25+ Ucapan Turut Berduka Cita Atas Kematian Seseorang

Ucapan turut berduka cita?

Sebuah musibah atau juga kematian adalah hal yang tidak akan pernah kita ketahui kapan datangnya. Ia merupa garis tuhan yang ditetapkan untuk diambil pelajaran oleh manusia.

Entah itu tentang kesabaran, keikhlasan, mengasihi, dan masih banyak lainnya. Salah satu bentuk menyayangi dan mengasihi (kepedulian) kita kepada setiap orang yang tertimpa musibah adalah dengan mengucapkan turut berduka cita serta mendoakan kebaikan kepadanya.

Ucapan turut berduka cita ini barangkali sederhana tetapi bisa saja memberi dampak yang besar bagi orang yang sedang tertimpa musibah. Misal saja pada kematian seseorang, ucapan tersebut bisa jadi sumber kekuatan keluarga yang berduka.

Dengan adanya ucapan tersebut keluarga akan merasa bahwa masih ada orang yang peduli , selain itu juga menunjukkan bahwa sang mayit adalah orang yang dicintai tidak hanya oleh keluarganya, karena banyak orang yang juga bersedih atas kepergiannya.

Berikut akan mimin sajikan beberapa contoh ucapan turut berduka cita yang sudah mimin rangkum dari berbagai sumber, siapa tahu akan berguna untuk teman-teman sekalian:

Ucapan Turut Berduka Cita Islami

25+ Ucapan Turut Berduka Cita Atas Kematian Seseorang

sumsel.tribunnews.com

Dalam agama islam memang terdapat anjuran sebuah kalimat yang diucapkan ketika diri sendiri atau orang lain tertimpa musibah.

Kalimat tersebut berisi sebuah penyerahan diri kepada sang pencipta bahwa segala sesuatunya akan kembali kepada Allah SWT. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ucapan turut berduka cita tersebut:

*Innalillahi wainna ilaihiraji’un

Turut berbela sungkawa atas tiadanya saudara kami yang sangat kami cintai dan rindukan. Semoga seluruh keluarga yang ditinggalkan selalu diberi ketabahan dan juga kesabaran, janganlah bersedih hingga berkelanjutan. Karena percayalah bahwa Allah akan senantiasa mempertemukan kita kembali dengannya.

*Innalillahi wainna ilaihiraji’un

Untuk segala sesuatu yang bernyawa, telah Allah berikan batas waktu kepadanya. Bersabarlah atas musibah yang menimpamu ini, karena apa yang Allah tetapkan pasti menjadi ketetapan terbaikNya. Allah juga pasti akan memberi hikmah atas semua kejadian yang melanda.

*Innalillahi wainna ilaihiraji’un

Tak kusangka waktu kepergianmu datang begitu cepat, selamat jalan wahai saudaraku tercinta. Aku selalu berdoa semoga Allah SWT selalu menerima seluruh amal kebaikanmu, dan semoga Allah SWT memilihkan tempat yang paling indah dan menyenangkan. Yaitu surgaMu, Amin Ya Rabbal Alamin.

*Innalillahi wainna ilaihiraji’un

Saya beserta keluarga mengucapkan turut berduka cinta yang sebesar-besarnya, atas meninggalnya sahabat dan saudara kami. Semoga seluruh amal ibadahnya di dunia diterima oleh Allah SWT. Serta seluruh keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran atas cobaan yang menimpa ini.

*Innalillahi wainna ilaihiraji’un

Kami atas nama Bapak dan Ibu dari SMA/SMK/MAN/SMP/MTs (sebutkan namanya), turut berbelasungkawa atas meninggalnya saudara/murid kami. Semoga semua amal dan perbuatan baiknya di dunia ini, bisa menjadi sebuah keberkahan bagi kita semua. Serta bisa menjadi sebuah wasilah untuk menikmati indahnya surga di atas sana.

*Innalillahi wainna ilaihiraji’un

Kami atas nama keluarga besar, mengucapkan turut berduka cita yang sebesar-besarnya atas cobaan yang menimpa keluarga (sebutkan namanya). Kami berharap Allah SWT akan selalu memberikan samudra kesabaran dan ketabahan pada keluarga yang ditinggalkan. Semoga sahabat kita tetap bersemayam di dalam hati keluarga yang ditinggalkan.

Ucapan Turut Berduka Cita Singkat

25+ Ucapan Turut Berduka Cita Atas Kematian Seseorang

caragigih.id

Sebuah ucapan yang menyentuh tidak serta merta harus disusun dengan kalimat-kalimat panjang. bisa juga sebuah ucapan seperti ucapan turut berduka cita dibuat dengan kalimat yang singkat saja, tetapi tetap bermakna dan memberi kekuatan kepada orang yang berduka.

Berikut adalah contoh ucapan turut berduka cita dengan kata-kata yang singkat:

*Saya turut berduka cita atas meninggalnya Ayahmu, semoga kamu dan keluarga mendapatkan ketabahan dari kejadian ini.

*Saya turut berduka cita atas kehilangan yang telah menimpamu hari ini.

*Saya turut berduka cita, sungguh tak ada yang bisa saya katakan lagi.

*Saya sangat berduka cita, kamu akan sangat saya rindukan.

*Kami selalu mendoakanmu di alam sana.

*Yang lalu biarlah berlalu, yang bisa kita lakukan sekarang adalah mendoakan dia yang telah pergi meninggalkan kita selama-lamanya.

*Semua ini adalah rencana baik Tuhan, dan kita harus menerima kepergiannya dengan ketabahan dan hati lapang.

Ucapan Turut Berduka Cita Untuk Sahabat

Sahabat sejati akan bisa merasakan apa yang dirasakan sahabatnya, baik itu kebahagiaan maupun kesedihan. Apalagi jika sahabat tersebut harus pergi meninggalkan dunia yang fana ini, tentu akan menjadi pukulan yang sangat besar.

Tetapi betapapun kesedihan kita jangan lupa bahwa ada keluarganya yang juga berduka, dan paling tidak kita bisa menghiburnya dengan sebuah ucapan belasungkawa seperti contoh ucapan di bawah ini:

*Tak terasa air mataku menetes di hari kepergianmu, sungguh aku sangat kehilanganmu, kamu adalah sahabat terbaikku di dunia. Selamat jalan sahabat semoga amal baikmu menjadi penerang di alam kuburmu.

*Kuhamparkan sajadah di hari ini untuk mendoakanmu sahabatku, semoga amal ibadahmu diterima oleh Allah dan semoga Allah menempatkanmu di surgaNya yang indah.

*Selamat jalan sahabat kupersembahkan doa ini untukmu, Ya Allah ampunilah dosa-dosaku dan juga dosa-dosa sahabatku. Ya Allah sayangilah aku dan juga sayangi sahabatku, ya Allah terangi dan luaskan alam kuburnya, dan tempatkan ia di tempatMu yang terindah wahai Maha Berbelas Kasihan.

*Dalam khusyuku, aku selalu berdoa semoga engkau selalu diterima disisiNya wahai sahabatku.

*Begitu cepat kau meninggalkanku sahabat, inilah senandung doaku untukmu. Semoga Allah SWT menerima semua amal ibadahmu, selamat jalan sahabat semoga seikat doa yang kusenandungkan ini bisa menjadi penerang kuburmu.

Ucapan Belasungkawa Yang Memotivasi

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa ucapan belasungkawa bisa jadi akan memberi semangat bagi orang yang berduka.

Jadi tidak ada salahnya jika kamu membuat ucapan turut berduka cita yang bisa memotivasi yang berduka untuk tegar, dan bangkit dari kesedihan. Berikut adalah beberapa contoh ucapan belasungkawa tersebut:

*Sebuah kesedihan yang sedang kita rasakan merupakan sebuah tanda bahwa kita sangat mencintainya. Jangan risau, kini dia sudah tenang dan damai bersama Sang Pencipta. Perpisahan ini hanya sementara, kita akan bertemu kembali dengannya di surga Allah kelak.

*Aku turut merasakan kesedihan yang engkau rasakan. Ingatlah bahwa semua ini adalah cobaan yang sedang dilimpahkan oleh Allah kepada hamba-Nya yang kuat. Tapi, kesedihan yang datang ini pasti memiliki makna dan percayalah bahwa Allah selalu memberikan jalan terbaik kepadamu.

*Percayalah semua cobaan yang Allah beri mengandung sebuah hikmah kehidupan. Kita boleh bersedih, tetapi kesedihan itu tak akan mengubah keadaan menjadi lebih baik dan tidak akan membuat ia yang telah meninggalkan kita kembali lagi.

*Sesungguhnya Allah memiliki hak untuk memberi dan mengambil sesuatu dari hamba-Nya. Segala sesuatu yang ada di dunia ini dibatasi oleh ajal. Semoga engkau diberikan kesabaran dan ketabahan atas kepergian almarhum. Doakanlah agar dapat dipertemukan kembali di surga kelak.

*Kehilangan seseorang memang membuat hati sangat terpukul, tetapi tak ada jalan yang lebih baik selain mengikhlaskannya. Jika kita ikhlas, maka almarhum akan lebih tenang di alam sana. Sesungguhnya kita semua milik Allah dan hanya kepada-Nya lah kita akan kembali berpulang.

Ucapan Belasungkawa Untuk Tetangga

25+ Ucapan Turut Berduka Cita Atas Kematian Seseorang

nmtchicago.org

Sudah menjadi kewajiban sesama tetangga saling tolong menolong. Terlebih jika terdapat salah satunya yang meninggal dunia.

Sudah barang tentu sang tetangga harus membantu yang berduka baik tenaga, pikiran, maupun uang jika mampu. Ia juga berkewajiban untuk menghibur yang berduka, salah satunya yakni dengan memberi ucapan turut berduka cita seperti di bawah ini:

*Segala sesuatu yang bernyawa akan Allah tetapkan batas waktunya, maka bersabarlah atas segala kejadian yang kini menimpamu. Percayalah pasti Allah telah menyelipkan hikmak dibalik rasa sedih dan duka.

*Turut berduka cita atas meninggalnnya (sebutkan namanya), semoga keluarga yang telah ditinggalkan diberi ketabahan.

*Saya turut berduka cita atas kepergian (sebutkan namanya), semoga ia diberikan tempat terbaik di sisi Allah. Semoga engkau dan keluarga yang kini telah ditinggalkan diberi kesabaran dalam menerima musibah ini. innallaha ma’ashobirin, percayalah sesungguhnya Allah selalu bersama dengan orang-orang yang sabar.

*Kami atas nama keluarga besar turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya (sebutkan namanya). Kami harap anda selalu bersabar dan selalu tabah dalam menghadapi kepergiannya. Ingatlah selalu ayat alquran yang berbunyi, kullu nafsin dzaiqotul maut. Semoga dengan mengingat ayat itu anda selalu merelakan kepergiannya.

*Kehilangan seseorang memang membuat hati sangat terpukul, tapi tidak ada jalan yang lebih baik selain mengikhlaskannya. Jika kita mengikhlaskannya maka ia akan lebih tenang di alam sana. Sesungguhnya kita semua hanyalah milik Allah dan hanya kepadaNya lah kita akan kembali berpulang.

*Sabar selalu saudaraku, aku tahu ini menjadi hal yang sangat berat bagimu dan seluruh keluargamu. Tapi janganlah berlarut-larutm, ingatlah apa yang selalu diucapkan Rasulullah yang isi pesannya yaitu sesungguhnya mayat itu disiksa karena tangisan dari keluarganya. Yang tidak bisa mengikhlaskan kepergiannya, maka ikhlaskanlah ia yang telah pergi.

*Saya turut bersedih atas kepergian (sebutkan namanya), bersedih karena kepergiannya boleh saja asalkan tidak berlebihan apalagi sampai meratapinya. Sesungguhnya Rasulullah SAW pernah bersabda, ada 4 sifat jahiliyah yang belum ditinggalkan diantaranya yaitu meratapi orang yang telah tiada.

*Tetesan air mata dari hati tidak akan pernah mampu mengembalikan seseorang yang telah pergi selama-lamanya. Tetaplah tegar sahabatku, anggaplah kepergian dia sebagai pengingat bahwa kita hanya manusia biasa yang juga akan menghadapi kematian. Jadi jalani hidup dengan keberanian dan ingatlah bahwa kita pun akan mengalami kematian.

*Kematian bukanlah akhir dari kehidupan, tapi kematian adalah awal dari hidup yang abadi. Mari kita usap air mata kita dari sekarang lalu kita halau semua sedih yang berlebihan

PENUTUP

Pada akhirnya tulisan ini harus diakhiri dengan suatu ingatan, bahwa sesama manusia harus saling menyayangi. Jika ada orang lain bersedih tunjukanlah empati mu dan bukan hanya sekedar simpati.

Begitupun sebaliknya jika orang lain berbahagia, maka ikutlah berbahagia bersamanya. Hanya orang-orang yang keji yang mau berbahagia sendiri sedang banyak orang di luar dirinya merasakan kesedihan yang amat dalam.

Maka pantaslah jika koruptor disebut dengan orang yang keji. Duh kok jadi sampai bawa-bawa koruptor ya, maafkan miimn pemirsah. Pokoknya intinya mari berduka cita atas musibah yang menimpa siapapun.

Leave a Reply