendela dunia

Membaca membuatmu gembira

Jangan tidur sebelum membaca, jangan mati sebelum menulis

Kalau kau ingin mengenal dunia membacalah, kalau kau ingin dikenal dunia maka menulislah

Membaca adalah menolak lupa

6. Contoh Slogan Global Warming

10 Contoh Slogan Berbagai Aspek

a ngalul.com

Global warming adalah masalah bersama yang harus di atasi oleh semua orang. Berbagai negara sedang berusaha mengurangi pemanasan global tersebut.

Banyak slogan bertebaran yang memuat tentang upaya-upaya yang harus dilakukan dalam rangka untuk mengurangi global warming. Adapun beberapa contoh slogannya adalah sebagai berikut:

Kurangi polusi udara dengan berjalan kaki

Bertindaklah sebagai dokter yang mengobati bumi

Selamatkan dunia dari sampah plastik

Lapisan ozon semakin menipis? hindari rumahmu dari pemakaian kaca berlebih

Bukan hanya manusia saja yang dicintai, bumi juga dong!

Manfaatkan sampah-sampah di sekitarmu menjadi barang berguna

7. Contoh Slogan Keagamaan

Untuk mengingatkan setiap umat yang beragama dalam melakukan kebaikan dapat dilakukan dengan banyak hal. Salah satunya yaitu dengan membuat slogan-slogan yang berisi ajakan untuk melakukan kebaikan. Berikut adalah beberapa contoh slogan tersebut:

Sudakah hari ini bersedekah?

Shalatlah anda sebelum dishalatkan

Hidup ini seperti pengembara yang berteduh kemudian melanjutkan perjalanannya kembali

Manusia menjaga nama baik Tuhan dengan menjaga nilai kemanusiaan yang diberikan oleh-Nya

Agama menuntunmu untuk hidup damai sejahtera meskipun dalam keberagaman

Senyum adalah sedekah

8. Contoh Slogan Motivasi

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap orang pernah berada pada titik lemah, untuk itu banyak kalimat-kalimat motivasi yang kemudian dijadikan slogan agar seseorang tidak mudah menyerah dalam menghadapi masalahnya. Contoh slogan tersebut dapat dilihat di bawah ini:

Ingatlah sesudah kesulitan ada kemudahan

Bekal menuju suksesmu adalah ilmu

Kamu boleh lelah, tapi jangan berputus asa

Bermimpilah setingi-tingginya dan wujudkanlah

Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda

Jika kamu jatuh,maka harus bangkit lagi

Jadilah dirimu sendiri

Berani beda itu baik

Jujur itu hebat

9. Contoh Slogan Produk Makanan

Slogan yang digunakan dalam produk makanan ini bertujuan untuk memberikan daya tarik agar pembaca dapat membeli produk tersebut. Di bawah ini terdapat beberapa contoh slogan produk makanan yang memiliki brand/merek terkenal:

Santai belum lengkap tanpa silverqueen

Mie sedap, jelas terasa sedapnya

Kopi goodday, karena hidup banyak rasa

Aku dan kau, suka dancow

Susu saya susu bendera

McDonalds, I’m lovin’ it

KFC, jagonya ayam

10. Contoh Slogan Produk Minuman

Selain produk makanan, produk minuman juga memiliki slogan yang tak kalah menarik. Contohnya bisa dilihat dari slogan produk minuman yang terkenal di pasaran, di antaranya tertulis di bawah ini:

Apapun makanannya, minumnya teh botol sosro

Sprite, nyatanya nyegerin

CC1000, Healthy inside fresh outside

Teh Javanna, cita rasa teh Indonesia

Energen, minum makanan bergizi

Sayangi usumu, minum yakult tiap hari

Demikian beberapa contoh slogan yang digunakan dalam berbagai aspek. Semoga bisa menginspirasimu dalam membuat slogan yang menarik dan memberi pengaruh untuk banyak orang. Selamat berkreativitas!

Keyword: contoh slogan

Leave a Reply