14 Contoh Pantun Cinta untuk Merayu Pacar/Kekasih | Romantis, Gombal dan Lucu

20+ Contoh Pantun Cinta untuk Merayu Pacar/Kekasih | Lucu & Romantis

Selain puisi, pantun juga sering digunakan oleh sebagian orang untuk mengungkapkan perasaannya.

Kumpulan pantun cinta romantis terbaik bisa Anda temukan pada buku-buku kumpulan pantun cinta yang banyak dijual di pasaran.

Bahkan Anda juga dapat dengan mudah menemukan pantun cinta di beberapa situs internet.

Berbeda dengan puisi cinta yang lebih banyak menggunakan kata-kata kiasan yang terkesan serius, pantun cinta biasanya terdiri dari kata-kata yang lebih ringan bahkan terkesan lucu.

Pantun cinta yang digunakan oleh anak muda saat ini biasanya berupa pantun modern yang tidak terikat oleh aturan-aturan seperti pada pantun-pantun lama.

Dengan begitu mereka bisa melakukan inovasi-inovasi yang semakin membuat pantun cinta tersebut lebih menarik.

Namun meski tidak terikat aturan puisi lama, kumpulan pantun cinta romantis terbaik tetap memiliki keteraturan rima seperti pantun pada umumnya.

Rima pada pantun biasanya dibuat dengan pola a b a b. Jika kalimat pertama berakhiran huruf vokal a dan kalimat kedua berakhiran huruf vokal i, maka kalimat ketiga dan keempat harus diakhiri dengan huruf vokal a dan i.

Dengan pantun cinta Anda tidak hanya bisa memperlihatkan sisi romantis yang Anda miliki, Anda juga bisa memperlihatkan sisi humoris kepada kekasih tercinta Anda.

Kebanyakan wanita memang menyukai pria yang memiliki sifat romantis dan humoris.

Dengan begitu hubungan percintaan akan semakin berwarna dan jauh dari kesan kaku atau membosankan Membuat pantun cinta memang tidak semudah yang dibayangkan, apalagi Anda ingin membuat pasangan Anda merasa senang dengan pantun cinta yang Anda buat bukan?

Oleh karena itu diperlukan pemilihan kata yang unik dan menarik. Jika Anda ingin merayu pasangan Anda dengan menggunakan pantun maka Anda bisa melihat beberapa kumpulan pantun cinta yang ada di bawah ini.


Contoh Pantun Cinta


Pantun cinta yang kami berikan adalah pantun cinta terbaik yang paling romantis. Kumpulan pantun cinta romantis terbaik yang diambil dari beberapa sumber internet berikut ini memuat beberapa pantun cinta yang dapat Anda gunakan untuk merayu pasangan Anda.


Contoh Pantun Cinta Romantis

Image Source: wattpad.com

Pantun biasanya terkenal karena jenakanya. Tetapi jenaka bukanlah satu-satunya jenis pantun loh.

Kamu bisa membuat pantun dengan berbagai suasana tidak hanya yang lucu-lucu saja. Misal kamu ingin membuat pantun cinta yang serius dan romantis.

Itu akan sah-sah saja. Barangkali dengan pantun cinta yang romantis tersebut kamu bisa melelehkan hati seseorang yang kamu cintai.

Karena beberapa orang memang menyukai sesuatu yang romantis. Walaupun pengertian romantis pada dasarnya berbeda-beda.

Tetapi kali ini mimin akan tetap mencoba menyajikan conoth pantun cinta yang romantis paling tidak untuk beberapa orang:

Jalan-jalan di akhir tahun
Beli baju dan sepatu kayu
Cintaku padamu bagaikan daun
Yang tak akan pernah layu

Burung elang burung cendrawasih
Makan biji di hutan berbatu
Percayalah duhai kekasih
Cintaku takkan pudar dimakan waktu

Bunga mawar wangi harumnya
Selain harum cantik rupanya
Susah senang selalu bersama
Itulah cinta yang yang sebenarnya

Ke surabaya naik kereta
Beli oleh oleh untuk si kodar
Cinta ini bukan sembarang cinta
Cintaku padamu tak kan pernah pudar

Buah jeruk buah semangka
Dibikin rujak enak rasanya
Semoga kita selalu bersama
Dalam suka maupun duka

Contoh Pantun Cinta Gombal

Image Source: polka.id

Gombal kalau dalam bahasa jawa artinya pakaian. Tapi yang mimin maksud gombal dalam artikel ini bukan itu loh ya.

Dalam hal ini gombal diartikan sebagai semacam rayuan cinta yang diberikan kepada seseorang lewat kata-kata.

Barangkali kalau kita merayu seseorang dengan mengatakan kamu cantik deh secara langsung dan tanpa embel-embel apapun akan terkesan picisan gitu ya.

Oleh karena itu supaya gombalan yang kamu buat menjadi sesuatu yang unik dan menyenangkan, boleh deh coba kamu membuat pantun yang berisi gombalan.

Kalau kamu belum terbiasa nih dan masih bingung bagaimana cara membuatnya, yuk simak contoh pantul cinta gombal berikut ini:

Ngejar itik sama si Anya
Neng cantik siapa yang punya?

Beli jamu ke Kota Malang
Belinnya naik kereta Jayabaya
Hanya kamu yang aku sayang
Teman hidupku selamanya

Ke kebun binatang liat kuda
Liat kuda sambil makan duku
Biar banyak wanita yang menggoda
Cinta dan sayangku hanya untukmu

Pagi-pagi minum jamu
Makan mie langsung di panci
Sungguh sungguh ku katakan padamu
Cintaku tulus dan suci

Berakit-rakit kehulu
Berenang-renang ketepian
Ayo kita ke penghulu
Dan bersanding di pelaminan

Beli kue cubit antrinya lama
Pergi ke salon sama pak supir
Meski kamu bukanlah yang pertama
Namun kamu adalah cinta terakhir

Contoh Pantun Cinta Lucu

Image Source: blibli.com

Pantun jenaka bisa dibuat dengan berbagai tema salah satunya adalah tema tentang cinta. Cinta itu tidak melulu diungkapkan dengan kata-kata yang puitis loh.

Tetapi juga bisa dengan kata-kata yang biasa saja tetapi unik dan lucu. Barangkali kalau kamu adalah tipe orang yang humoris kamu akan lebih menyukai pantun cinta yang lucu dibanding puisi cinta yang penuh dengan kata-kata berlebihan.

Dan meskipun bagi banyak orang menganggap sesuatu yang lucu itu tidak terlihat romantis dan serius, tetapi sekali lagi orang bisa mengartikan keromantisan dengan caranya masing-masing.

Pasti ada orang yang menganggap bahwa pantun cinta yang lucu itu romantis, ya kan. Nah kalau kamu adalah tipe orang yang senang dengan hal yang sudah disebutka di atas, kamu wajib simak contoh pantun cinta lucu di bawah ini:

Pagi-pagi makan bubur
Udah siang makan keripik
Semalaman aku tidak bisa tidur
Karena terbayang wajahmu yang cantik

Jalan-jalan ke pasar minggu
Beli tomat sama pepaya
Kalau kamu mau tahu
Aku ini lelaki setia

Ke Ciamis membeli roti
Diperjalanan ketemu di Ruri
Duhai engkau si jantung hati
Cantikmu bagaikan bidadari


Contoh Pantun Cinta Untuk PDKT


Kamu lagi PDKT, tapi merasa gugup, susah, bingung untuk cari bahan obrolan supaya si doi nyaman ngobrol sama kita.

Barangkali kamu harus mencoba melakukan banyak hal, misal salah satunya kamu memberikan pantun buat ngode-ngode si doi.

Siapa tahu melalui pantun perasaanmu bisa diterima si doi dengan mudah. Nah kalau kamu masih kebingungan juga cara buat pantunnya, boleh deh simak contoh pantun cinta untuk PDKT berikut ini:

Beri pangan cuma-Cuma

Menjamu tamu sambil bergadang

Dari awal pandangan pertama

Wajah indahmu selalu terbayang

 

Pagi-pagi beli jamu

Jangan lupa pake manisnya

Boleh kah aku mencintaimu

Walau aku apa adanya

 

Pergi kepasar beli jeruk

Jangan lupa bawa fulus

Wajahku memang buruk

Namun hatiku sangat tulus

 

Duduk dirumah sambil jualan

Yang dijual motor antik

Ini bukan sekedar gombalan

Wajahmu memang  cantik

 

Bikin kue pakai tepung ragi

Cari tepung maizena tidak ketemu

Tak perlu lagi kau ragu lagi

Aku akan selalu setia mendampimu

 

Bocah itu sangat lugu

Ayahnya orang ternama

Jika kau suruhku menunggu

Akan kutunggu Hingga 1000 purnama

 

Pagi-pagi gunting kuku

Di teras sambil minum jamu

Sudikah kamu mencintaiku

Seperti aku mencintaimu

 

Nunggu angkot di belokan

Naik angkot bertemu kamu

Ingin segera ku ungkapkan

Rasa cinta ini kepadamu


Pantun Cinta Untuk Perpisahan


Kita mengerti benar bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini. Semuanya akan meninggalkan dan ditinggalkan, semua akan hilang dan sirna.

Bahwa perpisahan adalah sebuah keniscayaan yang akan dialami oleh makhluk di dunia ini, entah itu karena pertengkaran, kebencian, cinta, dan bahkan kematian.

Ketika kita bertemu dengan seseorang seharusnya dari awal kita menyiapkan diri untuk sebuah perpisahannya.

Ya kita memang mengerti bahwa perpisahan itu pasti terjadi. Tetapi kita juga paham bahwa kita tidak akan sepenuhnya siap untuk berjumpa dengan perpisahan.

Karenanya kesedihan adalah hal wajar yang kamu rasakan ketika kamu bertemu dengan perpisahan. Kamu boleh mengungkapkan kesedihan itu lewat berbagai hal yang postifi, misal dengan membuat pantun seperti contoh di bawah ini:

Dari kesini ingin kesana

Lewat sawah penuh padi

pasti kita akan berjumpa

jangan menangis duhai tambatan hati

 

ayam putih seperti itik

sedap digoreng bagian dada

jika memang kamu yang terbaik

pasti cinta akan berjumpa

 

kuning-kuning lahan jagung

duanya gemulai bak rayuan

meski kita berpulang kampung

kelak pasti berujung pertemuan

 

air bersih sumur dalam ladang

sangat segar untuk mandi

apabila ada umur panjang

bisakah kita bertemu kembali

 

rumah bagus, baru sebuah tirai

rumahnya di jalan buah batu

meskipun kita kini bercerai

tapi tetap boleh bertemu

 

langit redup mulai petang

tenang besok ada pagi

jika umur cinta masih panjang

pasti kita akan bertemu kembali

 

pangeran tampan pergi resah

pulangnya sudah hari pagi

meski kita akan berpisah

pasti ada pertemuan lagi


Pantun Cinta Untuk Pacar


Ketika seseorang jatuh cinta maka dia berjanji pada dirinya sendiri untuk membuat kekasihnya selalu bahagia disampingnya.

Bahkan terkadang ia merasa sedih jika ada teman yang bisa membuatnya lebih tertawa kencang dibanding dengan dirimu.

Oleh karenanya di akan melakukan berbagai cara supaya dirimu dilingkup dengan kebahagiaan. Misalnya dengan memberikan sebuah hadiah atau kejutan di momen-momen spesial.

Atau juga memberikan perhatian lewat kata-kata. Sikap seperti itu tidak hanya membahagiakan pasangan loh tetapi juga bisa mempererat hubunganmu supaya lebih kuat.

Nah kalau kamu kehabisan ide untuk membuat sesuatu yang spesial untuk pacarmu. Barangkali dengan hal sederhana seperti memberikan pantun cinta untuk sang pacar bisa membuat hati pacarmu berbunga-bunga dan tambah sayang.

Di bawah ini terdapat pantun cinta yang bisa kamu jadikan rekomendasi loh ya:


Pantun Cinta Patah Hati


Jatuh cinta memang tidak hanya berisi dengan perasaan berbahagia dan berbunga-bunga saja loh, tetapi adakalanya juga muncul perasaan sedih, was-was, dan cemas.

Bahkan malah tidak sedikit loh orang yang patah hati karena cinta. Entah karena cinta bertepuk sebelah tangan, atau cinta dalam hati, atau memang ada yang sama-sama jatuh cinta tetapi keduanya akhirnya juga merasakan patah hati, dan masih banyak lagi.

Ada yang dunia percintaan itu rumit dan berkelit hehe. Tapi gak usah khawatir dengan adanya kegalauan dan kesedihan itu seseorang biasanya menjadi lebih kreatif dan akhirnya bisa menghasilkan karya.

Kalau kamu nih ingin membuat sebuah karya sederhana semacam pantun yang berisi patah hati boleh deh simak beberapa contoh di bawah ini. Barangkali bisa kamu jadi menemukan ide untuk membuat pantun yang serupa:

Meski usaha kadang purna jua

Hingga tak dapat merasa Berjaya

Mungkin dia bukan jodohnya

Sehingga pergi entah kemana

 

Duduk bersandar di malam sunyi

Indah sinar para bintang-bintang

Aku relakan engkau pergi

Meski diri masih merasa sayang

 

Bunga dahlia bunga matahari

Jangan dipetik ketika malam hari

Kemana lagi aku harus mencari

Kau pergi tanpa rasa peduli

 

Minum air di dalam gelas

Kalau panas , diminum nanti

Cintailah dia dengan ikhlas

Meski kamu selalu disakiti

 

Sangkar kuning si burung pipit

Yang buat ayah lala

Kalau tahu cinta itu sakit

Tak akan ku sentuh awal mula

 

Tanam biji, biji selasih

Tanamnya di samping ladang

Putus cinta jangan bersedih

Ingat dunia masih panjang

 

Buah mangga manis rasanya

Buat bekal untuk kuliah

Duhai engkau yang aku suka

Mengapa hilang buatku resah

 

Jangan suka makan ketimun

Apalagi jika getahnya belum hilang

Duduk manis dengan melamun

Memikirkan kekasih diambil orang

 

Dari kota pergi ke desa

Pagi hari segar udaranya

Memang sakit putus cinta

Tapi tak boleh berputus asa

 

Pergi belanja dengan bu marta

Jangan lupa membawa topi

Daku sering berjumpa cinta

Namun hanya sebatas di dalam mimpi

 

Panas-panas pergi ke danau

Jalannya lewat pasar

Setiap hari selalu galau

Akibat ditinggal pergi oleh sang pacar


Contoh Pantun Cinta Tentang Rindu


Berbicara tentang kerinduan barangkali teman-teman lebih ahli dari pada mimin lah ya. Kalau kata dilan “rindu itu berat, biar aku saja kamu gak akan kuat”.

Dan semua sepakat bahwa kerinduan bukanlah hal yang remeh temeh dan bisa dianggap biasa-biasa saja.

Karena kalau seseorang sudah rindu seseorang pasti sedikit merasakan ngilu di hatinya. Perasaan melankolis itu bisa tiba-tiba menyerang datang kepada siapa saja bahkan kepada orang yang terlihat tangguh sekalipun.

Setiap kerinduan itu didasarkan pada cinta oleh karenanya wajar jika kita tidak bisa tenang ketika merasakannya.

Mending kalau kamu sedang rindu-rindunya nih dengan seseorang yang spesial buat kamu tulislah sebuah pantun yang berisi tentang kerinduanmu padanya.

Hal ini bisa menjadi pengalihan kerinduanmu dan bisa menjadi hiburanmu loh, seperti contoh pantun di bawah ini:

Berkeliling ke ladang randu

Hanya datang untuk bertamu

Kini aku sangat rindu

Lalu kapan kita bisa bertemu

 

Mukena anggun karena berenda

Renda indah bentuk bunga-bunga

Rindu ini semakin melanda

Hanya untuk kamu duhai adinda

 

Siang-siang pergi bertani

Menyiram padi tak boleh lupa

Hingga kapan aku harus menahan semua ini

Rasa rindu ingin sekali berjumpa

 

Kotak kotak namanya dadu

Di sampingnya terlihat peniti

Aku cinta dan aku pun rindu

Dengan kamu duhai pujaan hati

 

Kota ramai, buat tak tahu jalan

Apalagi perginya dengan si mumu

Hari-hari ku selalu merasa kesepian

Akibat rindu dengan dirimu

 

Sungguh indah suara gitar

Gitar indah dari papan

Meski hanya berkunjung sebentar

Yang penting rindu ku tercurahkan

 

Indah solek anak bu kuni

Apapun yang dipakai mempesona diri

Aku buat pantun ini

Menyampaikan rindu dalam hati

 

Jiwa baik, jiwa korsa

Selalu bantu dalam temu

Tak bisa lagi aku menahan rasa

Karena rindu dengan dirimu


Contoh Pantun Cinta Tentang Kehilangan


Kehilangan menjadi momok bagi hampir setiap orang. Ia merupa hantu yang bisa datang tiba-tiba baik di kegelapan, pada cahaya, siang atau pagi, atau malam.

Apalagi kalau kehilangan orang yang amat kita cintai, membayangkannya saja kita sangat takut. Tetapi sekali lagi terkadang kita memang harus belajar merelakan karena semua yang ada di dunia ini bukan milik kita, bahkan hidup kita sendiri.

Barangkali ketika kamu takut akan kehilangan boleh deh sesekali kamu tuangkan hal tersebut di dalam sebuah pantun seperti beberapa pantun di bawah ini:

Siang hari sangatlah gerah

Pergi ke kafe membeli kopi

Janganlah pernah kamu berubah

Dengan berdua kita meraih mimpi

 

Mamah cantik pakai aksesori

Pakai cincin emas kesayangannya

Janganlah kamu ragu sendiri

Karena hanya kamulah satu-satunya

 

Lihat tetangga sudah kawin

Timbul rasa iri dihatiku

Percayalah tidak ada wanita lain

Hanya kamu yang ada dihatiku

 

Berang-berang nelen paku

Tenggorokan langsung kaku

Bahagianya diriku

Ada kamu di hidupku

 

Jalan-jalan ke kebun begonia

Disana banyak taman bunga

Bersamu aku sangat bahagia

Bersamumu aku sangat bangga

 

Orang miskin hidup susah

Tinggalnya bersama mertua

Kasihku, Tak ingin aku berpisah

Dunia hanya milik kita berdua

 

Anak itu sangat berbakti

Tak sekalipun iya mengemis

Tak ada niatku untuk menyakiti

Apalagi membuatmu menangis

 

Mereka sangat baik dalam menjamu

Banyak makanan saat kami bertamu

Aku tidak mau meninggalkanmu

Karena aku selalu membutuhkanmu

 

Tubuh ini sangat kaku

Diapakan saja sudah pasrah

Walaupun Jalan yang berliku

Tak akan membuatku menyerah


Pantun Untuk Cinta Sejati


Membuat pantun cinta tentang cinta sejati? Barangkali tidak buruk juga. Ketika kamu merasa bahwa seseorang tersebut adalah cinta sejatimu boleh lah kamu mengungkapkan perasaan tersebut lewat kata-kata.

Kalau kamu malu untuk menyatakannya secara langsung barangkali kamu bisa melalui puisi atau pantun.

Nah kalau menurutmu membuat puisi itu sulit barangkali kamu bisa mencoba membuat pantun yang lebih sederhana. Lewat pantun tersebut tuangkan perasaanmu sejujur-jujurnya. Di bawah ini terdapat beberapa contoh pantun cinta sejati yang bisa dijadikan referensi:

Bunga mawar banyak berduri

Tak kalah tajam dengan belati

Apa lagi yang ingin kau cari?

Jika sudah menemukan cinta sejati

 

Ramai sekali kota pelabuhan

Membuat bingung mencari jalan

Duhai kasih kau buat ku nyaman

Cinta sejati selalu jadi pujaan

 

Kotak kecil seperti dadu

Dimainkan sama si lulu

Kaulah cinta sejatiku

Tak akan lelah aku menunggu

 

Jeruk bali manis rasanya

Di bawanya pakai kotak peti

Aku akan tetap mencinta

Hingga kita mati nanti

 

Kayu mahoni kayu jati

Di petiknya dari ladang harti

Kalo memang cinta sejati

  Pantun Agama

Jangan hanya dipendam dalam hati

 

Jalan panas buat kaki melepuh

Air sungai kurang bersih

Tak takut dengan jalan yang ku tempuh

Demi cinta mati denganmu kasih

 

Burung merpati burung kutilang

Hidup bebas di cagar alam

Cinta sejati tak akan hilang

Meski pergantian siang dan malam

****

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menggunakan kumpulan pantun cinta romantis terbaik di atas untuk merayu kekasih Anda?.

Hubungan cinta yang sehat adalah hubungan cinta yang selalu diwarnai oleh gurauan-gurauan.

Karena gurauan-gurauan tersebut dapat membuat mencairkan suasana saat Anda dan pasangan Anda sedang menghadapi masalah.

Dengan begitu permasalahan Anda dengan pasangan akan cepat terselesaikan tanpa harus menjadi masalah serius yang berlarut-larut.

Semoga dengan pantun cinta yang Anda berikan untuk pasangan Anda, hubungan Anda dengan pasangan akan lebih berwarna.

Keyword: Contoh Pantun Cinta untuk Merayu Pacar

Leave a Reply