14 Makanan Tepat Untuk Menu Diet Sehat | Tips dan Program Diet

Diet sehat menjadi solusi bagi anda yang mengalami masalah berat badan dengan aman. Obesitas menjadi momok yang menakutkan bagi kebanyakan orang.

Kebanyakan orang rela melakukan berbagai cara untuk mengurangi berat badan yang berlebih. Cara-cara ekstrim umum dilakukan masyarakat demi mendapatkan tubuh ideal.

Namun kenyataannya berbagai diet yang menyiksa justru menimbulkan dampak yang buruk bagi kehatan.

Berikut akan diuraikan berbagai tips seputar diet sehat cepat dan alami.


Menu Diet Sehat


Menurunkan berat badan bukan berarti anda tidak makan sama sekali. Anda bisa tetap makan seperti biasa namun dengan pola tertentu dan lebih cermat memilih makanan.

Menu makan sehat ialah makanan yang mengandung vitamin, protein, serat dan rendah kalori. Jadi bagi anda yang ingin berdiet, jauhilah makanan sampah atau junkfood.

Berikut beberapa makanan tepat untuk anda yang sedang menjalani program diet sehat.

1. Air putih

Sudah bukan rahasia lagi air putih menjadi menu diet sehat paling mudah dan murah. Air putih membantu proses metabolisme dalam tubuh.

Delapan gelas perhari atau dua liter air cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh anda. Minum air putih sebelum makan membantu mengurangi nafsu makan anda.

2. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu sayur-sayuran yang kaya akan serat dapat membantu dalam proses pencernaan anda.

Lagi pula sayuran rendah kalori sehingga anda tak perlu takut makan sayuran dengan jumlah lebih banyak.

3. Asinan

Asinan ternyata sangat rendah kalori. Makanan ini menjadi camilan alternatif bagi anda yang sedang menjalani program diet sehat.

4. Tahu

Tahu merupakan makanan yang kaya akan protein dan serat. Penelitian menyebutkan bahwa wanita dengan berat badan berlebih akan makan malam lebih sedikit setelah makan tahu.

5. Gandum

Sudah umum diketahui masyarakat bahwa gandum memiliki kandungan serat yang banyak. Serat diketahui dapat mengenyangkan perut. Gandum dapat menggantikan nasi sebagai makanan utama yang rendah kalori.

Cara yang mudah untuk memperoleh gandum utuh di dalam program diet Anda ialah dengan roti gandum yang berkualitas, seperti Oroweat; Arnold; serta Brownberry yang tak mengandung lemak trans; tinggi fruktosa sirup jagung; serta mengandung banyak serat.

6. Apel

Berdasarkan sebuah penelitian, ditemukan suatu senyawa lilin yang ditemukan di kulit apel yang dapat membantu mengurangi obesitas.

Beberapa artis dunia menggunakan apel sebagai menu diet sehat mereka.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan serat dan protein yang dapat membantu dalam proses pencernaan dan dapat mengontrol gula darah dalam tubuh.

Selain itu mengkonsumsi kacang-kacangan membuat anda merasa kenyang lebih lama.

Salah satu kacang yang bagus adalah kacang Pistacio yang busa membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

Penelitian menunjukkan bahwa kacang Pistacio bisa membantu orang makan lebih sedikit serta kenyang lebih lama.

8. Alpukat

Alpukat mengandung lemak alami yang bermanfaat bagi tubuh. Lemak tak jenuh yang terkandung di dalamnya dapat menggantikan kebutuhan lemak yang dihasilkan nasi atau daging untuk kebutuhan lemak anda tiap harinya.

9. Jamur

Jamur baik sebagai pengganti daging dan praktis sebab rendah kalori serta lemak, dengan memberi beberapa mikronutrien.

Di dalam uji klinis yang dilakukan setahun, rata-rata orang yang mengkonsumsi jamur bisa turun sampai 3 kilogram dan menurunkan BMI.

10. Telur

Telur merupakan salah satu makanan paling bergizi, kaya akan protein serta antioksidan.

Penelitian menunjukkan dengan memulai hari sarapan dengan telur dapat mengurangi rasa lapar serta membantu kita mengurangi asupan kalori lebih dari 400 kalori selama sehari.

11. Blueberry

Menambahkan blueberry dalam diet Anda akan membuat cukup perubahan. Blueberry adalah buah yang rendah lemak serta sodium; mempunyai 80 kalori tiap cangkir; vitamin C dan polifenol yang baik bagi kesehatan.

12. Grapefruit

Mengkonsumsi setengah jeruk bali sebelum makan bisa menurunkan berat badan sampai setengah kilogram per-minggu.

Para peneliti di Scripps Clinic; San Diego; menemukan saat orang gemuk yang mengkonsumsi setengah jeruk bali sebelum makan, berat badan mereka turun 1,5 kilogram sebab membuat merasa kenyang lebih lama.

13. Buncis

Buncis adalah sumber protein yang baik dan kaya serat yang bisa membuat Anda merasa lebih kenyang lebih lama.

Disamping itu, buncis bisa dimanfaatkan sebagai makanan yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung serta diabetes tipe 2.

14. Jus Buah dan Sayur

Terapi jus buah dan sayur adalah salah satu cara menjaga kesehatan tubuh kita yang saat ini sudah menjadi tren di Indonesia.

Terapi jus buah dan sayur ini menjadi tren karena terapi ini adalah terapi alami yang tidak ada efek buruknya bagi tubuh kita.

Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, terapi jus buah dan sayur ini juga berguna untuk program diet.

Banyak cara yang dilakukan menjaga kesehatan tubuh dan juga melakukan diet, mulai dari cara yang paling murah hingga yang paling mahal.

Dari berbagai cara menjaga kesehatan tubuh dan diet, cara yang mahal sepertinya akan sangat manjur khasiatnya.

Tetapi pada kenyataannya, cara yang mahal pun belum tentu berhasil. Selain itu biasanya ada efek samping dari berbagai cara mahal ini.

Dengan pertimbangan itu, akhirnya banyak orang mencari cara lain bagaimana cara untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga melakukan program diet.

Setelah mengamati berbagai hal, akhirnya cara alami atau cara yang dulu dianggap kuno menjadi cara yang sangat efektif dan tidak memiliki efek buruk dalam menjaga kondisi kesehatan tubuh dan juga melakukan diet.

Salah satu cara efektif yang saat ini digandrungi masyarakat adalah terapi jus buah dan sayur.

Cara Terapi Jus Buah dan Sayur

Terapi jus buah dan sayur adalah salah satu cara menjaga kesehatan tubuh dan melakukan diet dengan cara alami dan biaya yang sangat murah.

Untuk melaksanakan terapi inipun sangatlah mudah dan dapat kita praktekkan sendiri di rumah.

Kita hanya memerlukan blender atau juicer dan juga aneka ragam buah dan sayur yang dapat disesuaikan dengan selera dalam melaksanakan terapi ini.

Tips Sebelum Memulai Terapi Jus Buah dan Sayur

Ada beberapa tips yang sebaiknya diketahui sebelum memulai terapi jus buah dan sayur ini, yaitu:

1. Pilihlah buah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. Untuk itu, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengetahui kondisi tubuh kita dan mempelajari kandungan gizi apa saja yang ada dalam buah-buah da sayur-sayuran. Dengan hal ini kita bisa memilih gizi apa yang diperlukan dalam tubuh kita.

2. Pilihlah buah dan sayur dalam kondisi yang segar. Kita harus mencuci buah dan sayur terlebih dahulu dengan menggunakan air yang mengalir agar kotoran yang menempel di buah da sayuran bisa hilang. Dan sebelum dimasukkan ke dalam blender, buah sebaiknya dipotong kecil-kecil.

3. Buah-buahan yang mengandung air dapat menyegarkan tubuh dan akan membuat kita semakin segar. Contoh buah yang mengandung air adalah semangka, melon. jeruk, mangga dan juga buah naga.

4. Jangan terlalu banyak mencampurkan gula di dalam jus buah atau sayuran kita. Jus buah yang mengandung gula yang sangat banyak tidak baik bagi tenggorokan dan saluran pencernaan.

5. Minumlah langsung jusnya sesaat setelah jus itu selesai dibuat. Jika menunggu agak lama, kandungan vitamin yang terdapat dalam buah akan rusak akibat cahaya maupun panas. Jika ini terjadi, maka khasiatnya tidak akan berlaku lagi.

6. Saat tepat mengonsumsi jus buah atau sayuran ini adalah di sela-sela waktu makan, atau juga bisa dilakukan setiap malam menjelang tidur.

Terapi jus buah dan sayur ini adalah salah satu cara efektif dalam menjaga kesehatan tubuh dan juga melakukan diet.

Dengan kekayaan alam yang dilimpahkan Tuhan kepada kita yaitu buah dan sayuran, menjaga kesehatan tidaklah harus mahal bukan?


Program Diet Sehat


Memiliki tubuh ideal pastinya menjadi idaman setiap orang, berbagai program diet sehat akan dilakukan bagi mereka yang memiliki berat badan lebih dari kata ideal.

Makanan manjadi faktor utama dalam program menurunkan berat badan. Berbagai makanan yang memiliki fungsi penurun berat badan menjadi menu makanan sehari-hari.

Namun tahukah anda bahwa beberapa bumbu masak juga memiliki efek yang baik untuk menurunkan berat badan?

Berikut kami sajikan bumbu masak yang baik untuk program diet sehat anda.

Akar Rimpang Untuk Program Diet Sehat Cepat Alami

  • Kunyit

Kunyit mungkin lebih mirip sebagai pewarna makanan alami daripada sebagai makanan penurun berat badan.

Tetapi dibalik warnanya yang kuning, kunyit memiliki kandungan curcumin yang banyak.

Curcumin akan membantu mendorong lemak berlebih keluar melalui saluran pembuangan. Selain itu kunyit juga mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas yang akan menyerang tubuh kita.

  • Jahe

Jika hawa dingin menyerang, kita biasa menggunakan minuman jahe sebagai penghangat badan. Jahe selain dapat menghangatkan badan, juga dapat membantu menyeimbangkan metabolisme tubuh kita.

Jahe juga dapat menekan nafsu makan sehingga kita dapat mengendalikan jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh.

  • Ginseng

Ginseng memiliki banyak manfaat diantaranya sebagai bumbu makanan untuk program diet sehat.

Teh ginseng membantu mengurangi kelelahan karena dapat menghemat glikogen dan mendorong tubuh menggunakan asam lemak sebagai energi.

Ginseng juga memilki manfaat lain diantaranya menurunkan kolesterol, meningkatkan energi serta menguragi stress.

Bumbu Masak Untuk Program Diet Sehat Tanpa Obat

  • Kayu manis

Selain sebagai penguat aroma masakan kayu manis ternyata juga dapat membantu program diet sehat anda. Kayu manis dapat membantu mengendalikan nafsu makan anda.

Hal ini baik bagi anda yang memiliki nafsu makan tinggi. Fungsi lainnya, kayu manis juga dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

  • Cabai

Cabai dengan sensasi pedasnya selalu lekat di lidah masyarakat Indonesia. Cabai kaya akan capcaisin yang bermanfaat meningkatkan metabolisme tubuh.

Zat ini juga membantu mambakar kalori dalam tubuh lebih banyak. Namun begitu cabai dapat meningkatkan produksi asam lambung, sehingga bagi penderita maag perlu dikonsultasikan dengan dokter.

  • Lada hitam

Lada hitam juga bermanfaat bagi program diet sehat anda. Lada hitam dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh kita. Piperin yang terkandung di dalamnya dapat menghambat pembentukan sel-sel lemak dalam tubuh.

Karena berfungsi mengurangi kadar lemak dalam darah, lada hitam juga baik untuk mencegah penyakit jantung koroner.


Program Diet Menurut Golongan Darah


Image Source: grid.id

Mengkonsumsi makanan yang tepat akan membantu seseorang tetap dalam berat badan yang ideal serta terpenuhi kebutuhan nutrisinya.

Salah satu konsep makan yang sesuai dengan kebutuhan ialah dengan menyesuaikan dengan jenis golongan darah.

Seorang penulis buku yang bernama Peter J. D’Adamo percaya bahwa golongan darah bisa mempengaruhi sistem pencernaan serta metabolisme tubuh, sehingga jika anda bisa tahu makanan yang baik dan buruk untuk tubuh anda, maka diet yang telah anda rencanakan akan jauh lebih sukses.

Selain itu D’Adamo juga mempercayai jika golongan darah juga menentukan kerentanan terhadap penyakit tertentu, dan juga olahraga tertentu juga memberikan hasil yang maksimal.

Namun tak sedikit orang yang menganggap pendapat D’Adamo ini cukup bukti, sebab tubuh manusia memang sangat kompleks begitu tuhan menciptakannya, dan belum pernah ada sebuah rumusan yang paten tentangnya.

Golongan darah O

Program diet yang tepat menurut golongan darah O, anda disarankan untuk membatasi asupan biji-bijian, kacang-kacangan serta roti.

Untuk olahraganya seperti angkat beban. Sedangkan makanan yang baik untuk golongan darah ini ialah daging tanpa lemak serta unggas dan ikan.

Golongan darah A

Untuk tipe golongan darah A, anda memiliki tipe golongan darah agraria yang merupakan warisan nenek moyang petani yang kurang suka berperang dan mapan. Sehingga makanan yang cocok ialah menu diet vegetarian.

Jenis diet ini merujuk pada protein nabati yang bisa diperoleh pada biji-bijian, sayuran organik. Untuk olahraganya pilih olahraga yang ringan saja seperti jalan sehat, hal ini akan membantu menurunkan berat badan anda.

Golongan darah B

Tipe golongan darah B. Tipe ini termasuk tipe golongan darah nomaden, yang mempunyai sistem pencernaan yang cukup toleran pada aneka makanan, anda bisa menyantap susu rendah lemak, dan daging, akan tetapi lebih baik hindari jagung, gandum dan juga lentil. Untuk olahraga cukup tidak berlebihan.

Golongan darah AB

Tipe golongan darah AB. Tipe golongan darah AB ini memiliki saluran pencernaan yang sensitif, jadi anda disarankan untuk menghindari ayam, daging sapi dan lebih condong pada menu seafood, susu dan tahu.

Untuk pilihan olahraga yang cocok untuk golongan darah AB ialah latihan yang menyenangkan yakni seperti mediasi dan yoga.

Menurut D’Adamo tidak semua program diet ini cocok untuk semua tubuh, sehingga ia lebih percaya pada diet dengan paduan golongan darah, dengan memberikan makanan yang tepat sesuai dengan golongan darah, bisa mencegah peradangan, penyakit kanker dan kembung.


Tips Program Diet Sehat dan Cepat


Image Source: toiimg.com

Anda kebingungan dengan berat badan yang berlebihan? Jangan khawatir, disini penulis akan berbagi cara menguruskan berat badan secara cepat dan sehat hanya untuk Anda.

Semua manusia pasti menginginkan bentuk tubuh yang ideal kan?

Nah, bagi Anda yang sudah terlanjur kelebihan berat badan, jangan khawatir, karena masih banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan.

Oke, dibawah ini adalah tips diet sehat dan cepat namun tidak menyiksa anda.

1. Makan sedikit tetapi teratur

Dalam program diet sehat anda harus menghindari untuk tidak makan sama sekali. Karena hal itu justru akan membawa dampak buruk bagi kesehatan.

Mengurangi porsi makan adalah solusi sehat untuk program diet anda.

Tips sehat menjalani diet ialah dengan makan teratur namun dengan porsi yang sedikit dan perlu diperhatikan juga kandungan nutrisi makanan anda.

2. Jangan terlalu banyak duduk

Bagi anda yang bekerja di kantor dan lebih sering duduk ada baiknya sesekali bergerak untuk merenggangkan otot.

Terlalu banyak duduk tidak akan banyak membantu membakar kalori tubuh anda.

3. Rutin berolahraga

Dengan melakukan olahraga secara teratur, maka Anda akan bisa membakar lemak jenuh di dalam tubuh Anda.

Selain itu, olahraga secara teratur juga akan membuat Anda merasa bugar bahkan menghindari Anda dari berbagai macam penyakit.

Olahraga paling baik dilakukan di pagi hari, karena saat pagi hari polusi udara masih sedikit.

4. Jangan lupa sarapan

Sarapan akan memberikan asupan nutrisi untuk beraktifitas anda hingga siang hari. Melupakan sarapan justru akan membuat anda ingin balas dendam ketika makan siang.

5. Tidur di Waktu yang Tepat

Tidak dapat dipungkiri lagi kalau dewasa ini, semakin banyak saja orang yang berkeliaran dan beraktivitas di malam hari terutama di daerah perkotaan.

Jika Anda senang melakukan kegiatan di malam hari, sebaiknya harus mulai dihentikan demi program diet Anda.

Karena jika Anda beraktivitas di malam hari, maka akan menimbulkan rasa lapar di malam hari. Nah, ngemil di malam hari adalah suatu pantangan bagi program diet Anda.

6. Mengatur Pola Makan Anda

Tentu saja ini merupakan salah satu tips kurus dengan cepat dan sehat. Dengan mengatur pola makan, maka Anda dapat mengontrol asupan lemak jenuh yang Anda konsumsi.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengatur pola makan Anda.

  • Minumlah air putih yang banyak setiap hari.
  • Variasikan menu diet Anda setiap hari.
  • Jangan lupa konsumsi buah-buahan setiap hari terutama buah kiwi dan buah apel.
  • Konsumsi juga sayur-sayuran setiap hari terutama sering-seringlah konsumsi brokoli.
  • Untuk protein hewani, yang terbaik bagi program diet Anda adalah ikan salmon.
  • Makanlah kacang-kacangan terutama kacang almond.
  • Umbi-umbian terutama ubi juga baik untuk diet Anda, sajikan ubi dengan cara dibakar sehingga rendah kolesterol.
  • Makan-makanan yang tinggi karbohidrat namun rendah kolesterol seperti gandum.
  • Kurangi mengonsumsi makanan yang manis-manis atau mengandung gula.

7. Hindari Penggunaan Gadget Secara Berlebihan

Mungkin banyak orang mempertanyakan apa hubungan antara gadget dengan diet. Bila Anda kecanduan gadget, bahkan setiap hari terus saja mengoprek gadget Anda, maka besar kemungkinan Anda akan melupakan olahraga teratur Anda.

Waktu tidur yang baik bagi Anda, bahkan yang paling buruk adalah Anda bisa melupakan program diet Anda sendiri.

Nah, itulah ulasan tips program diet sehat yang bisa kami rekomendasikan. Jika ada saran, kritik, atau tambahan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Keyword: Menu Diet Sehat

Leave a Reply