2 Resep Sale Pisang Manis (Sederhana dan Tradisional)

Pisang adalah salah satu jenis buah – buahan yang mengadung berbagai vitamin dan gizi yang bak untuk menjaga kesehatan tubuh.

Buah pisang memiliki rasa yang manis, selain dapat dimakan langsung ternyata buah pisang juga dapat diolah menjadi makanan yang unik dan enak tentunya.

Makanan yang menggunakan bahan utama berupa buah pisang seperti pisang goreng, kolak pisang, sale pisang, serta pisang coklat.

Dari beberapa hasil olahan buah pisang tersebut kali ini kami akan membahas tentang resep sale pisang.


Resep Sale Pisang


Sale pisang adalah jajanan tradisional khas dari Indonesia yang banyak diminati oleh masyarakat bagi dari kalangan anak – anak, remaja, dan orang dewasa.

Sale pisang ini awalnya dibuat dengan proses yaitu irisan buah pisang dijemur terlebih dahulu dibawah panasnya terik matahari selama 4 atau 5 hari hingga kering dan kadar air yang terdapat pada buah pisang berkurang.

Barulah irisan pisang yang sudah dijemur, bisa langsung dimakan atau digoreng terlebih dulu dengan balutan adonan tepung.

1. Resep Sale Pisang yang Manis

√ 2 Resep Sale Pisang Manis (Sederhana dan Tradisional)

Image Source: detik.com

Biasanya kita akan dengan mudahnya menemukan para pedagang sale pisang di pinggir – pinggir jalan raya.

Selain itu, di beberapa daerah yang ada di Indonesia sudah ada yang memproduksi sale pisang dalam bentuk UKM atau usaha rumahan yang dijalankan oleh masyarakat sekitar.

Bahkan tak jarang pula sale pisang ini sudah diekspor ke luar negeri. Dengan seiring berkembangnya jaman, saat ini sale pisang juga sudah tersedia dengan berbagai varian rasa yang enak seperti rasa original, keju, dan coklat.

Bagi Anda yang tertarik dan untuk membuat sale pisang sendiri di rumah maka dapat menyimak informasi resep dan cara membuat sale pisang yang manis dan enak banget, yang kami bagikan di bawah ini.

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • 2 kilogram Pisang ambon yang sudah tua dan matang
  • 500 gram Tepung beras
  • 250 gram Tepung terigu
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Margarin secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya (untuk menggoreng)

Cara membuat sale pisang yang manis:

  1. Langkah pertama yaitu kupas kulit pisang ambon dan iris tipis – tipis.
  2. Selanjutnya jemur irisan buah pisang tadi di bawah terik panas matahari selama 4 – 5 hari hingga kering dan kadar air buah pisang berkurang.
  3. Setelah 4 – 5 hari, angkat dan sisihkan irisan buah pisang yang sudah dijemur sebelumnya.
  4. Siapkan mangkuk berukuran agak besar, campurkan tepung terigu, tepung beras, gula pasir, garam, dan margarin lalu aduk – aduk semua bahan hingga tercampur secara merata.
  5. Setelah itu lumuri setiap irisan buah pisang yang sudah dijemur dengan menggunakan adonan tepung tadi hingga merata dan sisihkan.
  6. Kemudian siapkan wajan penggorengan, tuangkan minyak goreng secukupnya dan di atas kompor dengan nyala api sedang.
  7. Setelah minyak goreng cukup panas, masukkan irisan pisang yang sudah dibalut dengan adonan tepung ke dalam wajan penggorengan dan goreng hingga matang dengan ditandai adanya perubahan warna menjadi kuning keemasan.
  8. Jika dirasa sudah matang, angkat dan tiriskan sale pisang lalu letakkan sale pisang di atas piring saji.
  9. Sale pisang siap untuk disajikan.

Itulah resep dan cara membuat sale pisang yang manis dan enak banget. Proses membuat sale pisang ini membutuhkan ketelatenan dan kesabaran ekstra.

Jadi sebaiknya persiapkan terlebih dahulu irisan pisang yang akan digunakan untuk membuat sale pisang pada jauh-jauh hari sebelumnya dan sudah dijemur agar lebih praktis.

Agar sale pisang menjadi lebih renyah sebaiknya sebelum sale pisang digoreng, masukkan terlebih dahulu ke dalam freezer selama 30 menit.

Sale pisang ini bisa Anda sajikan untuk camilan ketika menikmati waktu santai di rumah bersama dengan keluarga, bahkan juga dapat Anda hidangkan sebagai suguhan dalam acara arisan keluarga. Selamat mencoba.

2. Cara Membuat Sale Pisang Tradisional

√ 2 Resep Sale Pisang Manis (Sederhana dan Tradisional)

Image Source: tokomesin.com

Sale pisang hadir dengan 2 varian yakni sale kering yakni berupa pisang yang di iris memanjang dan tipis – tipis, lalu di olah kering (kripik sale), yang satunya lagi lebih dikenal dengan sale basah.

Sebenernya gak jauh beda dari sale pisang di atas tadi, irisan pisang memanjang, namun tidak di olah dengan kering alias sedikit basah-basah, namun tidak becek.

Untuk menentukan sale pisang yang Berkualitas bisa dilihat dari warna, rasa, bau, kekayalan dan ketahan waktu proses penyimpanannya.

Untuk pembuatan sale secara tradisional faktor cuaca sangatlah berpengaruh penting, Kalau musim kemarau itu adalah musim yang sangat di gemari oleh pembuat sale tradisional karena sale akan kering secara alami.

Cara Pembuatan Sale Pisang Tradisional

1. Kupas pisang yang sudah tua dan matang, lalu kerok bagian luarnya agar bersin. Proses ini bertujuan untuk menghilangkan lapisan tanin yang terdapat pada lapisan pisang, sehingga sale bisa berwarna coklat mengkilat dan tidak sepat.

Kalau tanin nya tidak di buang akan menghasilkan sale yang berwana hitam dan kurang ajiib.

2. Untuk mendapatkan sale yang tidak terlalu coklat, pisang dapat direndam dalam larutan Natrium Bisulfit (15 gram dalam 1 liter air bersih), selama kurang lebih 10.

3. Letak kan Bakal sale di atas tampah, lalu asapkan dengan kayu bakar kurang lebih selama 2 jam.

4. Jemur pisang diatas rak penjemuran beralaskan merang selama 5 – 7 hari sesuai cuaca yang ada, proses pengeringan akan berpengaruh terhadap kadar air, nilai gizi, aktifias enzim jasad renik, dan warna dari sale pisan tersebut.

Pengeringan juga bisa di lakukan dengan oven, dalam proses penjemuran pipihkan pisang menggunakan kayu berbentuk silindir atau bambu untuk ketebalan yang di inginkan.

5. Sale yang di hasilkan bisa langsung dinikmati atau di kemas dalam plastik, Bisa juga di goreng untuk memberi nuasa Cita rasa yang lain.

Hemm setelah membaca dan memahami ternyata cukup ribet juga proses pembuatannya. Bagaimana Anda tertarik?

Keyword: Resep Sale Pisang Manis

Leave a Reply