Kata Tunjuk Dalam Bahasa Arab: Pengertian Dan Penjelasan Lengkap

Kata tunjuk dalam Bahasa Arab?

Kalau sebelumnya kami telah membahas tentang kata sifat dalam Bahasa Arab atau Na’at Wal Man’ut, pada kesempatan yang indah ini kami akan membahas tentang kata tunjuk dalam Bahasa Arab.

Seperti yang kita ketahui banyak perbedaan tata bahasa Indonesia dan Bahasa Arab, dan kita harus mengakuinya bahwa memang Bahasa Arab memiliki tingkat yang lebih kompleks.

Banyak sekali aturan tata bahasa yang itu tidak terdapat dalam bahasa Indonesia. Misalnya saja tentang aturan kata tunjuk ini.

Dalam bahasa indonesia kita tentu mengenal kata tunjuk ini, itu, di sana, di sini, dan lain sebagainya. Kata tunjuk tersebut berfungsi untuk menunjukkan sesuatu, dan digunakan dalam bentuk apapun baik berbentuk tunggal atau jamak, baik untuk laki-laki atau perempuan, tidak ada perbedaan.

Yang membedakannya hanya jauh dan dekat. Sedangkan dalam Bahasa Arab kata tunjuk ini memiliki aturan tersendiri. Setiap kata tunjuk memiliki bentuk yang berbeda beda tergantung pada bentuk dari kata.

Cukup rumit bukan? Tetapi tak perlu khawatir jika hanya dibayangkan saja barangkali memang terasa sulit, tetapi jika teman teman sudah mempelajarinya perlahan lahan semuanya jadi tercerahkan.

Meskipun harus memahaminya berulang kali, tak apa kunci dalam belajar adalah bersabar hehe. Dan untuk itu kami di sini akan membagikan penjelasan terkait kata tunjuk dalam Bahasa Arab yang semoga bisa membantu teman teman sekalian.

Pengertian Kata Tunjuk Dalam Bahasa Arab

Kata Tunjuk Dalam Bahasa Arab: Pengertian Dan Penjelasan Lengkap

bisanoeha.blogspot.com

Dalam Bahasa Arab, kata tunjuk disebut dengan isim isyaroh (اِسْم إِشَارَة) yang secara istilah dapat dimaknai sebagai kata tunjuk yang digunakan untuk menunjukkan sesuatu baik dalam jarak dekat ataupun jauh.

Dalam bahasa inggris isim isyaroh ini disebut dengan demonstrative pronoun. Nah aturan penggunaan kata tunjuk dalam bahasa inggris ini hampir mirip dengan kata tunjuk dalam Bahasa Arab, dimana aturan tersebut tidak ada di bahasa indonesia.

Jadi perlu diketahui bahwa penggunaan isim isyaroh ini tergantung pada beberapa hal seperti bentuk mudzakkar/muannats, dan juga bentuk tunggal, dobel, atau jamaknya. Untuk lebih jelasnya kita bisa langsung melihat penggunaan kata tunjuk tersebut pada penjelasan selanjutnya.

Pembagian Kata Tunjuk Dalam Bahasa Arab

Kata Tunjuk Dalam Bahasa Arab: Pengertian Dan Penjelasan Lengkap

qonita.com

اِسْمُ الْإِشَارَةِ لِلْقَرِيْبِ (Ismul Isyaarati Lil Qariib)

Merupakan kata tunjuk yang berfungsi untuk menunjukkan sesuatu yang berjarak dekat. Berikut adalah kata tunjuk yang termasuk dalam Ismul isyaaroti lil qoriib:

Mudzakkar/ Laki-Laki
Artinya Mufrad Ganda Jamak
Ini هذا هذانِ هؤلاء

Supaya lebih mudah dipahami oleh semuanya, kami juga telah menyediakan contoh kalimat kata tunjuk dekat untuk yang berbentuk mudzakkar di bawah ini:

Tunggal : “Ini guru (pria)”  هذا مدرس

Ganda : “Ini 2 guru (pria)”  هذان مدرسان

Jamak : “ini 3 guru (pria)” هؤُلَاءِ مدرسون

Muannats/ Perempuan
Artinya Mufrad Ganda Jamak
Ini هذه هاتانِ هؤُلَاءِ

Sedangkan untuk contoh kalimat yang berbentuk mu’annats juga tersedia di sini:

Tunggal : “Ini guru (Pr)” -> هذه مدرسة

Ganda : “Ini 2 guru (Pr)” ->  هاتانِ مدرستان

Jamak : “ini 3 guru (Pr)” – > هؤُلَاءِ مدرسات

اِسْمُ الْإِشَارَةِ لِلْبَعِيْدِ (Ismul Isyaaroti Lil Ba’iid)

Adalah kata tunjuk yang menunjukkan sesuatu yang jaraknya jauh. Berikut terdapat penjelasan mengenai kata tunjuk tersebut berdasarkan mudzakkar dan mu’annats:

Mudzakkar/ Laki-Laki
Artinya Mufrad Ganda Jamak
Itu ذلكَ ذانك أُولئكَ

Contoh kalimat:

Tunggal : “Itu guru (pria)”  ذلكَ مدرس

Ganda : “Itu 2 guru (pria)”  ذانك مدرسان

Jamak : “itu 3 guru (pria)” أُولئكَ مدرسون

Muannats/ Perempuan
Artinya Mufrad Ganda Jamak
Itu تِلْكَ تانِكَ أُولَئِكَ

Contoh kalimat:

Tunggal :  تِلْكَ  = itu

“Itu guru (Pr)”  تِلْكَ مدرسة

Ganda : تانِكَ = itu

“Itu 2 guru (Pr)”  تانِكَ مدرستان

Jamak : أُولَئِكَ = itu

“itu 3 guru (Pr)” أُولَئِكَ مدرسات

Penutup

Apakah penjelasan mengenai kata tunjuk di atas cukup mudah dipahami dan membuat teman teman menjadi tercerahkan?

Kami berharap demikian. Semoga apa yang telah disampaikan paling tidak menambah pengetahuan kita bersama.

Tentu masih ada kekurangan yang luput dari tulisan ini, tetapi semoga tidak sampai merusak inti dari materi yang diberikan.

Dan jika ada masukan dan tambahan yang bisa untuk dipelajari bersama dengan pembaca, silahkan tulis di kolom komentar ya, dan kami sangat berterima kasih untuk itu. Mungkin cukup sekian artikel yang bisa kami sajikan. sekali lagi semoga bermanfaat.

Leave a Reply