Ucapan Bismillah: Arti, Anjuran, Serta Fadhilah Mengucapkan Bismillah

Ucapan Bismillah: Arti, Anjuran, Serta Fadhilah Mengucapkan Bismillah

Ucapan Bismillah?

Kalimat bismillah dikenal dengan kalimat pembuka segala sesuatu. Bismillah merupa doa segala peristiwa, doa segala penyakit, dan juga doa atas segala perbuatan baik.

Ya kita biasanya mengawali apapun dengan ucapan bismillaahirrohmaanirrohiim. Dengan ucapan tersebut kita bisa memohon kelancaran atas sebuah acara atau hajat. Pokoknya apapaun perbuatan kita harus diawali dengan kalimat bismillah.

Secara lengkap bismillahirrohmaanirrohiim memiliki arti “dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang”.

Dari arti tersebut tertulis jelas mengapa perbuatan kita harus diawali dengan ucapan tersebut? ya karena kita berharap bahwa perbuatan kita mendapat ridho dari Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.

Bahkan ada yang berasumsi bahwa jika kita hendak melakukan perbuatan buruk tidak apa mengucapkan bismillah dengan harapan agar kemudian kita kembali mengingat Allah dan batal melakukan perbuatan buruk tersebut.

Tetapi pada kenyataannya kalau kita sudah punya niat untuk melakukan perbuatan buruk pasti kita akan lupa mengucap bismillah.

Pokoknya terlepas dari itu semua, hendaknya kita memang membiasakan diri untuk memulai segala aktivitas atau perbuatan kita dengan mengucapkan lafaz basmalah. Berikut mimin sudah menyiapkan beberapa ucapan bismillah yang dirangkum dari berbagai sumber:

Arti Ucapan Bismillah Secara Lengkap

Dalam bahasa Indonesa ucapan bismillah disebut dengan lafadz basmalah. Secara lengkap bismillah merupakan ucapan pendek dari kalimat Bismillaahirrohmaanirrohim.

Kalimat tersebut memiliki arti “dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang”. Sedangkan kata Bismillah sendiri berarti “dengan menyebut nama Allah”.

Ucapan ini dapat dimaknai sebagai penyerahan diri sepenuhnya kepada allah atas apa yang dilakukan. Ucapan tersebut juga bisa dimaknai sebagai doa yang baik. Nanti untuk lebih jelasnya anjuran terkait ucapan bismillah akan dijelaskan setelah ini.

Anjuran Ucapan Bismillah Dalam Memulai Sesuatu

Ucapan Bismillah: Arti, Anjuran, Serta Fadhilah Mengucapkan Bismillah
copaskajianislam.blogspot.com

Seperti yang telah sedikit disinggung di atas bahwa memang terdapat anjuran untuk mengucapkan bismillah dalam memulai segala hal.

Anjuran ini diambil dari sebuah hadits, sehingga setiap muslim percaya bahwa mengucapkan bismillah dalam memulai sesuatu adalah hal yang sebaiknya dilakukan. Adapun anjuran tersebut akan dijelaskan dalam dalil-dalil berikut ini:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لاَ يُبْدَأُ فِيْهِ بِـ : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ فَهُوَ أَبْتَرُ

“Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan ‘bismillahirrahmanir rahiim’, amalan tersebut terputus berkahnya.” (HR. Al-Khatib dalam Al-Jami’, dari jalur Ar-Rahawai dalam Al-Arba’in, As-Subki dalam tabaqathnya)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

كُلُّ كَلَامٍ أَوْ أَمْرٍ ذِي بَالٍ لَا يُفْتَحُ بِذِكْرِ اللهِ فَهُوَ أَبْتَرُ – أَوْ قَالَ : أَقْطَعُ

“Setiap perkataan atau perkara penting yang tidak dibuka dengan dzikir pada Allah, maka terputus berkahnya.” (HR. Ahmad, 2: 359. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini dha’if)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

كُلُّ كَلاَمٍ لاَ يُبْدَأُ فِيهِ بِ لْحَمْدُ لِلَّهِ فَهُوَ أَجْذَمُ

“Setiap pembicaraan yang tidak dimulai dengan ‘alhamdu’, maka berkahnya terputus.” (HR. Abu Daud, no. 4840; Ibnu Majah, no. 1894. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini dha’if).

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

كُلُّ أَمْرٍ ذِى بَالٍ لاَ يُبْدَأُ فِيهِ بِالْحَمْدِ أَقْطَعُ

“Setiap perkara penting yang tidak dimulai di dalamnya dengan ‘alhamdu’, maka berkahnya terputus.” (HR. Ibnu Majah, no. 1894; Abu Daud, no. 4840. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini dha’if. Begitu pula didha’ifkan oleh Syaikh Salim bin ‘Ied Al-Hilaly dalam Bahjah An-Nazhirin, 2: 434)

Jadi hal apa saja yang disyariatkan untuk memulainya dengan bismillah?

Ucapan Bismillah: Arti, Anjuran, Serta Fadhilah Mengucapkan Bismillah
bacaanmadani.com

Di dalam Al-Mawsu’ah Al-fiqhiyah (8:92) dijelaskan bahwa terdapat beberapa hal yang dianjurkan untuk membaca bismillah ketika kita memulainya. Apa saja hal tersebut? mari kita simak penjelasan berikut ini, yuk langsung saja check this out:

  • Hal pertama yang harus membaca bismillah ketika memulainya adalah membaca Al-quran dan dzikir
  • Kemudian, selanjutnya adalah ketika memulai naik perahu dan kendaraan
  • Yang ketiga, adalah memulai masuk dan keluar rumah, serta masuk dan keluar masjid
  • Selanjutnya adalah ketika sebelum menyalakan dan memadamkan lampu
  • Yang kelima, yakni sebelum bersetubuh dengan istri/suami
  • Lalu ketika imam naik mimbar
  • Ke enam adalah sebelum tidur
  • Juga sebelum shalat sunnah
  • Selain hal di atas, kita dianjurkan untuk membaca bismillah ketika menutup wadah (bejana)
  • Selanjutnya yaitu sebelum kita mulai menulis
  • Kemudian, ketika menutupi jenazah dan memasukkannya dalam liang lahat
  • Dan terakhir, yaitu ketika meletakkan tangan ketika membaca doa pada anggota tubuh yang sakit.
  • Sebenarnya selain hal-hal di atas, semua hal baik harus dimulai dengan mengucapkan lafaz basmallah agar semuanya lancar dan membawa berkah.

Fadhilah Ucapan bismillah

Mengucapkan bismillah sebagai doa dan berkat

Sebagaimana sabda rasullulah SAW yang menggetarkan hati: ” Jibril ketika datang kepadaku yang pertama kali diucapkannya dan diberikan kepadaku adalah kata bismillahir rahmaanirrahim.” (Daarulquthni serta Ibnu umar r.a)”

Mengucapkan bismillah sebagai pembawa kebaikan

Seperti sabda Rasullulah SAW:” Barang siapa yang membaca Bismillahir rahmaanirrahim dengan penuh keikhlasan dan keyakinan karena Allah SWT, maka gunung gunung yang ada didekatmu akan bertasbih namun sayangnya tak seorangpun yang bisa mendengarnya.”

Mengucap bismillah sebagai paspor menuju sukses

Seperti halnya sabda Rasullullah SAW bahwa “Barang siapa yang saat keluar dari rumahnya mengucapkan Bismillah hirrahmaanirrahim, maka engkau telah mendapatkan petunjuk dari Allah SWT,  telah pula dicukupkan kebutuhanmu, dan jika telah telah diberi perlindungan dan penjagaanya maka godaan setanpun akan menyingkir”(HR. Abu dawud Turmudzi dan Nasa’i )”

PENUTUP

Demikianlah ucapan bismillah yang bisa mimin sajikan. Semoga apa yang disampaikan di atas bias bermanfaat untuk teman-teman sekalian.

Mimn juga mohon maaf jika ada salah kata dan pemahaman. Semoga dengan menyebut bismillah apa yang kita kerjakan diberkahi oleh Allah SWT. Aamiiinn.

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *