Panggilan Ibu Dalam Bahasa Arab Dan Anggota Keluarga Lainnya

Panggilan Ibu dalam Bahasa Arab- Bahasa Arab Ibu – Di Indonesia kita sering mendapati seorang anak yang memanggil ibunya dengan sebutan “Ummi”.

Istilah ini biasanya digunakan oleh keluarga yang notabene adalah keturunan Arab atau orang-orang religius dengan nafas Islam yang kental di keluarganya.

Hingga saat ini penggunaan istilah tersebut untuk memanggil Ibu banyak digunakan oleh kalangan masyarakat muslim di Indonesia.

Nah, taukah kamu asal muasalah kata “Ummi” sehingga diartikan sebagai Ibu dalam Bahasa Indonesia?

Panggilan Ibu Dalam Bahasa Arab

Panggilan Ibu Dalam Bahasa Arab Dan Anggota Keluarga Lainnya

popmama.com

Jadi, “Ummi” berasal dari kata “Ummun” dalam Bahasa Arab yang berarti seorang Ibu. Dalam Bahasa Arab kata benda tunggal umumya menggunakan dhammah tain atau bunyi “‘un” di akhir kata, oleh karena itu “Ummun” berarti bentuk tunggal dari Ibu.

Sementara itu, bentuk jamak dari ibu sendiri dalam Bahasa Arab adalah “Ummahātun” yang berarti Ibu-Ibu.

Jika istilah “ummun” dalam Bahasa Arab ditambah huruf ya’ mutakallim di akhir maka bunyinya akan berubah menjadi “Ummī” yang berarti ibuku.

Dari sinilah kemudian di masyarakat Indonesia, khususnya muslim, istilah “ummī” kemudian diserap menjadi panggilan “Ummi” yang biasa diucap seorang anak terhadap ibunya.

Bahkan fenomena yang terjadi di tengah masyarakat, panggilan ini meluas tidak hanya mencakup hubungan anak dan ibu secara biologis saja, tetapi juga digunakan untuk memanggil tokoh perempuan Islam yang mana statusnya sudah menikah dan memiliki anak.

Akan tetapi, panggilan “Ummi” yang merupakan Bahasa Arab “Ibu” terkadang disalahpahami oleh sebagian orang. Karena kurang pengetahuannya dalam Bahasa Arab, ada sebagian yang gagal paham dengan mengatakan bahwa panggilan “Ummi” yang digunakan tersebut bukanlah Bahasa Arab dari Ibu.

Sebab di al-Qur’an kosa kata yang mirip tetapi bermakna lain, yaitu “Ummiyyun” atau “al-Ummiy” yang berarti but baca dan tulis, yang mana seperti yang kita tahu juga bahwa istilah “ummiyyun” ini dipakai sebagai salah satu sifat Rasulullah SAW yang tidak bisa membaca dan menulis.

kata “al-Ummiy” dengan penulisan ( الأمّى ّ ) yang berarti buta huruf atau but abaca dan tulis yang dimaksudkan dalam pengertian ini yakni keadaan Nabi Muhammad sebelum menerima wahyu pertama surat Al-‘Alaq, yang belum mengenal sama sekali bacaan dan tulisan.

Allah lah yang mengaturnya agar Kaum Kafir mengimani bahwa al-Quran benar-benar diturunkan dari sisi Allah SWT dan bukanlah rekayasa / ciptaan Muhammad.

Maslahnya sebagian orang menilai bahwa asal kata Ummi yang dipakai masyarakat adalah “ummiyyun” yang berarti buta huruf tersebut, sehingga mereka tidak sepakat jika “ummi” digunakan untuk memanggil seorang Ibu.

Apalagi mereka mengetahui hal ini hanya karena ketika membaca al-Qur’an terjemah. Alhasil hal ini menimbulkan kesalahpahaman mereka. Padahal yang sebenarnya adalah “ummi” panggilan untuk ibu berasal dari kata “ummī” dalam Bahasa Arab yang berarti ibuku.

Hal ini menjadi dasar bahwa panggilan ibu dengan istilah “Ummi” memang benar dari Bahasa Arab yang kemudian diserap oleh masyarakat muslim. Penggunaan istilah ini biasanya menjadi identitas keislaman mereka karena Bahasa Arab sendiri erat kaitannya dengan agama Islam.

Panggilan Anggota Keluarga Lainnya Dalam Bahasa Arab

Nah, setelah mengetahui Bahasa Arab “Ibu” serta asal katanya dalam Bahasa Arab di atas, maka Anda bisa memahami dengan benar. Dengan begitu tidak bisa lagi menyalahkan atau membenarkan panggilan tersebut tanpa dasar yang jelas. Tidak lagi saling menyalahkan apalagi atas sesuatu yang belum tahu sampai ke asalnya.

Panggilan Ibu dalam Bahasa Arab membawa saya untuk memaparkan lebih lengkap tentang panggilan Bahasa Arab untuk anggota keluarga yang lain.

Bagi Anda yang senang atau tertarik belajar Bahasa Arab, hal ini bisa menjadi pengetahuan baru bagi Anda. Apalagi istilah-istilah atau berbagai kosa kata Bahasa Arab pada dasarnya sering kita temui, apalagi sebagai umat Islam yang sering membaca al-Qur’an yang mana memakai Bahasa Arab.

Untuk lebih jelasnyaya, di sini kami kami akan memaparkan apa saa panggilan Bahasa Arab untuk angota keluarga. Ingin tahu lebih lengkapnya? Yuk simak berbagai kosa kata yang berikut ini!

Suami : Bacaannya zauj Jamaknya azwaaj  Huruf Arabnya = زَوْجٌ ج أَزْوَاجٌ

Istri : Bacaannya zaujah Jamaknya zaujaat  Huruf Arabnya = زَوْجَةٌ ج زَوْجَاتٌ

Paman dari bapak : Bacaannya ‘amm Jamaknya a’maam  Huruf Arabnya = عَمٌّ ج أَعْمَامٌ

Bibi dari bapak : Bacaannya ‘ammah Jamaknya ‘ammaat  Huruf Arabnya = عَمَّةٌ ج عَمَّاتٌ

Bapak atau Ayah : Bacaannya abun Jamaknya aabaa Huruf Arabnya =  أَبٌ ج آبَاءٌ

Anak laki-laki : Bacaannya ibn Jamaknya abnaa Huruf Arabnya =  اِبْنٌ ج أَبْنَاءٌ

Sepupu laki-laki : Bacaannya ibnu ‘amm Jamaknya ibnu khool  Huruf Arabnya = اِبْنُ عَمٍّ اِبْنُ خَالٍ

Saudara laki-laki :Bacaannya akhun Jamaknya ikhwah  Huruf Arabnya = أَخٌ ج إِخْوَةٌ

Saudara perempuan :Bacaannyaukhtun Jamaknya akhowaat  Huruf Arabnya = أُخْتٌ ج أَخَوَاتٌ

Adik laki-laki :Bacaannya akhun shogiir Huruf Arabnya =  أَخٌ صَغِيْرٌ

Abang : Bacaannya akhun kabiir  Huruf Arabnya = أَخٌ كَبِيْرٌ

Adik perempuan :Bacaannya ukhtun shogiiroh  Huruf Arabnya = أُخْتٌ صَغِيْرَةُ

Kakak perempuan :Bacaannya ukhtun kabiiroh Huruf Arabnya = أُخْتٌ كَبِيْرَةٌ

Saudara kandung laki-laki :Bacaannya akhun syaqiiq  Huruf Arabnya = أَخٌ شَقِيْقٌ

Saudara kandung perempuan : Bacaannya ukhtun syaqiiqoh Huruf Arabnya =  أُخْتٌ شَقِيْقَةٌ

Saudara seibu : Bacaannya akhun/ ukhtun lil umm Huruf Arabnya =  أَخٌ أُخْتٌ لِلْأٌمِّ

Saudara seayah : Bacaannya akhun/ ukhtun lil ab  Huruf Arabnya = أَخٌ أُخْتٌ لِلْأَبِ

Ibu : Bacaannya ummun Jamaknya ummahaat  Huruf Arabnya = أُمٌّ ج أُمَّهَاتٌ

Anak perempuan : Bacaannya bintun Jamaknya banaat Huruf Arabnya =  بٍنْتٌ ج بَنَاتٌ

Sepupu perempuan : Bacaannya bintu ‘amm / bintu khool  Huruf Arabnya = بِنتُ عَمٍّ بِنْتُ خَالٍ

Kakek : Bacaannya jadd Jamaknya ajdaad Huruf Arabnya =  جَدٌّ ج أَجْدَادٌ

Nenek : Bacaannya jaddah Jamaknya jaddaat Huruf Arabnya =  جَدَّةٌ ج جَدَّاتٌ

Cucu laki-laki : Bacaannya hafiid Jamaknya ahfaad  Huruf Arabnya = حَفِيْدٌ ج أَحْفَادٌ

Cucu perempuan : Bacaannya hafiidah Huruf Arabnya =  حَفِيْدَةٌ

Mertua : Bacaannya ham Huruf Arabnya =  حَمٌ

Paman dari ibu : Bacaannya khool Jamaknya akhwaal Huruf Arabnya =  خَالٌ ج أَخْوَالٌ

Bibi dari ibu : Bacaannya khoolah Jamaknya khoolaat Huruf Arabnya =  خَالَةٌ ج خَالَاتٌ

Penutup

Itulah asal usul Bahasa Arab “Ibu” yang di Indonesia sering menggunakan kta “ummi” serta beberapa kosa kata panggilan Bahasa Arab untuk anggota keluarga.

Anda bisa mempelajari dan menghafalkannya sebagai pengetahuan baru. Dengan begitu Anda kan menambah kekayaan pengetahuan bahasa di dunia.

Apalagi sebagai umat Islam, bahasa Arab seharusnya menjadi bahasa yang sudah akrab di telinga kita, sebab dasar utama agama dan berbagai referensi keagamaan menggunakan bahasa Arab. Semoga apa yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat dan berguna untuk Anda.

Leave a Reply