Resep Bubur Manado Sederhana (Enak dan Mudah)

Makanan khas Manado terkenal dengan citra rasa pedas yang menggiurkan bagi kalian, yang menyukai pedas.

Sajian masakan ini dapat ditemukan dikawasan Manado, dan kabar baiknya lagi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) merencanakan masakan ini, sebagai ikon kuliner tradisional Indonesia.

So, kalian pasti penasaran dengan masakan ini kan, jadi selamat menyimak.


Tinutuan Atau Bubur Manado


√ Resep Bubur Manado Sederhana (Enak dan Mudah)

Image Source: id.tastemade.com

Tinutuan atau Bubur Manado adalah makanan khas Indonesia dari Manado, Sulawesi Utara.

Tinutuan adalah makanan yang berasal dari campuran berbagai macam sayuran, tidak mengandung daging, sehingga makanan ini dijamin sehat bagi kalian yang menyukai sayuran.

Tinutuan biasanya disajikan sebagai sarapan pagi beserta hidangan pelengkapnya. Tinutuan sendiri, tidak diketahui darimana asalnya, sejak kapan makanan khas Manado ini juga tidak dapat diketahui dengan jelas.

Ada yang mengatakan tinutuan ini mulai ramai diperdagangkan dibeberapa tempat di sudut kota Manado sejak tahun 1970, ada juga yang mengatakan sejak tahun 1981.

Tinutuan dipakai menjadi motto kota Manado sejak kepemimpinan walikota Jimmy Rimba Rogi dan wakil walikota Abdi Wijaya Buchari periode 2005-2010, menggantikan motto kota Manado sebelumnya yaitu berhikmat.

Pemerintah kota Manado melalui Dinas Pariwisata setempat pada tahun 2004 (ada juga yang mengatakan pada pertengahan tahun 2005) menjadikan kawasan Wakeke, Kecamatan Wenang, Kota Manado sebagai lokasi wisata makanan khas Manado ini.

Berdasarkan cerita dari mulut ke mulut, bahwa pada jaman dahulu perekonomian penduduk pada tingkat rendah, sehingga mereka kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga.

Akhirnya dengan pertimbangan ekonomi dan sedikit tambahan unsur kreatifitas, kemudian mereka memanfaatkan bahan makanan yang bisa diperoleh dipekarangan rumah atau kebun

Seperti, daun pepaya, kangkung, jagung gedi, ubi, labu, dan dengan mencampurkan bersama sedikit nasi, mereka memasak semua bahan makanan itu secara bersamaan.

Dan terciptalah bubur Manado ini, yang kemudian dikenal dengan nama tinutuan. Lepas dari benar tidaknya cerita tersebut, yang hanya datang dari cerita mulut ke mulut.

Masakan ini juga tak kalah sehat dan bergizi dibandingkan makanan yang lain, karena sudah jelas bahan yang digunakan berasal dari sayur-sayuran, yang pasti bakalan nagih banget nih guys.

Sayur-sayuran ini didalamnya mengandung serat tinggi serta kaya akan antioksidan yang dapat memperlancar pencernaan dan baik untuk sistem cerna.

Hal yang menarik dari bubur khas Manado ini adalah, rata-rata orang Manado tak bisa makan tanpa pedas.

Begitu juga dengan makanan ini, akan terasa lebih nikmat apabila ada rasa pedasnya, yang biasanya berasal dari sambal atau orang menyebutnya dabu-dabu, dan yang paling populer adalah dabu-dabu roa.


Resep dan Cara Membuat Bubur Manado


√ Resep Bubur Manado Sederhana (Enak dan Mudah)

Image Source: grid.id

Bubur ini juga cocok disajikan bagi orang-orang yang ingin melakukan diet. Cara pembuatannya pun mudah teman-teman, ini adalah langkah cara pembuatan bubur Manado, selamat berkreasi.

Bahan-bahan Bubur Manado:

• 500 ml air
• 500 ml air kaldu daging
• 150 gr beras, cuci bersih
• 2 batang jagung manis, ambil biji jagungnya saja
• 150 gr ubi jalar, potong menjadi kecil-kecil
• 150 gr labu kuning, potong menadi dadu
• 1 ikat daun kangkung
• 1 ikat daun bayam
• 1 ikat kacang panjang
• 15 helai kemangi
• 2 buah daun salam
• 2 batang daun bawang
• 1 batang serai
• 2 sdt garam
• ½ sdt gual pasir
• 100 gr ikan tuna
• Sambal rica-rica secukupnya

Cara membuat Bubur Manado:

  1. Didihkan air dan kaldu, masukkan beras dan serai yang sudah dihancurkan dan tambahkan daun salam sebagai pelengkap
  2. Tunggu beras hingga lunak, kemudian masukkan bahan bahan, seperti irisan jagung, ubi jalar, labu kuning, yang sudah dipotong kecil-kecil, kemudian aduk hingga merata
  3. Masukkan daun bayam, daun kangkung, kacang panjang, dan daun kemangi, masak hingga sayuran layu
  4. Tambahkan gula pasir, dan garam, aduk hingga merata dan tunggu hingga bubur matang
  5. Sajikan bubur Manado ini, ketika masih panas, dan tambahkan tuna suwir, sambal rica-rica.
  6. Selamat menikmati

Mudah kan teman, cara pembuatannya, bisa disajikan ketika pagi, siang atau malam hari lho, dan mudah buat teman-teman yang ingin coba membuat. Selamat mencoba dan semoga kalian ketagihan ya. Bye

Keyword: Resep Bubur Manado

Leave a Reply