10+ Ucapan Khitanan Beserta Doa Walimatul Khitan

Ucapan Khitanan – Sunat atau dalam bahasa Arab disebut khitan merupakan salah satu wajib ain dalam islam yang harus dijalankan oleh setiap lelaki muslim.

Pada umumnya seseorang disunat ketika dirinya masih anak-anak, meskipun beberapa ada yang begitu lahir langsung disunat.

Terkadang juga di beberapa daerah terdapat tradisi-tradisi yang dilakukan setelah sunat. Di Indonesia sendiri khitan atau sunat biasanya disertai dengan perayaan atau syukuran baik sederhana atau mewah sebagai wujud syukur karena mampu menjalankan salah satu fardhu ain.

Tradisi perayaan atau syukuran itu sampai saat ini masih berlangsung, terkhusus di desa-desa. Terkadang juga ketika syukuran berlangsung para tetangga atau kerabat akan menyumbang untuk shohibul hajat. Atau kita sering mendengarnya dengan kata “kondangan”.

Ada hal lain sebenarnya yang bisa kita lakukan untuk turut berbahagia atas khitanan seseorang selain kondangan,yaitu memberi ucapan selamat.

Ucapan ini bisa diberikan kepada orang tua dari anak yang disunat. Hal ini tentu akan menunjukkan rasa sayang dan menghargai sebagai tetangga, kerabat, atau teman.


Ucapan Khitanan


Kalau kamu bingung membuat sebuah ucapan khitanan, berikut ini mimin siapkan ucapan khitanan yang dirangkum dari berbagai sumber:

Ucapan khitanan untuk anak yang dikhitan

10+ Ucapan Khitanan Beserta Doa Walimatul Khitan

e-islami.com

Selain kita bisa memberi ucapan kepada orang tuanya kita juga bisa langsung memberikan sebuah ucapan selamat khitanan kepada sang anak yang dikhitan.

Berikut adalah salah satu contoh ucapan khitanan untuk anak yang dikhitan, semoga bisa membantu teman-teman yang kesulitan dalam membuatnya:

“Semoga Allah menjadikan anak kami ini menjadi anak sholeh yang berguna bagi orang tua, agama dan bangsa, Amin Ya Rabbal Alamin”

“Selamat kepada adik paling bungsu atas prosesi sunatan nya, semoga menjadi anak yang berkah, diberikan kekuatan ilmu dalam menjalani hidup. Jadilah anak yang berbakti kepada kedua orangtua, cinta allah dan jangan lupa dengan keluarga”.

“Selamat khitanan ya nak, semoga allah sembuhkanlah sakit kami karena khitan ini, bayarkanlah utang-utang kami, wujudkanlah cita-cita kami, serta lapangkanlah rezeki kami, Semoga engkau menjadi anak yang baik, berbakti kepada orang tua, takut akan tuhan, dan kehadirannya bisa menjadi berkat bagi banyak orang. Aamiin”

“Sesungguhnya Khitan itu bisa menjadikan wajah mu lebih ceria dan menambah kebahagiaan dalam berkeluarga. Semoga dengan “bentuk baru”, kamu juga bisa lebih dewasa, lebih berbakti dan bermanfaat untuk keluarga, agama dan bangsa”

“Selamat berkhitan buat adinda tercinta. Semoga dengan ini menjadikan kamu lebih dewasa dalam bertindak dan berpikir. Jadilah anak yang sholeh, bisa membawa Umi dan Abi ke dalam Syurga-Nya. Menjadi berkah bagi keluarga, agama dan bangsa. Amin”

Ucapan khitanan Islami

10+ Ucapan Khitanan Beserta Doa Walimatul Khitan

isavecrew.com

Selain contoh ucapan di atas terdapat juga contoh ucapan khitanan yang islami. Islami artinya disini penuh dengan pengharapan-pengharapan baik kepada Allah SWT.

Kamu bisa loh mencobanya. Yuk langsung saja simak bagaimana contoh khitanan islami di bawah ini:

“Sempurnakanlah kebahagiaan adik kami ini dengan menjadikan khitan ini sebagai ibadah kepada-Mu, jadikan prosesi khitanan ini juga sebagai ajang mempererat tali silaturahmi dengan sanak keluarga”.

“Selamat khitanan bagi putra ayahanda dan bunda tercinta, semoga allah berkahi umur kamu, sehingga kamu menjadi anak yang berguna”.

“Semoga dengan khitanan ini allah berkahi umurmu, bersihkan hatimu, teguhkanlah imanmu, baikilah perangaimu, mudahlah rezekimu, dekatnya engkau dengan kebaikan serta jauhnya dari keburukan”.

“Sebagai salah satu peristiwa penting bagi seorang lelaki di waktu kecilnya menjelang baligh, hari ini anak kami telah di khitan semoga Allah menjadikan anak kami ini, anak sholeh yang berbakti kepada orang tua, Agama Bangsa dan Negara”

“Semoga lekas sembut setelah sunatan, ‘anak kami’ harus menuruti perintah bapak dan ibu dan mengeluh, patuhlah kepada guru disekolah, giat belajar dan jangan lupa rajin beribadah karena ibadah itu penting. salam dari tante dan om di jakarta”.

“Ya Rabb, semoga anak kami menjadi anak yang shaleh, senantiasa dalam lindunganMu, Bersih hatinya, sehat jasmininya, cerdas akalnya, santun perangainya, dan jadikanlah ia anak yang taat beribadah kepadamu, senantiasa menjaga shalatnya, mengamalkan alquran dan sunnah-sunnah rasulullah, berbakti kepada orang tua”,

“Jadikanlah dia penyejuk mata orang tuanya, bermanfaat bagi sesama, serta berkah di dunia dan akhirat. Atas nama bapak Reza kami mohon doa restu, semoga anak yang telah dikhitankan ini, benar-benar menjadi anak yang sholeh, taat kepada Allah, berbakti kepada kedua orang tuanya, berguna bagi nusa dan bangsa, amin.”

Doa walimatul khitan

10+ Ucapan Khitanan Beserta Doa Walimatul Khitan

ibumudabijak.com

Walimatul khitan merupakan perayaan yang dilakukan setelah anak atau seseorang dikhitan. Walimahan ini bukanlah sesuatu hal yang wajib.

Kita boleh melaksanakannya kalau kita mampu. Kalau tidak mampu ya sudah tidak perlu memaksakannya. Tetapi biasanya nih meskipun hal ini bukanlah hal yang wajib, tetapi karena telah menjadi sebuah tradisi yang mengakar banyak orang yang tetap menyelenggarakan walimatul khitan ini.

Bahkan terkadang malah sampai harus berhutang karena penyelenggaraan walimatul khitan ini sangat meriah dan mewah. Biasanya juga terdapat tradisi arak-arakan dan lain sebagainya.

Dimana semuanya tersebut memakan biaya yang cukup mahal. Mimin sarankan sih kalau memang ingin menyelenggarakan walimatul khitan, buatlah yang sesederhana mungkin yang sesuai dengan budget yang kita miliki.

Dan jangan lupa berdoalah ketika kamu menyelenggarakan walimatul khitan. Bagaimana doanya? Yuk langsung lihat saha doa berikut ini: 

اَللهم وَفِّقْنَا ِلاجْتِلاَبِ الْفَضَائِلِ وَجَنِّبْنَا مِنْ اِقْتِرَاحِ الرَّذَائِلِ. رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا اَعْذَارَنَا وَسَلِّمْ اُمُوْرَنَا وَصَحِّحْ مَخْتُوْنَنَا وَاقْضِ دُيُوْنَنَا وَبَلِّغْ اَمَالَنَا وَوَسِّعْ اَرْزَاقَنَا وَجُوْدِكَ يَاجَوَّادُ. اَللهم اِنَّا نَسْئَلُكَ السَّلاَمَ وَالْعَافِيَةَ عَلَيْنَا وَعَلَى الْحُجَّاجِ وَالْغُزَاةِ وَالْمُسَافِرِيْنَ مِنْ اُمَّةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَجْمَعِيْنَ فِيْ بَرِّكَ وَبَحْرِكَ اِنَّكَ عَلى مَا تَشَاءُ قَدِيْرٌ يَا نِعْمَ الْمَوْلى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ. سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Artinya:

Ya Allah, berikanlah kami pertolongan untuk memperoleh keutamaan-Mu, serta jauhkan kami dari perbuatan hina. Ya Allah, terimalah khitan kami, selamatkanlah urusan-urusan kami, sembuhkanlah sakit kami karena khitan ini, bayarkanlah utang-utang kami, wujudkanlah cita-cita kami, serta lapangkanlah rezeki kami, wahai Zat Yang Maha Memberi.

Ya Allah, semoga Engkau memberikan keselamatan kepada kami, orang-orang yang menunaikan ibadah haji, orang-orang yang berperang di jalan-Mu, serta kepada para musafir, yaitu umat Rasulullah Muhammad Sallallahu Alaihi Wasalam, baik yang ada di darat maupun di laut.

Sesungguhnya Engkau berkuasa atas apa yang Engkau kehendaki, wahai sebaik-baik majikan dan sebaik-baik penolong. Mahasuci Allah, Tuhan yang memiliki kesucian dan segala sifat rendah yang mereka (orang kafir) sematkan. Dan kesejahteraan bagi para utusan Allah. Segala puji hanya milik Allah, Tuhan Semesta Alam.

Ucapan khitanan yang ditujukan kepada orangtua sang anak

Kalau memang dirasa anak yang dikhitan terlalu kecil. Dan jika kita memberikannya sebuah ucapanpun dirinya tidak akan memahami betul.

Mending kamu berikan ucapan khitanan tersebut kepada orangtua si anak. Nah sedangkan kalau kamu bingung bagaimana membuatnya, mimin sudah menyiapkan contoh ucapan khitanan tersebut, yuk langsung saja kita lihat:

Sahabatku, tak terasa anakmu kini sudah dikhitan. Selamat yaa karena telah menjalan syariat islam. Semoga kelak anakmu tumbuh menjadi lelaki yang sholeh, yang bisa memimpin dirinya dan orang lain dengan bijaksana, serta bermanfaat untuk orang banyak . Aaamiin.

Selamaattt yaaa yuu, anakmu kini telah dikhitan. Berarti sudah harus nambah satu lagi nih hehe. Pokoknya selamat berbahagia. Aku doakan semoga hal baik selalu menyertai putra tercintamu dan kamu sekeluarga.

Sepertinya baru kemarin ya kamu menikah, eh tau tau sekarang anakmu sudah berani disunat. Hehe waktu memang berjalan begitu cepat. Semoga anakmu kelak jadi panutan bagi semua orang yaa neng. Selamat berbahagia


Demikianlah beberapa contoh ucapan khitanan yang bisa mimin sajikan. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua. Sekali lagi mari tunjukkan rasa saling menyayangi, peduli, menghargai kita sebagai seorang teman, saudara, kerabat, atau sahabat dengan memberikan ucapan khitanan kepada anak sekaligus keluarga yang bersangkutan.

Keyword: Ucapan Khitanan

Leave a Reply