50+ Pilihan Kata Kata Sabar Menghadapi Cobaan Hidup Menyentuh Hati

Kata kata sabar?

Sabar adalah suatu hal yang sangat mudah untuk diucapkan tetapi sangat sulit untuk dilakukan. Sabar membutuhkan hati yang begitu luas, tanpa pamrih, tanpa dendam, dan tanpa sifat-sifat negatif lainnya.

Sebenarnya mimin juga kurang paham yang dimaksud dengan kesabaran yang sesungguhnya itu seperti apa. Namun yang pada umumnya kita ketahui, sabar berarti melapangkan hati untuk segala sesuatu bahkan hal yang tidak menyenangkan sekalipun.

Kemudian adakah sabar itu terdapat batasan? sebab kalau tidak ada batasnya hampir mustahil manusia yang memiliki nafsu amarah tidak pernah sekalipun menggunakannya?. Wah kenapa mimin jadi melebar kemana-mana.

Oke kembali pada hal akan dibahas dalam artikel ini. Belajar untuk bisa sabar adalah pembelajaran seumur hidup. Tersebab itu untuk memulainya, barangkali kita bisa belajar dari hal sederhana seperti, membuat atau membaca kata-kata sabar.

Supaya kemudian kata-kata positif tentang sabar itu lambat laun tertanam di dalam hati dan pikiran kita. Paling tidak kita meyakini bahwa sabar bukanlah hal yang sia-sia. Untuk itu yuk langsung saja kita simak kumpulan kata-kata sabar berikut ini:

Kata Kata Sabar Islami

 

 

50+ Pilihan Kata Kata Sabar Menghadapi Cobaan Hidup Menyentuh Hati

karyapemuda.com

Setiap agama mengajarkan umatnya untuk mempunyai sikap sabar dalam menjalani kehidupannya tak terkecuali Agama Islam.

Di dalam dua pedoman agama Islam yakni Alquran dan haddits dalil tentang sabar disebutkan berulangkali. Entah itu mengenai anjuran, maupun keutamaan.

Salah satu dalil tersebut di antaranya termaktub dalam surat Albaqarah ayat 153 yang artinya “hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar.

Ayat di atas secara jelas menganjurkan atau memerintahkan orang-orang yang beriman untuk menjadikan sabar dan sholat sebagai penolong.

Dan sebenarnya masih banyak lagi dalil-dalil lainnya. Dengan kita mengimani ayat tentang sabar tersebut barangkali kemudian bisa menjadi landasan atau pacuan kita untuk bisa bersabar dalam menjalani hidup.

Selain itu cara sederhana yang bisa dilakukan untuk belajar sabar adalah dengan membaca atau mendengarkan kata kata positif tentang sabar seperti contoh di bawah ini:

“Bersabar adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan, karenanya Allah memberikan ganjaran yang setara”

“Jangan lah menyerah dari Rahmat Allah, sesungguhnya ujian ini adalah penempaan kepada diri kita supaya memiliki tingkat kesabaran yang lebih tinggi”

“Bersabar adalah cara kita untuk menyusun ulang strategi dalam pertempuran menghadapi ujian hidup”

Allah begitu menyayangi hambanya, sehingga diberikannya cobaan untuk meyakinkan bahwa dirinya (hambanya) adalah manusia yang tangguh”

“Bersabar bukanlah merasa tidak harus berbuat apa-apa, tetapi ia hanya menunggu waktu untuk melakukan sesuatu dengan tepat”

“Dan sungguh telah didustakan para Rasul sebelummu, maka mereka pun bersabar menghadapi pendustaan terhadap mereka dan mereka juga disakiti sampai tibalah pertolongan Kami.” (QS. Al An’aam [6]: 34).

Bukan hanya engkau saja yang diuji. Semua manusia di muka Bumi ini sedang diuji.

Engkau menimbang takdir Allah dengan kebodohanmu. Itulah sebabnya hatimu diliputi rasa kecewa dan duka cita.

Saat seorang hamba sabar dengan takdir-Nya, niscaya ia mendapatkan takdir yang lebih baik.

Masukan sabar itu hingga ke relung-relung hati, di setiap gerak-gerik perilaku, juga pada ucapan dari lisan.

Jangan jadikan sabar hanya sebagai hiasan atau kata-kata mutiara. Islam adalah iman dan amal. Amalkan nilai-nilai kesabaran, engkau pun pasti mendapatkan berkahnya.

Hancurnya perjuangan biasanya bukan karena besarnya rintangan, melainkan karena kecilnya ketabahan hati.

Risalah Islam merupakan ujian bagi manusia. Siapa yang menerimanya maka tidak ada rasa takut atau cemas. Siapapun yang menolaknya, ia pasti hidup dalam kegamangan.

Bersabarlah dengan kesabaran yang paling sempurna.

Hati yang menyadari bahwa di balik setiap takdir terkandung hikmah yang agung merupakan hati yang diberi cahaya hidayah.

Sesungguhnya Allah mengutus Nabi untuk mengujinya dan menguji manusia dengan dirinya.

Seorang ayah yang sabar, dapat memenangkan keluarga yang sakinah mawadah wa rahmah.

Seorang istri yang sabar, akan memenangkan keluarganya. Ia menciptakan keluarga yang teduh, bahagia, dan penuh kedamaian.

Golongan yang sedikit dapat mengalahkan golongan yang banyak lantaran tingkat kesabarannya.

Allah memerintahkan kita untuk berjuang, bukan untuk menang.

Ambil keputusan. Lalu berjuanglah sekuat tenaga.

Sahabat kemenangan adalah kesabaran.

Barang siapa mampu menaklukkan kesabaran, ia bisa menaklukkan yang lainnya.

Kadangkala yang kita butuhkan hanyalah mengikhlaskan sesuatu. Kemudian melihat apa yang terjadi saat kita ikhlas.

Ini bukan tentang menunggu; tetapi tentang pemahaman bahwa perjuangan memerlukan waktu untuk menemui kemenangan.

Allah bersumpah “Demi Waktu! ”

Apapun tujuanmu, perlu proses untuk mewujudkannya.

Lawan dari kesabaran adalah tergesa-gesa. Tidak ada manusia yang berhasil seandainya tergesa-gesa.

Kemenangan senantiasa bersama kesabaran.

Kata Kata Sabar Menghadapi Ujian Hidup

Sebagaimana penyebutannya, ujian hidup adalah tes untuk mengukur seberapa kuat keyakinan manusia untuk tetap hidup. Hidup ingin melihat sikap manusia ketika berada di titik terendah.

Apakah ia benar layak untuk naik level dalam kehidupan yang lebih baik. Manusia seperti dipermainkan oleh hidup. Tetapi sayangnya manusia juga tidak bisa menghindari ujian hidup.

Yang bisa dilakulan manusia hanyalah menghadapinya dan bersabar. Bersabar seperti meditasi, memberikan jeda agar diri semakin tenang menghadapi ujian tersebut.

Jadi ketika kamu menghadapi ujian hidup marilah setidaknya kita mengimani kata kata sabar berikut ini:

“Ujian hidup seperti ujian naik kelas, jika kita berhasil melaluinya maka kita akan naik level, jika tidak berarti kita masih harus banyak belajar tentang hidup. Dan untuk bisa melaluinya kesabaran adalah kunci utamanya”

“Jika kau tidak bisa bersabar dalam ujian hidupmu, maka kau tidak akan pernah belajar apapun dalam hidup”

“Pada setiap ujian hidup yang dilewati pasti akan ada perayaan megah yang telah dipersiapkan oleh alam, maka bersabarlah dan berusaha untuk melewatinya”

“Sabar dan Ujian itu ibarat air dan wadah jika wadah semakin besar maka air dapat tertampung”

“Hendaknya engkau bersabar, karena sabar adalah pengendalisegala urusan. Bagaimanapun juga engkau harus memilikinya selama engkau hidup di dunia. Karena sabar merupakan budi pekerti dan hiasan yang baik.”  (Imam Habib Abdullah Bin Alwi Haddad)

“Barang dia bersabar menghadapi masalah, tersenyum dalam menjalani cobaan serta ikhlas dalam bertwakal niscaya ia termasuk orang orang yang beruntung.”

“Sabar artinya bukan hanya tidak marah ketika di sakiti orang lain, sabar yang paling baik yaitu sabar dalam menjauhi maksiat.”

“Belum di katakan beriman seseorang jika belum datang kesusahan, ujian berupa musibah serta kemewahan dan seorang tersebut  bisa menjalaninya dengan sabar dan syukur.”

“Sabar meningkatkan kualitas diri ketika kamu menghadapi masalah.”

“Cobaan silih berganti, Ujian datang bertub-tubi hadapi dengan: Tawaqal, Sabar dan Istiqomah.”

“Barangsiapa dia bersabar dalam menghadapi kesulitan,maka akan diadakannya dua kemudahan setelahnya.”

“Aku menangis dengan air mata tapi tak ada yang peduli. Tapi ketika aku menangis dalam sujud, Allah memberiku kesabaran.”

“Aku akan bersabar, sampai kesabaran pun mencoba kesabaranku.” (Sayyidina Ali bin Abu Thalib)

“Tiga hal yang ada pada diri seorang yang sukses: Sabar, Senyum dan Sederhana”

“Solusi untuk setiap masalah ada di sabar dan Istighfar.”

“Kesabaran ada dua macam, sabar ketika ditimpa musibah merupakan perkara yang baik, dan yang lebih utama dari itu adalah sabar meninggalkan maksiat.”

“Cobaan dan kesulitan adalah penghapus dosa untuk para hamba-Nya yang sabar dan selalu berbaik sangka kepada Allah Yang Maha Pengasih.”

“Selamat sejahtera atasmu dengan sebab kesabaranmu, maka alangkah nikmatnya tempat kesudahan itu.” (QS Ar-rad : 24)

“Bersabar di atas ketetapan dan ketentuan Allah, maka ia tidak akan membenci ketetapan dan ketentuannya.”

“Bersabar dari perkara haram maka ia tidak mengerjakan perkara haram tersebut.”

“Bersabar di atas kewajiban Allah maka ia tidak mengabaikan kewajibannya.”

“Musibah yang sudah terjadi tidak bisa di hapus dengan kesedihan, namun itu bisa dihapus dengan kesabaran.”

Kata Bijak Tentang Sabar

50+ Pilihan Kata Kata Sabar Menghadapi Cobaan Hidup Menyentuh Hati

popbagus.com

Mungkin memang benar, dengan membaca kata kata bijak tentang sabar tidak akan mengubahmu menjadi seorang yang sabar.

Tetapi toh sekali lagi kita dipengaruhi oleh orang yang ditemui, kata kata yang dibaca, juga sesuatu yang kita tonton. Jadi tidak ada salahnya dong untuk kamu membaca kata kata bijak tentang kesabaran berikut ini.

Paling tidak dengan membaca kata kata tersebut seseorang menjadi yakin bahwa bersabar bukanlah perbuatan yang sia sia.

Bahwa bersabar adalah hal yang harus dilakukan meskipun sulit. Bahwa juga sabar bukanlah sikap yang utopis, sabar bisa dilakukan oleh orang-orang yang mau melakukannya. Untuk itu di bawah ini mimin sudah menyiapkan kata kata bijak tentang kesabaran:

Sabar itu indah, iya indah… terus indahnya kapan? Yah sabar aja, sabar terus. Dan sabar itu lebih cantik.

Kehidupan akan berkah bila dijalani dengan ikhlas, sabar, penuh rasa syukur dan tidak pernah mau merugikan orang lain.

Aku akan menjadi pribadi yang lebih sabar menghadapi kesulitan dan lebih ikhlas menerima perpisahan.

Awalnya pasti kecewa dan gak percaya atas keputusan babas, tapi yakinlah di kemudian hari kita bakal ngejalaninya dengan ikhlas dan sabar.

Adakalanya sebuah keputusan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan:) tapi dari situ kita belajar untuk ikhlas dan sabar.

Sejak kita menginginkan keindahan dan kebahagiaan hidup, jadikanlah sabar sebagai sahabat, dan ikhlas sebagai penguat langkah.

Sebelum lahir kita sudah mengenal sabar dan ikhlas, ketika ibu melewati masa mengandung dan melahirkan, saat ayah berjuang penuhi kebutuhan.

Menjadi sabar dan ikhlas memang tak mudah, tapi itu harus. Belajarlah untuk menerima arti kehilangan dan penantian.

Tuhan bantu aku untuk selalu bersyukur atas semua keadaan, sabar menjalani masalah dan ikhlas akan semua takdirmu.

Sabar dan ikhlas adalah kunci sukses menjalani segala cobaan yang tuhan beri, agar hati dan keyakinan kita tetap kuat bertahan.

Ujian itu didikan daripada Allah . Mengajar hati untuk sabar dan ikhlas. Bicara pada Allah untuk kita faham makna ridha tanpa ada batas.

Semoga tuhan mengaruniai sabar yang tak terbatas dan ikhlas yang tak bertepi untuk kita semua. Apapun rintangan dan cobaan akan. Lebih ringan.

Karena sabar itu menenangkan jiwa, ikhlas itu mendamaikan hati. Sabar dan ikhlas mengajarkan kita arti ‘memahami’.

Menjadi sabar dan ikhlas memang tak mudah, tapi itu harus. Belajarlah untuk menerima arti kehilangan dan penantian.

Hadapan itu selalu ada jika kita mau berusaha, seberatnya kita berusaha kita harus mampu melaluinya dengan ikhlas dan sabar.

Kata Kata Sabar Untuk Tidak Menyerah

Lelah dalam menghadapi pekerjaan, cobaan, serta keriuhan hidup lainnya boleh dan wajar-wajar saja. Yang berbahaya adalah ketika seseorang telah kehilangan harapan dan menyerah kepadanya.

Ketika seseorang menyerah begitu saja maka ia tidak akan pernah mencoba lagi dan menghilangkan kesempatannya untuk menjadi lebih baik lagi.

Dan yang lebih parahnya ketika seseorang menyerah pada hidup maka ia mencari berbagai cara untuk melenyapkan dirinya dari kehidupan di dunia ini.

Oleh karena itu sabar adalah salah satu kunci untuk tetap tangguh dan tidak menyerah seperti kata kata sabar berikut ini:

Bersabar adalah suatu pembelajaran terus menerus

Kesabaran adalah daya kendali terhebat bagi manusia.

Ketekunan ibarat lesatan anak panah yang langsung menghujam.

Tak ada yang dapat melawan ketekunan seseorang.

Godaan yang merongrong hawa nafsu adalah cara untuk menguatkan jiwa. Caranya ialah dengan meneguhkan hati.

Sabar lah ! Sebab ia adalah jalan untuk meraih kemuliaan.

Dengan kesabaran, kita terjaga dari kemaksiatan.

Menggapai hakikat sabar menjadikan seorang insan menjadi hamba yang sempurna.

Sabar itu pada pukulan pertama. Mereka yang sabar ketika musibah itu menimpa, dialah sesungguhnya yang sabar.

Tidak ada yang dapat menghancurkan kedamaian hati seorang mukmin.

Hati yang sabar dapat menumbuhkan kedamaian.

Berlakulah lemah lembut. Kelembutan ibarat air yang mengalir. Ia begitu tenang. Namun dapat menghancurkan batu yang keras.

Hati yang sabar ibarat telaga luas. Meskipun dilempari butiran garam, tidak akan mengubah kejernihan dan rasanya.

Sabarnya menahan hawa nafsu pasti dibalas dengan kelezatan hakiki.

Berbuatlah karena Allah, untuk Allah, dan tidak membagi ibadahmu kepada makhluk.

Pintu gerbang menuju hati yang sabar adalah keikhlasan.

Insan yang sabar laksana mutiara di dasar lautan. Ia amat mahal namun tersembunyi.

hanya saja, hati yang sabar didapatkan dari latihan sepanjang hayat.

Kesabaran itu ada dua. Kesabaran dalam melakukan kebaikan dan kesabaran menjauhi keburukan.

Kekuatan itulah yang menjadikan orang yang sabar memancarkan kharisma.

Dalam jiwa ini ada amuk badai hawa nafsu. Jika kamu sabar mengendalikannya, berarti kamu memiliki kekuatan.

Orang-orang yang berkharisma adalah orang yang sangat hebat dalam mengendalikan diri.

Kata Kata Sabar Menunggu

50+ Pilihan Kata Kata Sabar Menghadapi Cobaan Hidup Menyentuh Hati

karyapemuda.com

Ada yang bilang menunggu adalah pekerjaan paling menyebalkan di dunia ini. Iya dong, siapa sih yang merasa bahagia ketika menunggu sesuatu.

Menunggu adalah pekerjaan yang seolah bisa mengubah dimensi waktu lebih lama dari biasanya. Satu menit menunggu rasanya seperti satu jam telah berlalu sia sia.

Hal itu wajar saja karena ketika menunggu, seseorang harus mencari hal lain yang bisa dilakukan supaya bisa membunuh waktu.

Maka barangkali kalau kamu ingin belajar tentang sabar kamu harus mencoba melakukan pekerjaan menyebalkan itu yakni menunggu.

Berikut ini terdapat kata kata sabar yang bisa menguatkanmu ketika kamu menunggu sesuatu sehingga kamu bisa lebih sabar lagi hehe:

Aku yakin di balik semua kesedihan yang kurasakan ini pasti ada kebahagiaan yang telah menungguku di depan sana.

Jika aku menunggumu bahkan sampai terantuk-kantuk kesedihan, tandanya aku nggak mau mengakhiri percakapan manis kita.

Sesakit apapun kau akan menyakitiku, aku tetap masih mencitaimu dan tetap masih setia dengan ketulusan menunggumu di sini.

Dia yang selalu setia tulus menunggumu, lihatlah dengan kedua matamu; mata hati, mata cinta.

Terkadang seseorang yang kamu pikir takkan ingin berbicara denganmu ialah satu-satunya orang yang menunggumu berbicara padanya.

Hingga kini aku masih di sini setia menunggumu buat kembali.

Aku harap do’aku menghangatkanmu di sudut kota sana, membuatmu selalu ingat; masih ada yang menunggumu pelukanmu di sini.

Barangkali, bagaikan sebuah jam tangan yang mati. aku masih tetap menunggumu kembali, buat melanjutkan menulis sebuah puisi.

Jika aku tidak mencintaimu dengan ketulusan, mungkin aku takkan mungkin mampu menunggumu selama ini. Coba tolong kau mengerti.

Aju bukanlah yang terbaik, tetapi aku menunggumu. jika kamu mau tau,tolong peganglah tanganku dan bukakanlah hatimu.

Kamu kemana? Aku di sini menunggumu dengan  kerinduan.

Dan aku masih tetap di sini melewati semua yang terjadi. Aku menunggumu hanya aku yang selalu menunggumu.

Karena aku selalu menunggumu dan mengingatmu, jadi ketika kau mengahampiriku aku begitu bahagia.

Aku percaya suatu saat nanti aku akan merebut hatimu, meskipun harus menunggu sampai  kemampuan ini hilang, menunggumu lagi.

Berikan kenangan terindah buatnya ketika kau akan pergi darinya. Dari kenangan itulah dia akan selalu menunggumu.

Beribu hari aku telah menunggumu, jutaan lagu tercipta untukmu! Apakah kau akan terusan begini?

Aku selalu menunggumu, meskipun kau tak memintaku buat menunggu. Sedangkan aku begitu mengharapkanmu, meskipun kau abaikan begitu saja harap ini.

Sedetik menunggumu di sini, bagaikan seharian, berkali kulihat jam di tangan, demi mengulur waktu.

Aku ingin kamu tahu, aku di sini mengikuti permintaanmu buat menyuruhku pergi sebab menunggumu yang dulu kembali.

Aku lebih suka menunggu kau kembali dari pada menunggu kepergianmu.

Kata Kata Sabar Menghadapi Pacar

Apakah menghadapi kekasih juga butuh kesabaran? Jawabannya tentu jelas iya dong. Sekali lagi meskipun pacar adalah orang yang dicintai, dia bukanlah diri kita yang bisa diatur sesuai dengan keinginan kita.

Dia adalah individu lain yang mempunyai pribadi dan sikap yang berbeda dengan kita. Untuk itu agar dua individu berbeda bisa tetap bersama dan berjalan beriringan tentu butuh kelapangan hati atau kesabaran di antara keduanya.

Di bawah ini mimin akan menyajikan kata kata sabar yang cocok ketika kamu menghadapi sang pacar. Siapa tahu dengan kata kata berikut bisa menguatkanmu untuk setia dengan kesabaran:

Jatuh hati mengajarkan aku bagaimana memberanikan diri. Juga, bagaimana menjadi sabar saat kau tinggalkan sendiri.

Boy Candra

****

Aku mencintaimu dengan sadar dan akan terus mencintaimu dengan sabar.

Moammar Emka

****

Terkadang adakalanya orang sabar itu meninggalkan apa yang membuatnya sabar ketika semua pengorbanan, ketulusan kesetiaan, dan cinta tidak pernah dihargai lagi.

Indah Riyana

****

Cinta itu perang, yakni perang yang hebat dalam rohani manusia. Jika ia menang, akan didapati orang yang tulus, ikhlas, luas pikiran, sabar, dan tenang hati. Jika ia kalah, akan didapati orang yang putus asa, sesat, lemah hati, kecil perasaan dan bahkan kadang-kadang hilang kepercayaan pada diri sendiri.

Buya Hamka

****

Ada perbedaan yang sangat besar antara merelakan dengan ikhlas dan merelakan karena tidak memiliki pilihan. Seseorang yang mampu merelakan dengan ikhlas berarti bisa menerima semuanya dengan hati lapang, melepaskan tanpa penyesalan, dan yang terpenting, tidak berkubang dalam kesedihan.

Alexia Chen

****

Penutup

Demikianlah kata kata sabar yang bisa mimin sajikan pada artikel ini. Semoga dapat bermanfaat dan menambah hal positif yang tertanam di dalam pikiran para pembaca.

Juga semoga kita bisa bersabar sebagaimana mestinya. Dan ingat sabar sangat berbeda dengan pasrah ya, jadi jangan salah kaprah.

Leave a Reply