10+ Ucapan Buat Orang Sakit Yang Bisa Memotivasi

Ucapan buat orang sakit?

Sakit adalah sesuatu yang tidak mengenakkan. Sayangnya ia bisa tiba-tiba datang dengan suka-suka. Tak pernah diundang, sedang perginya juga harus diantar.

Lebih tepatnya diusir sih. Banyak orang yang berharap bahwa dirinya bisa selalu hidup dengan sehat. Dan juga berharap tidak pernah merasakan sakit selama hidupnya.

Sayangnya kita bukanlah Tuhan yang mengatur segalanya. Meski kita sudah berupaya semaksimal mungkin. Barangkali benar kita sudah menjalankan hidup sehat dengan sebaik-baiknya.

Tetapi jika Tuhan tetap berkehendak sakit. Maka kita akan sakit meskipun dengan cara lain. Oleh karena itu kita bisa menyebut sakit sebagai musibah. Pada saat itulah kita ditempa untuk menjadi pribadi yang sabar dan tabah.

Nah selayaknya manusia. Kita tentu mempunyai empati dong melihat orang-orang yang menderita. Karenanya kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk menghibur atau meringankan beban orang yang sakit.

Salah satu hal kecil yang bisa dilakukan yaitu dengan memberikan sebuah ucapan yang bisa menguatkan dan menyemangati si doi. Berikut sudah mimin rangkum beberapa ucapan buat orang sakit, yuk kita simak sampai habis:

Ucapan Buat Orang Sakit Singkat

10+ Ucapan Buat Orang Sakit Yang Bisa Memotivasi

pinterest.com

Barangkali memberi sebuah ucapan buat orang sakit tidak harus panjang lebar ya. Kita juga harus tahu karakter orang yang sakit tersebut.

Kalau dia tipe orang yang suka praktis, singkat, dan tidak bertele-tele. Mending buatlah ucapan yang singkat saja tetapi penuh dengan pengharapan dan doa yang baik untuk kesembuhannya.

Hal ini mungkin akan lebih bermakna. Berikut ini mimin akan memberikan contoh ucapan buat orang sakit yang singkat saja:

  • Menderita sakit bukanlah keinginan dan cita-cita manusia. Ia datang tanpa kita sadari, menghampiri diri tanpa kita inginkan. Semoga sakitmu cepat sembuh kawan, segenap doa aku persembahkan demi kesembuhanmu. Aamiin

  • Segala penyakit insya allah ada obatnya. Kita tinggal berupaya mencari kesembuhan sekuat tenaga. Kuberdoa demi kesembuhanmu, temanku.

  • Tidak ada satupun orang yang menghendaki dirinya tertimpa penyakit, namun penyakit datang tanpa pandang bulu. Aku turut sedih mendengar kau tertimpa penyakit, mudah-mudahan segera cepat sembuh dan bisa beraktivitas seperti sedia kala.

  • Dalam hidup ini, sakit dan sehat adalah situasi yang selalu datang silih berganti. Namun nikmat sehat seringkali selalu lebih banyak dibanding sakit. Kuberdoa, semoga penyakitmu segera diangkat oleh Allah dan engkau selalu tabah dalam menjalani takdir dari Allah.

  • “Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan mengugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang mengugurkan daun-daunnya.” [HR. Bukhari dan Muslim]

  • Melihatmu terbaring sakit membuat hatiku terasa remuk redam, kekasih. Ingin sekali aku menggantikan dirimu yang sedang sakit. Semoga engkau cepat sembuh dan bisa beraktivitas seperti biasa.

  • Semoga sakitmu segera diangkat Allah sehingga kau bisa menjalani hari-harimu dengan penuh kebahagiaan bersama keluarga tercinta. Semoga cepat sembuh kawanku.

  • Kuberdoa kepada Allah, mudah-mudahan dokter bisa membantu menemukan obat buat kesembuhanmu. Semoga engkau cepat sembuh dan bisa menjalankan kegiatan seperti biasanya.

  • Sakit yang sedang kau rasakan, aku memang tak bisa merasakan. Namun, melihatmu terbaring tak berdaya di ranjang rumah sakit membuatku merasa sedih. Kuberharap semoga Allah memberikan ketabahan dan kekuatan kepdamu dan engkau cepat sembuh.

  • Sakit dan sehat tidak bisa kita hindari kawan. Sakit yang kau derita mudah-mudahan segera lenyap dan kau bisa bekerja kembali seperti biasanya.

Ucapan Buat Orang Sakit Berupa Doa

10+ Ucapan Buat Orang Sakit Yang Bisa Memotivasi

doaagama.com

Dua hal yang harus dipegang teguh dalam menjalani hidup yaitu ikhtiar dan berdoa. Benar bahwa orang yang sakit telah berusaha pergi ke dokter untuk menyembuhkan sakitnya, tetapi tidak lupa berdoa bahwa segala kuasa pemberi kesehatan adalah Allah.

Begitu juga untuk orang lain, kita tidak cukup sekedar menjenguknya saja, tetapi berdoalah untuk kesembuhannya. Nah untuk itu di bawah ini mimin sudah menyiapkan kumpulan doa buat orang yang sakit:

Doa kesembuhan yang dibaca Rasulullah SAW untuk keluarganya

sebagaimana diriwayatkan dalam Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا
Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.
Artinya, “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan  rasa nyeri,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113).

Rasulullah SAW membaca doa ini ketika meruqyah salah seorang sahabat.

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ
Imsahil ba’sa rabban nāsi. Bi yadikas syifā’u. Lā kāsyifa lahū illā anta.
Artinya, “Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113).

Doa Lainnya

Abu Dawud dan At-Tirmidzi meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW menganjurkan baca doa berikut ini sebanyak 7 kali di hadapan orang yang sakit. Dengan doa ini, Allah diharapkan mengangkat penyakit yang diderita orang tersebut.
أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ
As’alullāhal azhīma rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yassfiyaka.
Artinya, “Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 114).

Ucapan Buat Orang Sakit Syafakillah/Syafakallah

Ucapan ini tentu sangat familiar ya akhir-akhir ini. Karena memang kata tersebut sering digunakan untuk mengucapkan cepat sembuh kepada teman, sahabat, kerabat, atau orang yang sakit. Berikut adalah contoh penggunaan syafakillah/syafakallah dalam ucapan buat orang sakit:

  • شفاك الله,لا بأس, طهور إن شاء الله Syafakallah / syafakillah, la ba’sa, thahuurun insya Allah.Artinya: “Semoga Allah segera menyembuhkanmu, tak mengapa, suci dari dosa insya Allah.”

  • Syafakillah ya ukhti, Semoga Segala Kebaikan, Kesehatan Segera Menyertaimu.

  • Syafakallah ya akhi. Semoga engkau diberi kesabaran untuk melawan penyakit yang kamu derita. Semoga Allah segera memberi kesembuhan kepadamu.

Surat Al Fatihah Untuk Doa Orang Sakit

Terdapat doa yang hampir semua umat Islam menghafalnya. Ya surat Al Fatihah. Surat yang dibaca setiap sholat, tahlil, juga wirid ini ternyata juga bisa digunakan untuk mendoakan orang sakit loh.

Anjuran Menjenguk Orang Sakit

10+ Ucapan Buat Orang Sakit Yang Bisa Memotivasi

almunawwar.net

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa orang yang sakit adalah seseorang yang harus didukung secara emosional atau material.

Paling tidak kita harus mendukung apa yang kita bisa lakukan. Misal dengan menjenguknya. Ternyata di dalam Islam sendiri memang terdapat sebuah anjuran untuk menjenguk orang sakit.

Dalam hadis riwayat Imam Muslim dari Abu Hurairah, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ سِتٌّ. قِيْلَ: مَا هُنَّ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: إِذَا لَقِيْتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ، وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ، وَإِذَا اسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْ لَهُ، وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّهَ فَسَمِّتْهُ، وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ، وَإِذَا مَاتَ فَاتَّبِعْهُ

“Hak seorang muslim terhadap muslim lainya ada enam. Sahabat bertanya: Apa saja, wahai Rasulullah? Beliau menjawab: “Bila engkau bertemu dengannya maka ucapkanlah salam, bila ia mengundangmu maka hadirilah, bila ia meminta nasihat maka nasihatilah, bila ia bersin dan memuji Allah (mengucap: alhamdulillah) maka jawablah (dengan mengucapkan: yarhamukallah), bila ia sakit maka jenguklah, dan bila ia meninggal dunia maka antarkanlah (jenazahnya hingga makam).”

Dalam hadis qudsi riwayat Imam Muslim dari Abu Hurairah, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يَقُولُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ: يَا ابْنَ آدَمَ، مَرِضْتُ فَلَمْ تَعُدْنِيْ. قَالَ: يَا رَبِّ، كَيْفَ أَعُوْدُكَ وَأَنْتَ رَبُّ الْعَالَمِيْنَ؟ قَالَ: أَمَا عَلِمْتَ أَنَّ عَبْدِيْ فُلاَنًا مَرِضَ فَلَمْ تَعُدْهُ، أَمَا عَلِمْتَ أَنَّكَ لَوْ عُدْتَهُ لَوَجَدْتَنِيْ عِنْدَهُ

“Sesungguhnya Allah berfirman pada hari kiamat: Wahai anak Adam, Aku sakit namun engkau tidak menjenguk-Ku. Ia berkata: Wahai Tuhanku, bagaimana aku menjenguk-Mu sementara Engkau adalah Tuhan alam semesta? Allah berfirman: Tidakkah engkau tahu bahwa hamba-Ku fulan sakit tapi engkau tidak menjenguknya, tidakkah engkau tahu, bila menjenguknya niscaya engkau akan mendapati-Ku ada di sisinya?.”

PENUTUP

Sekian dulu contoh ucapan buat orang sakit yang bisa mimin berikan. Semoga segala yang sakit segera enyah dari tubuh siapapun.

Dan jangan lupa sebagai orang-orang terdekatnya berikanlah atau tunjukkanlah dukunganmu kepadanya, dan yakinkan dia bahwa yang sakit pasti berlalu.

Dan sehat pasti kembali. Kamu pasti bisa melewati rasa sakit ini. Juga sesekali jenguklah ia, temui ia, dan belailah pundaknya.

Leave a Reply