20 Ucapan Idul Fitri Lengkap Dan Menarik

20 Ucapan Idul Fitri Lengkap Dan Menarik

Bingung membuat ucapan idul fitri yang beda dari yang lain?

Ya memang hari raya idul fitri menjadi momen istimewa bagi setiap umat Islam. Setiap tahun umat Islam akan melaksanakan ibadah puasa ramadhan selama satu bulan penuh (sampai waktu yang telah ditentukan).

Pada ujungnya untuk merayakan keberhasilan ibadah puasa tersebut diadakanlah semacam perayaan yang sering kita sebut dengan hari raya idul fitri. Tetapi sebenarnya hari raya tersebut bukan hanya suatu perayaan atas keberhasilan pelaksanaan ibadah puasa ramadhan semata.

Lebih dari itu. Idul fitri dapat dimaknai sebagai rasa syukur kita kepada Allah atas kemenangan keimanan seseorang dalam menahan nafsu. Selain itu, secara bahasa idul fitri dapat dimaknai sebagai hari kembalinya manusia ke fitrah atau suci.

Artinya bahwa pada hari tersebut setiap manusia diwajibkan untuk saling bermaaf-maafan dan bersilaturahim. Dan budaya dalam bermaaf-maafan ini pada setiap daerah memiliki tradisi yang berbeda-beda.

Salah satu tradisi yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah dengan membuat ucapan idul fitri yang di dalamnya memuat kata-kata indah tentang idul fitri termasuk kata permohonan maaf.

Terlebih di era yang serba digital ucapan idul fitri bisa disebarkan lewat sosial media sehingga memudahkan setiap orang untuk menyampaikan ucapan idul fitri tersebut, walaupun memang tetap lebih afdhal jika disampaikan dengan bertatap muka secara langsung.

Nah jika kamu sedang bingung dalam membuat sebuah ucapan idul fitri yuk simak beberapa contoh ucapan pada tulisan di bawah ini:

Ucapan selamat idul fitri puitis pendek

20 Ucapan Idul Fitri Lengkap Dan Menarik

tribunnews.com

Karena memang banyak sekali ucapan idul fitri dengan berbagai jenis, mulai dari yang biasa saja, yang lucu, bahkan juga yang puitis.

Dan biasanya ucapan tersebut akan digunakan oleh banyak orang, sehingga terkadang kita yang ingin memberi ucapan idul fitri dengan sentuhan berbeda akan berusaha membuat dan menyusun ulang kata-kata tersebut.

Di bawah ini terdapat salah satu contoh ucapan selamat idul fitri yang puitis pendek namun tidak mainstream:

Terukir harap dalam doa

Kepada yang di atas sana permohonan tinggi mengalun

Laksana air yang jernih membersihkan noda

Ku harap permintaan maafku bisa menghapuskan dosa

Melaju dengan pasti kepada satu tujuan teramat suci

Menjadi insan pilihan dan mendapatkan rahmat yang kita harapkan

Diri bercahaya ampunan sebesar lautan

Seresik langit biru tanpa awan

Bersih dengan sinar terang menyejukkan

Menawan kepada setiap jiwa dengan penuh ketakwaan

Selamat idul fitri, mohon maaf lahir dan batin

Ucapan selamat idul fitri puitis panjang

Bagi kamu yang tidak terlalu suka dengan ucapan idul fitri yang puitis dan pendek, kamu juga bisa loh membuat ucapan tersebut dengan lebih panjang.

Tentu saja dengan panjangnya kata-kata tersebut akan lebih banyak menggambarkan perasaan atau pesan yang ingin disampaikan. Kalau kamu bingung bagaimana cara membuat ucapan tersebut yuk simak contoh di bawah ini:

Kepada waktu aku tak pernah tahu kemana ia menghentikan ku

Menyudahi segala kisah dengan seluruh rasa bersalah yang selalu singgah

Menjerat langkah beban berat terus menghambat agar aku diam menunggu itu terjadi

Berlayar kapal yang aku tunggangi menyeberangi segara keburukan

Impian sampai kepada kekal kesucian, oh mungkinkah

Bila salahku membuat kapal ini terus terayun ombak

Bila tanpa maaf darimu membuat kapalku semakin lebar berlubang

Waktu teramat baik, tapi tidak dengan laku yang aku sadar bertahta

Seolah menggali neraka yang aku tempati

Lebar dan mengangga

Maaf mu menjadi hujan yang memadamkan apinya

Amarahmu mengobarkan aku dalam kebinasaan

Dengan rendah hati akan aku sujudkan

Kesombongan yang menjadikan diri kerdil di mata Tuhan

Tidak mau mengalah membuat kau berjalan jauh

Membiarkan aku terombang-ambing dalam kebodohan yang telah ku mulai

Dengan ini akan ku raih tanganmu untuk ku kecup

Menunduk kelu mengingat dosa yang tidak lagi mampu di tampung bumi

Selamat idul fitri, setitik maafmu adalah kado terindah yang aku harapkan

Ucapan selamat idul fitri dengan menggunakan pantun

Selain ucapan idul fitri berbentuk puisi, ada juga ucapan yang tidak kalah unik yakni berupa pantun yang berisi berbagai ucapan tentang idul fitri. Ucapan dalam pantun ini pun bisa beragam sifatnya, bisa jenaka, atau penuh makna seperti contoh berikut ini:

#pantun 1

Luput tuan tidaklah mengunci

Kuda lepas kencan ia berlari

Selesai sudah puasa 30 hari

Esok adalah hari kemenangan nan fitri

Di hamparan luas lunglai menyandarkan

Pohon tumbang menjadi rebahan

Dengar itu takbir diperdengarkan

Mari kita bermaaf-maafan

 

#pantun 2

Pergi mudik membawa ratusan peti

Dengan perahu menyusuri jauh menahan rindu

Selamat idul fitri sahabat sejati

Rindu ku memeluk erat tubuh hangatmu

Ucapan selamat idul fitri untuk orang tua

Sangat dianjurkan jika mengucapkan selamat idul fitri kepada orang tua dilakukan dengan bertatap muka langsung. Namun jika memang tidak memungkinkan kamu bisa mengirim sebuah ucapan idul fitri lewat sms, Chat WA, atau media sosial lainnya.

Supaya kata-kata selamat idul fitri kepada orang tua tidak menjadi formalitas semata, maka sebaiknya kita harus membuat ucapan yang benar-benar menyentuh seperti contoh di bawah ini:

Saya tidak pernah berfikir bahwa menjadi orang tua itu sesulit ini. Menjadi orang tua adalah profesi seumur hidup, tujuh hari dalam satu minggu dan 24 jam dalam satu hari. Tidak terbayang bagaimana dulu ibu dan bapak mengurus saya dan saudara-saudara saya di tengah semua himpitan yang ada.

Bila lah saya gantikan seluruh hidup dan apa yang saya miliki, itu tidak akan pernah cukup untuk membayar lunas semuanya. Saya minta maaf tidak bisa pulang di lebaran kali ini. bersama momen indah ini saya mengucapkan selamat idul fitri 1500 H.

Minal aidin fal faizin mohon maaf lahir dan batin, untuk seumur hidup saya yang belum bisa menjadi anak yang membanggakan. Semoga Allah swt selalu melimpahkan rahmat dan berlindungannya kepada bapak dan ibu sekalian.

Ucapan selamat idul fitri untuk sahabat jauh

20 Ucapan Idul Fitri Lengkap Dan Menarik

style.tribunnews.com

Sudah lama tidak bertemu sahabat, dan sayangnya kamu dan sahabatmu pun dipisahkan oleh jarak. Dan bingung ucapan seperti apa yang akan disampaikan kepada sahabat jauh ketika idul fitri tiba? .

Tak perlu khawatir karena di bawah ini terdapat contoh ucapan yang bisa dijadikan semacam inspirasi dalam membuat ucapan idul fitri untuk sahabat jauh:

Di seberang sana kau telah jauh menemukan hidupmu yang baru. orang-orang yang aku doakan menyenangkan akan melengkapi kehidupanmu yang sekarang. Di sini aku selalu mendoakan yang terbaik untuk sahabat tempat bersandar keluh kesah.

Meski serial TV yang kita selalu lihat bersama bertahun-tahun lalu telah usai, tapi ku harap tidak dengan persahabatan kita. Semoga aku dan kamu tetap terus bisa saling menguatkan dan menularkan senyuman. Sama-sama berjalan di jalan yang telah Allah Swt ridhoi. Dengan penuh khusu’ berselimut kasih sayangNya.

Aku mengucapkan selamat idul fitri 1500 H, maafkan semua kesalahan-kesalahanku sahabatku. Demikian aku telah memaafkanmu. Taqabbalallaahu minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim wa ja’alanaallahu wa iyyakum minal ‘aaidiin wal faaiziin wal maqbuulin kullu’ammin wa antum bi khair.

Ucapan selamat idul fitri untuk sahabat karib

Tentu sahabat karib juga perlu diberikan ucapan idul fitri dong ketika hari tersebut tiba, karena sedekat-dekatnya kita pasti kita memiliki banyak kesalahan. Bagaimana ya memberikan ucapan lebaran kepada sahabat karib, berikut terdapat contoh ucapan tersebut:

#contoh 1

Kepada yang jauh di sana, jabat tanganmu menjadi pengusir sedih dalam kehidupan ku. Waktu yang telah kita habiskan bersama, tentu memberikan ruang yang sangat cukup untuk ku berbuat dosa. Melalui kata-kata, atau tindakan dan cara pandang yang menyakiti mu.

Meskipun terkadang lalai bukan karena kesengajaan yang telah direncanakan. Kesalahan di antara manusia menjadi dinding penghalang rahmat dan hidayah Allah SWT. Dengan ini aku mengucapkan selamat idul fitri 1500 H, semoga pahala dan ampunan dosa Allah swt berikan kepada kita. Dan persahabatan kita bisa terus terjalin selamanya.

Dengan penuh harapan semoga kita mendapatkan naungan kasih dan cinta Rabb Allah SWT. Menjadi hamba yang berjalan di jalur yang telah ia gariskan. Menuju Jannah dan berbahagia selamanya.

#contoh 2

Setiap hari di masa kecil kita saling mengisi, berkunjung dan berusaha agar terus bersama-sama. tetapi hidup tidak akan mengijinkan kita selamanya dalam keadaan seperti itu. Semakin dewasa semakin banyak tanggung jawab yang harus di selesaikan. Terlalu banyak mimpi yang meminta untuk direalisasikan.

Kepadamu sahabatku, selamat idul fitri 1500 H. Semoga aku dan engkau menjadi hamba yang mendapatkan pengampunan. Dan dapat terus beribadah mengikis dosa serta memupuk pahala, dipertemukan dengan lebaran yang akan datang.

Dengan keimanan yang semakin tebal dan ketaqwaan tanpa tapi. Menjadi diri yang hangat oleh siraman kasih sayang-Nya. Taqabbalallaahu minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim wa ja’alanaallahu wa iyyakum minal ‘aaidiin wal faaiziin wal maqbuulin kullu’ammin wa antum bi khair.

Ucapan selamat idul fitri dari kelompok

Ketika memberi ucapan idul fitri biasanya tidak hanya melibatkan seorang saja, tetapi juga suatu kelompok tertentu, seperti komunitas, organisasi, dan lain-lain.

Sebagai bentuk penghormatan kelompok tersebut kepada umat muslim maka mereka biasanya akan turut membuat sebuah ucapan selamat idul fitri seperti di bawah ini:

Tidaklah ada laku sempurna tanpa cela, kehidupan manusia yang tidak memiliki dosa. Berinteraksi sangat mungkin untuk menjadikan salah diri. Sebelum maaf diberikan, akan ada hari yang gelap mengancam semua perjalanan.

Untuk itu saya mewakili keluarga besar CV.Indah Puspita mengucapkan selamat hari raya idul fitri. Mohon maaf lahir dan batin, semoga amal ibadah kita semua diterima dan ampunan dari Allah senantiasa tercurahkan.

Diawali dengan hari yang fitri, saling memaafkan akan terasa indah. Meskipun tidak saling berjabat tangan. Namun semoga semua kesalahan dan dosa melebur bersama hari kemenangan.

Ucapan selamat idul fitri dari pribadi

Selain dari kelompok ucapan idul fitri yang pasti diberikan yakni dari individu/pribadi/perorangan. Karena setiap orang memang berkewajiban untuk meminta maaf dan memaafkan, terlebih lagi di hari raya idul fitri.

Berikut terdapat ucapan bermaaf-maafan tersebut yang berasal dari pribadi atau perorangan:

Setelah berlalunya bulan suci ramadhan, idul fitri menjadi puncak kemenangan bagi kita semua. Mengibarkan bendera ketakwaan yang tidak terkikis dan perjuangan belum berakhir. Bulan ramadhan yang berlalu tidak mengambil serta benteng tauhid yang telah terbangun kuat.

Saya sadari sepenuhnya bahwa tidak mungkin menjadi suci dari segala dosa. Tidak mungkin manusia menjadi tidak pernah berbuat kesalahan. Seiring datangnya kemenangan setelah berpuasa 30 hari lamanya. Saya mengucapkan maaf lahir batin atas segala kesalahan saya.

Taqabbalallaahu minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim wa ja’alanaallahu wa iyyakum minal ‘aaidiin wal faaiziin wal maqbuulin kullu’ammin wa antum bi khair.

Selamat hari raya idul fitri, semoga kita adalah hamba yang mendapatkan berkah dan umur yang tidak sia-sia. Mendapatkan naungan rahmat dari langit yang tinggi, dimaafkan segala dosa-dosanya. Hari kemenangan menjadi saksi menyongsong kehidupan tauhid yang lebih baik lagi

Ucapan selamat idul fitri keluarga

Ucapan selamat idul fitri juga bisa dibuat oleh suatu keluarga untuk keluarga lainnya. Dalam hal ini ucapan tersebut tentu mewakili satu keluarga tidak hanya perorangan. Berikut salah satu ucapan lebaran dari keluarga:

Telah tiba di penghujung ramadhan, esok hari puasa sudah tidak dilakukan. Memaknai setiap perjuangan dengan kemenangan. Janji yang langit turunkan tidak akan pernah terlupakan. Bahwa syurga tidak hanya hubungan dengan Tuhan yang sempurna. Namun juga dengan tidak ada dosa diantara sesama manusia.

Dengan ini kami sekeluarga mengucapkan selamat idul fitri, dengan tulus dan penuh kerendahan memohon, maafkan dosa dan kesalahan kami. Baik dosa dan kesalahan yang kami berbuat secara sengaja maupun tidak sengaja.

Sepenuhnya kami menyadari bahwa tidak akan ada kehidupan yang mulus tanpa menyakiti. Niatan menyambung silaturahmi semoga menjadi jalan yang terbuka bagi ampunan dari-Nya. Selamat hari kemenangan, hari idul fitri tahun 1500 H.

Ucapan selamat idul fitri untuk rekan kerja

Karena rekan kerja adalah orang yang hampir ditemui setiap hari, maka sudah seharusnya jika kita memberi ucapan idul fitri kepada mereka seperti contoh ucapan di bawah ini:

#Contoh 1

Terkadang ada persaingan

Di rumah kita teman

Terkadang ada perselisihan

Di hari yang fitri ini kita kokohkan tali pertemanan

Dengan salim memaafkan

 

#contoh 2

Maafkan flashdisk membawa virus

sampai laptopmu hang terus-terusan

maafkan pekerjaanku melibatkanmu

sampai pekerjaanmu tidak kunjung terurus

maafkan atas semua kerepotanmu

semoga perusahaan kita maju terus

selamat hari raya idul fitri

mohon maaf lahir serta batin

Ucapan selamat idul fitri ala penyanyi

Banyak sekali ucapan-ucapan lebaran yang cukup unik. Sepertinya banyak orang yang cukup kreatif menyusun ucapan idul fitri. Salah satu yang unik tersebut adalah ucapan lebaran ala penyanyi. Barangkali bisa dicoba nih oleh para pembaca sekalian ketika nanti ingin memberi ucapan idul fitri:

Bryan Adams said “Please Forgive Me..”

Rio Febrian said “Ooo.. Maaf, maafkan diriku..”

Ruben Studdard said “Well this is my sorry for 2012.”

Yuni Shara said “Mengapa tiada maaf bagiku.”

Elton John said “Sorry seems to be the hardest word.”

Mpok Minah said “Maaf.. bukannya saya ngak ngerti.. bukannya saya nggak sopan..” I said “Minal Aidin wal faizin.

Ucapan idul fitri dalam bahasa bahasa jawa

Bagi suku jawa mengucapkan idul fitri juga memiliki budaya yang berbeda seperti sungkeman. Tidak hanya itu bahasa yang digunakan dalam sungkeman tersebut juga biasanya menggunakan bahasa jawa alus.

Nah sayangnya tidak semua anak muda yang bersuku jawa bisa mengucapkan idul fitri dengan menggunakan bahasa jawa. Oleh karena itu terdapat contoh ucapan idul fitri dalam bahasa jawa:

Rinenggo suminaring suryo dinten fitri cinondro resiking wardoyo, kulo sekeluarga ugi ngaturaken sugeng mangayu bagyo idul fitri nyuwon agunging samudro pangaksami sedoyo lepat ingkang dipun sengojo punopo dene ingkang mboten pun sengojo, minal aidzin walfaidzin. MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Ucapan lebaran dalam bahasa inggris

Jika kamu punya teman orang luar negeri yang beragama islam barangkali contoh ucapan idul fitri dalam bahasa inggris di bawah ini cocok untuk kamu, terlebih jika kamu tidak terlalu bisa berbahasa inggris:

The holy and beautiful Syawal will come soon
There is no word proper to welcome it
Except the word of pray and forgiveness
My Majesty if you forgive all my fault
And hope your worship accepted by Allah
The God of Merciful and the Beneficent

Ucapan lebaran ala provider

Ucapan selamat idul fitri yang cukup unik lainnya adalah ucalapan lebaran ala provider. Ucapan ini bisa diberikan kepada teman-teman sepermainanmu yang sealiran dan segaya dalam humor. Bagaimana ucapan ala provider tersebut mari check this out:

#contoh 1

Walaupun Hati gak sebening XL Dan secerah MENTARI.

Banyak khilaf yang buat FREN kecewa,

Kuminta SIMPATI-mu untuk BEBAS kan dari ROAMING dosa

Dan kita semua hanya bisa mengangkat JEMPOL kepada-Nya

Yang selalu membuat Kita HOKI dalam mencari kartu AS

Selama kita hidup karena kita harus FLEXI-bel

Untuk menerima semua pemberian-NYA dan menjalani

MATRIX kehidupan ini… Dan semoga amal Kita tidak ESIA-ESIA…

Mohon Maaf Lahir Bathin

 

#contoh 2

3 tips SMART biar Lbaran HEPI & dapat SIMPATI
– buka Hati Xtra-Large
– Aktif dan EXIS silaturahmi
Saling bermaafan karna kita INsan berDOsa seSAT
Mari MENjmpuT Ampun dan RIdo Allah
Minal Aidzin Wal Faidzin
Met Lebaran ya

Ucapan selamat idul fitri versi betawi

Penasaran nih dengan ucapan lebaran dengan menggunakan bahasa betawi? Coba deh simak contoh ucapan berikut ini:

opor ayam tape ragi
kue nastar kue betawi
mpo aye org awam,aye mohon dimengerti
klo aye sempat kasar atawe berani. mohon diampuni

Demikianlah beberapa contoh ucapan idul yang cukup beragam. Semoga beberapa contoh di atas dapat membantu teman-teman yang ingin menyusun sebuah ucapan idul fitri kepada banyak pihak.

Dan semoga juga kita masih dipertemukan dengan ramadhan serta idul fitri pada setiap tahunnya. Selamat mencoba membuat ucapan idul fitri sekreatif mungkin. Pokoknya dimulai aja dulu jangan takut kalau hasilnya jelek. Selamat belajar apapun!

Leave a Reply